• Our Partners:

Microsoft Windows 10

Windows 10 Dapatkan Pembaruan Tampilan Start Menu

NESABAMEDIA.COMDalam gelaran acara Windows Insider Webcast, Microsoft memberikan bocoran mengenai tampilan baru pada Start Menu Windows 10. Nantinya, akan ada perubahan pada tampilan di masing-masing icon aplikasi atau widget yang memiliki tema terpisah dari latar belakang Start Menu, namun bisa seragam dengan widget atau aplikasi yang ada.

Microsoft mengatakan pembaruan pada tampilan Start Menu ini akan diluncurkan pada pembaruan Windows versi 20H2, yang dijadwalkan akan dirilis pada bulan Oktober atau November mendatang.

Pihak Microsoft juga menjelaskan, jika perubahan tampilan pada Start Menu di Windows 10 ini tidak akan terlalu mencolok, atau berubah begitu drastis dengan tampilan sebelumnya. Saat ini pengguna Windows 10, pada tampilan Start Menu tampak berupa icon aplikasi dengan latar belakang berwarna solid. Bisa dilihat melalui screenshot berikut ini.

Tampilan Start Menu Icon Lama

Tampilan Start Menu Icon Lama

Sementara pada pembaruan Windows versi 20H2 yang akan datang, tampilan icon aplikasi dan widget pada Start Menu akan mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah latar belakang icon aplikasi atau widget akan memiliki efek kabur atau blur, dan warnanya akan mengikuti tema gelap atau terang (dark or light) yang dipakai. Lihat screenshot berikut ini.

Tampilan Start Menu Baru

Tampilan Start Menu Baru

Bagi Microsoft, pembaruan pada tampilan Start Menu ini akan menghilangkan kesan chaotic atau ketidakteraturan yang selama ini tampak dirasakan oleh pengguna. Sehingga dengan adanya pembaruan tersebut, tampilan Start Menu akan menjadi lebih “seragam”, menyatu sesuai dengan tema yang diterapkan.

Memang pembaruan ini bisa dibilang pembaruan minor, namun membuat Start Menu terlihat jauh lebih teratur. Termasuk juga perubahan pada icon-icon yang ada.

Menerapkan Start Menu Baru Tanpa Menunggu Update

Sebenarnya, pengguna bisa mengaplikasikan tampilan Start Menu yang baru ini tanpa harus menunggu pembaruan pada bulan Oktober atau November mendatang. Syaratnya, pengguna sudah harus memperbarui versi Windows 10 ke versi Build 19041.423 atau yang terbaru. 

Caranya yakni dengan melakukan sedikit perubahan dan optimasi pada bagian Registry.

Pertama, buka aplikasi Notepad dan salin kode registry berikut ini :

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FeatureManagement\Overrides\0\2093230218]

“EnabledState”=dword:00000002

“EnabledStateOptions”=dword:00000000

Simpan dengan nama “20H2.reg”. Tutup aplikasi Notepad tersebut, dan kemudian jalankan file .reg tadi. Lakukan restart pada komputer dan anda bisa mendapatkan tampilan Start Menu yang baru. Untuk mengembalikan tampilan Start Menu ke versi sebelumnya, anda tinggal menghapus file 20H2.reg tadi.

Leave a Reply

Send this to a friend