Huawei Akan Ungkap Sepenuhnya Harmony OS Tanggal 2 Juni Nanti

Huawei Akan Ungkap Sepenuhnya Harmony OS Tanggal 2 Juni Nanti

NESABAMEDIA.COMSelama beberapa tahun terakhir, Huawei sedang mengerjakan sistem operasi alternatif dari Android yang bernama Harmony OS. Sebelumnya telah muncul versi pengembang dari sistem operasi itu Cina beberapa bulan yang lalu, dan sepertinya Huawei sudah siap untuk meluncurkan sistem operasi baru itu dalam waktu dekat. 

Huawei melalui akun resmi Harmony OS di Weibo mengunggah sebuah video yang mengkonfirmasi bahwa sistem operasi perangkat mobile itu akan diluncurkan pada tanggal 2 Juni pada pukul 8 malam waktu setempat (GMT+8). Video itu rupanya juga diunggah ke Youtube, yang menunjukkan bahwa Harmony OS juga ditujukan untuk pasar global. 

Dalam deskripsi di video tersebut, Huawei menuliskan kalimat “waktunya sudah dekat untuk mengetahui lebih banyak tentang Harmony OS”. Sayangnya sejauh ini juga masih belum jelas tentang apa sebenarnya yang sedang direncanakan Huawei dengan sistem operasinya itu. Sepertinya Huawei nantinya akan memamerkan Harmony OS yang bisa digunakan di perangkat smartphone, TV, dan perangkat lainnya. 

Versi awal dari Harmony OS untuk pengembang itu memunculkan kesan yang beragam dari para pengguna sejauh ini. Disebutkan juga bahwa itu sebenarnya adalah Android 10 yang dikemas dengan EMUI serta ditambahkan beberapa penyesuaian di sana sini. Jadi diharapkan Harmony OS yang dirilis bulan Juni besok adalah platform yang benar-benar sebuah sistem operasi yang baru, ketimbang sebuah sistem operasi yang dipermak dari OS yang lama

Pihak Huawei sendiri dalam sebuah email menjelaskan bahwa sistem operasinya itu bukanlah kloningan dari Android. Untuk meyakinkan hal itu, mereka memberikan bocoran sebuah antarmuka yang jauh berbeda dengan apa yang ada di versi pengembang yang telah ramai diperbincangkan sebelumnya. 

Sayangnya, bocoran itu hanya diberikan Huawei kepada beberapa pihak tertentu saja dan tetap merahasiakannya dari publik. Setidaknya sampai beberapa hari ke depan. 

Apapun itu, Huawei telah menjanjikan bahwa Harmony OS akan menawarkan kemampuan dukungan antar perangkat yang lebih lancar (misalnya menggunakan tv dan webcam untuk kegiatan belajar, serta tablet sebagai materi tambahan), antarmuka yang adaptif, dan transfer data antar perangkat yang lebih cepat. 

Leave a Reply

Send this to a friend