Fitur Baru Ini Diklaim Microsoft Akan Jadikan Edge Sebagai Browser Terbaik

Fitur Baru Ini Diklaim Microsoft Akan Jadikan Edge Sebagai Browser Terbaik

NESABAMEDIA.COMMicrosoft memberikan browser Edge buatannya itu sebuah pembaruan yang akan menjadikannya lebih cepat, dan efisien, yang sepertinya merupakan upaya mereka untuk mengalihkan perhatian para pengguna dari Google Chrome, dengan dua fitur peningkatan kinerja yang telah lama ditunggu-tunggu, yakni Startup Boost dan Sleeping Tabs.

Startup Boost bertujuan untuk mempercepat peluncuran proses inti dari browser Edge ketika pertama kali diklik. Sementara Sleeping Tabs akan membersihkan sumber daya komputasi yang dibutuhkan oleh Tab yang terbuka di browser Edge yang sebenarnya sedang tidak digunakan pengguna. 

Microsoft pertama kali memamerkan Startup Boost pada bulan Oktober 2020 lalu, yang menghadirkannya pada browser Edge versi 89, sebelum akhirnya ditarik kembali karena adanya masalah. Begitu juga dengan Sleeping Tabs yang pertama kali muncul pada bulan Desember 2020 lalu. 

Kini, akhirnya Microsoft Edge akan benar-benar mendapatkan dua fitur baru itu, yang diklaim Microsoft akan menjadikan Edge sebagai browser dengan kinerja paling tinggi di Windows 10. Ini akan dihadirkan pada versi 91 yang dirilis pekan ini. 

Secara sederhana, Startup Boost akan membantu browser Edge untuk bisa terbuka dengan cepat. Microsoft mengatakan bahwa fitur tersebut bisa diwujudkan dengan menjalankan beberapa proses inti Edge di latar belakang. Artinya begitu pengguna mengklik browser Edge, maka akan terbuka lebih cepat daripada sebelumnya.

Menurut hasil pengujian yang dilakukan Microsoft, fitur itu akan mengurangi jangka waktu pembukaan browser Edge sebanyak 29 sampai 41 persen. Kemungkinan nantinya akan ada kendala kecil dalam proses latar belakang yang bisa menyedot sumber daya CPU hanya untuk mengaktifkan browser itu bisa terbuka lebih cepat. Namun hal itu tidak akan terasa pada perangkat komputer modern. 

Lalu untuk fitur Sleeping Tabs akan membantu mengoptimalkan browser dengan membersihkan sumber daya CPU dan RAM untuk tab yang dibuka oleh pengguna namun sedang tidak aktif. Sumber daya itu kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja tab yang sedang aktif dipakai pengguna. Microsoft mengatakan bahwa pengguna bisa mengatur jangka waktu kapan sebuah Tabs akan mulai ‘ditidurkan’. 

Pada awal pengujian, fitur Sleeping Tabs itu mampu mengurangi permintaan memori sampai dengan 82 persen. Jika peningkatan ini benar-benar akan dihadirkan secara penuh di Edge, maka browser itu akan menjadi aplikasi yang tidak akan boros sumber daya. 

Leave a Reply

Send this to a friend