Microsoft Bocorkan Sosok Windows 11 di Build 2021

Microsoft Bocorkan Sosok Windows 11 di Build 2021?

NESABAMEDIA.COMAkankah ada Windows 11? Dalam pidato yang disampaikan oleh Satya Nadella di event Microsoft Build 2021, yang akan dilaksanakan sepanjang pekan ini, sang CEO menyebut bahwa mereka tengah mengerjakan salah satu pembaruan penting di Windows selama satu dekade terakhir, dan oleh karena itu Nadella begitu bersemangat tentang ‘generasi Windows berikutnya’ tersebut.

Mungkin banyak orang berasumsi bahwa yang dimaksud Nadella adalah pembaruan Windows 10 Sun Valley atau 21H2, yang menjadi pembaruan utama di Windows 10 yang hadir akhir tahun ini. 

Bagaimanapun itu, ketika Microsoft meluncurkan Windows 10 pada tahun 2015 silam, mereka menyatakan bahwa sistem operasi tersebut adalah versi terakhir dari Windows, dan bukannya merilis versi baru setiap beberapa tahun seperti yang sering mereka lakukan.

Meskipun pembaruan Sun Valley akan membawa banyak sekali perubahan pada tampilan, dan juga fitur-fitur baru, hal itu selalu diasumsikan sebagai bagian dari pembaruan Windows 10. 

Jujur saja, itu adalah yang benar-benar dilakukan oleh Microsoft sampai beberapa tahun berikutnya. Windows 10 tetap menjadi versi terbaru, meskipun pembaruan utama secara rutin dirilis, yang menjadikan Windows 10 di tahun 2021 ini sangat jauh berbeda dengan yang dirilis tahun 2015 silam. Namun yang terpenting, ini tetap sebuah sistem operasi yang sama, dan berarti pengguna tidak harus membeli sebuah versi baru. 

Pernyataan Nadella soal ‘generasi Windows berikutnya’ bisa jadi hanya sekedar luapan kegembiraan dan semangat dari Nadella saja, atau itu justru memang memberikan petunjuk bahwa akan ada perubahan yang jauh lebih besar dengan Windows di masa mendatang. 

Ini mirip dengan yang dilakukan oleh Apple yang menggunakan pola serupa, merilis pembaruan ke macOS 10 setiap tahun secara gratis. Namun pada tahun lalu itu berubah menjadi macOS 11 untuk pembaruan Big Sur, karena pihak Apple mengatakan bahwa ada perubahan drastis yang dibawa. 

Lalu apakah hal yang sama juga akan dilakukan Microsoft untuk beranjak dari Windows 10?

Sebagai informasi, Microsoft memiliki tipikal untuk tidak mau memiliki nama produk dengan angka yang lebih rendah dari para pesaingnya. Tengok saja seperti Xbox kedua yang bernama Xbox 360, dan bukan Xbox 2. Itu karena pesaingnya saat itu, yaitu Sony, telah merilis PlayStation 3. 

Jika Microsoft benar-benar beranjak dari Windows 10, maka kemungkinan kita akan melihat adanya Windows 11. 

Jadi apakah yang diungkapkan Nadella itu memang merupakan generasi penerus dari Windows 10? Mungkin kita akan mendapatkan informasi yang lebih jelas berikutnya dalam waktu dekat, karena event Microsoft Build 2021 sendiri masih berjalan. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend