Sistem Operasi Harmony OS 2.0 Huawei Berbasis Android

Harmony OS 2.0 Buatan Huawei, Ternyata Masih Berbasis Android

NESABAMEDIA.COMHuawei nampaknya akan mencoba habis-habisan dengan Harmony OS 2.0. Mereka tidak bisa berbuat lebih banyak lagi soal sanksi dagang dari Amerika Serikat.

Tidak ada harapan juga bahwa presiden yang baru akan mengeluarkan kebijakan yang berbeda, namun selama beberapa tahun terakhir Huawei tidak pernah menyerah dan terus melakukan penyesuaian besar dalam bisnis smartphone. 

Huawei memutuskan untuk menggunakan sistem operasi smartphone sendiri, di luar Google. Di benak banyak pihak, ini berarti Huawei tidak lagi bergantung pada sistem operasi Android. Namun rupanya ada yang menyebut jika Harmony OS 2.0 sebenarnya masih berbasis Android

Huawei memang tidak membuat pengumuman resmi, namun seorang pengembang menemukan hal yang menarik. Dia sedang mengembangkan sebuah aplikasi baru bernama Hello World. Awalnya aplikasi itu ditargetkan untuk Android versi lama, yakni Kitkat 4.4.4. 

Saat melakukan uji coba, pengembang itu menemukan bahwa terdapat error di perangkat dengan Harmony OS yang mirip seperti yang ada di Android 4.4.4. Ini berarti bahwa kedua sistem operasi mobile itu memang masih sama atau sangat mirip. 

Penemuan ini pun memicu investigasi dari pihak lain. Adalah member dari XDA yang mencoba mengecek error tersebut dengan membuka kunci bootloader dan kemudian menjalankan aplikasi Superuser di Harmony OS 2.0 beta. Hasilnya, Harmony OS 2.0 memiliki framework milik Android. 

Penemuan ini memang tidak terlalu mengherankan. Akan tetapi ini juga bukan berarti bahwa Huawei tetap akan menggunakan Android untuk perangkat baru mereka yang akan datang. Mungkin in hanya langkah awal dari Huawei, karena sebelumnya mereka juga telah menginformasikan bahwa mereka masih membutuhkan AOSP, dalam masa transisi ke sistem operasi Harmony OS dan mencoba meninggalkan Android. 

Namun kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, bahwa Huawei tidak pernah menyebutkan penggunaan AOSP ataupun Android saat mempromosikan Harmony OS. Jadi, untuk saat ini kita hanya bisa wait and see, apakah segalanya akan berubah menjadi lebih baik lagi tahun depan, seiring Harmony OS yang diharapkan akan banyak digunakan di smartphone nantinya. 

Leave a Reply

Send this to a friend