• Our Partners:

Windows 10 Update Screen

Microsoft Akan Terapkan Sistem Bundling Untuk Layanan Windows 10 Update

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah melakukan sejumlah perubahan terkait bagaimana proses pengiriman pembaruan ke sejumlah aplikasi atau software yang ada di Windows 10, yang kemudian memiliki fungsi untuk menerima dan melakukan instalasi dari Windows Update. Pihaknya mengklaim jika penggunaan sistem bundling yang baru ini bisa mengeliminasi kebingungan serta merampingkan pembaruan sistem operasi yang ada saat ini.

Saat ini, Microsoft memang merilis masing-masing Servicing Stack Update (SSU) secara terpisah dari Cumulative Update (CU). Dalam penerapannya ke depan, akan digabungkan antara SSU dan CU ke dalam satu paket bundling untuk didownload dan diterapkan oleh pengguna. 

Mayoritas pengguna perangkat berbasis Windows mengalami kesulitan untuk menentukan SSU yang akan didownload dan diinstal di perangkat mereka, meski sejumlah sampel sudah diterima oleh perangkat mereka. SSU ini bukan merupakan bagian pembaruan dari layanan Windows Update itu sendiri, melainkan pembaruan bagi komponen Windows 10 yang diperlukan untuk menerima, dan melakukan verifikasi serta instalasi.

SSU menjadi bagian yang sangat penting dari layanan sistem operasi Windows dan pemeliharaanya, seperti yang sudah dijelaskan oleh Microsoft.

“SSU mampu meningkatkan keandalan proses pembaruan untuk mengurangi munculnya permasalahan saat melakukan instalasi dari pembaruan fitur-fitur dan peningkatan kualitas layanan Windows,” ungkap Microsoft dalam rilis resmi mereka.

Akan tetapi, karena SSU selama ini dirilis secara terpisah dari CU, dan fakta bahwa CU membutuhkan SSU khusus sebelum bisa diinstal, maka kebingungan terus terjadi. 

Para pengguna yang memakai Windows 10 2004, sebuah fitur yang dirilis pada Mei kemarin, dan telah melakukan instalasi SSU versi bulan September ini, nantinya akan mendapat sebuah pembaruan Cumulative Update yang berisi perbaikan dan juga pembaruan SSU untuk bulan tersebut. 

Meski demikian pihak Microsoft sendiri belum bisa memastikan kapan bundling pembaruan ini akan dirilis secara global. Para pengguna yang memakai Windows Server Update Services (WSUS) atau katalog Microsoft akan bisa mendapatkan bundling ini dalam waktu dekat, sesuai jadwal pembaruan berikutnya. Nantinya juga akan disertakan dokumentasi mengenai informasi tentang SSU dan CU ini.

Untuk saat ini, hanya pengguna Windows 10 2024 yang sudah bisa menggunakan sistem pembaruan secara bundling ini.

Leave a Reply

Send this to a friend