Browser Edge Untuk Windows 10 dan MacOS Akhirnya Dapatkan Integrasi Layanan Office dan Windows Search

Browser Edge Untuk Windows 10 dan MacOS Dapatkan Integrasi Office dan Windows Search

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Edge versi 92 telah diluncurkan beberapa hari yang lalu ke sejumlah pengguna yang tergabung di kanal Pengembang. Versi baru itu menghadirkan dua fitur yang belum terdokumentasi yakni fitur Office Viewer dan integrasi Windows Search. Sebelumnya dua fitur itu telah menjalani pengujian secara internal dan kini lebih banyak pengguna yang bisa ikut melakukan pengujian itu dengan memasang Edge Dev versi 92. 

Di versi 92 ini, dokumen Microsoft Office hadir di browser Edge. Fitur baru itu bernama Office Viewer yang memungkinkan pengguna untuk membuka secara langsung file Microsoft Word, Excel dan PowerPoint di browser Edge dengan sekali klik. Fitur ini masih dalam tahap awal pengembangan, namun kompatibel dengan browser Edge untuk Windows dan Mac. 

Untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Office Viewer ini, pengguna diharuskan membuka halaman Settings di Edge kemudian menuju tab Downloads dan mengaktifkan opsi “Quickly View Office File On The Web Using Office Viewer”. Begitu diaktifkan, pengguna bisa melihat file Office secara langsung di browser Edge tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Tampilan Fitur Office Viewer

Tampilan Fitur Office Viewer

Adanya integrasi Microsoft 365 di browser Edge, akan menghemat waktu para pengguna, karena mereka tidak lagi harus mengunduh terlebih file yang diinginkan dan membukanya di aplikasi Office. Selain itu, fitur Office Viewer juga bisa memberikan perlindungan kepada pengguna terhadap malware yang biasanya dikirim melalui file Office.

Fitur kedua adalah integrasi Windows Search, namun sepertinya masih belum bisa digunakan di build produksi Windows 10. 

Microsoft sebelumnya berupaya menghadirkan integrasi browser Edge dengan fitur pencarian di taskbar Windows. Begitu diaktifkan, Windows Search akan mengumpulkan sejumlah informasi terkait dari Microsoft Edge. Misalnya, pengguna akan bisa membuka pencarian Taskbar dan menjelajahi riwayat browsing, tab terbaru, bookmark atau favorit, dan lainnya.

Seperti yang sudah diketahui, Windows Search saat ini hanya memungkinkan pengguna untuk mencari file dan folder yang disimpan di penyimpanan lokal. Juga mencari di Bing dan pelanggan bisnis juga bisa mencari file yang diinginkan dalam jaringan organisasi mereka. 

Dengan fitur ini, Microsoft menambahkan integrasi browser Edge ke Windows 10. Untuk mengaktifkannya, buka halaman Settings di Microsoft Edge, dan kemudian buka halaman Profiles. 

Fitur ini masih belum bisa digunakan dan sepertinya membutuhkan versi baru lagi dari pembaruan Windows 10. Kemungkinan, bisa saja Microsoft menggunakan integrasi Edge dengan Windows Search ini sebagai pengganti dari fitur sinkronisasi antar perangkat Windows Timeline, yang akan dihapus bersamaan dengan hadirnya pembaruan Windows 10 Sun Valley. 

Leave a Reply

Send this to a friend