Microsoft Windows 10 Fitur Start Menu

Microsoft Uji Peningkatan Fitur di Start Menu dan Registry Editor di Windows 10

NESABAMEDIA.COMUntuk membantu pengguna menemukan aplikasi yang mereka butuhkan dengan cepat, Microsoft tengah menguji sebuah peningkatan fitur untuk Folder Logic di Start Menu Windows 10. Selain itu Microsoft juga tengah mengembangkan satu fitur baru lagi di program Registry Editor. 

Windows 10 selama ini menggunakan database khusus untuk memetakan file dan program yang bernama ‘ProgramData’. Program di Windows 10 itu memiliki fitur dan fungsi dengan membuat folder khusus di daftar seluruh aplikasi agar menjaga Start Menu tampil tetap bersih, rapi dan teratur. Folder beserta isinya secara otomatis dibuat menggunakan fitur Windows Shell yang bernama ‘Folder Logic” tadi. 

Saat ini, folder di Start Menu terbuat otomatis meskipun hanya berisi satu file saja. Dengan hadirnya pembaruan Windows yang akan datang, Microsoft berencana untuk meningkatkan kemampuan Folder Logic agar bisa menampilkan item atau aplikasi secara langsung, jika foldernya berisi satu file saja. 

Peningkatan fitur Folder Logic ini, sekarang ini hanya tersedia untuk pengguna yang telah bergabung di kanal pengembang di program Windows Insider. 

Ini mungkin hanyalah sebuah perubahan kecil, namun menjadi bagian dari rencana besar Microsoft untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dengan Start Menu. Menurut sumber, Microsoft juga tengah menjajaki layout Start Menu yang baru dengan bentuk ujung jendela yang membulat, ketimbang menggunakan ujung tajam seperti yang ada saat ini.

Dalam salah satu konsep internalnya, konteks menu di Start Menu (klik kanan mouse), telah memiliki ujung jendela yang membulat dan terlihat sangat berbeda dengan tampilan yang ada saat ini. 

Pembaruan Windows 10 yang akan hadir selanjutnya juga akan menawarkan peningkatan kecil pada program Registry Editor bawaan Windows. Dalam versi Preview Builds terbaru, Microsoft telah memperbarui Registry Editor dengan dukungan tombol CTRL+Backspace, sehingga pengguna bisa menghapus atau mengubah teks konten yang ada dengan cepat. 

Namun perlu dicatat, semua peningkatan fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan. Microsoft belum bisa memberikan informasi kapan peningkatan itu akan dihadirkan ke pengguna Windows 10 secara publik. Namun jika pengguna ingin segera mencicipinya, bisa bergabung ke program Windows Insider. 

Leave a Reply

Send this to a friend