• Our Partners:

Pengertian Notepad dan Fungsinya

Kenali Pengertian Notepad Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat kita menyalakan PC atau laptop, biasanya yang terbesit di dalam benak kita adalah program aplikasi apa yang akan kita jalankan dan berkas apa yang akan kita buka dengan aplikasi itu. Bila Anda seorang desainer grafis yang terbayang pertama kali mungkin software-software desain bitmap dan vektor seperti CorelDRAW atau Photoshop, sedangkan bila Anda seorang programmer yang terbayang adalah Dreamweaver, Visual Basic, XAMPP, dan sebagainya.

Bila Anda seorang arsitek yang terbayang di benak Anda mungkin AutoCAD, AutoDesk 3dsMax, atau bila Anda seorang animator yang terbayang adalah Adobe Flash, Adobe Premiere, Blender, dan sebagainya. Sebagian besar user Windows jarang sekali terpikir untuk membuka Notepad.

Jarang kita teringat dengan program-program aplikasi sederhana seperti Calculator, Command Prompt, atau Notepad. Bukan karena mereka tidak penting, melainkan karena kita mungkin belum memerlukannya saat itu. Namun bila program-program sederhana tersebut tidak kita temukan di sistem Windows yang kita gunakan, maka kita akan penasaran, ada apa dengan sistem Windows-nya? Kita seringkali berasumsi bahwa Windows kita rusak, error, atau mendapat serangan virus komputer dari internet. Dan sering juga asumsi kita benar adanya.

Di awal abad ke-20, pada masa era Windows XP, ada beberapa varian virus yang memanfaatkan Notepad sebagai jalan masuk ke sistem. Bila virus tersebut berhasil menginfeksi sistem maka seketika Notepad.exe terhapus dari folder C:/Windows. Pada beberapa kasus lainnya, ketika file sistem Windows tidak ter-install atau ter-update sebagaimana mestinya, kadang menjalankan Notepad justru mengakibatkan ‘death blue screen‘. Notepad adalah software sederhana dengan segala kelebihan dan kekurangannya, menjadi salah satu ikon akan sehat atau tidaknya sistem Windows yang kita pakai.

Pengertian Notepad pada Windows

Pengertian Notepad pada Windows

Notepad merupakan aplikasi yang dikemas satu paket bersama dengan sistem operasi Microsoft Windows, dan menjadi tanda stabil-nya sistem Windows. Notepad.exe terletak di dalam folder sistem Windows utama, yaitu di ‘C:/Windows/’ dengan nama file-nya ‘Notepad.exe’. Anda dapat mengaksesnya dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. melalui ‘All Programs > Accessories’ pada tombol Start,
  2. mengetik ‘notepad’ pada kotak dialog Search atau pada kotak dialog Run,
  3. mengetik ‘notepad’ pada jendela Command Prompt, dan
  4. cara yang terakhir dengan mengeksekusinya langsung dari folder dimana Notepad.exe itu berada.

Software ini bermanfaat sekali ketika kita memerlukan catatan kecil mengenai apa yang ingin kita tuangkan sementara dari dalam pikiran kita. Membuat kita lebih menghemat kertas juga.

Notepad adalah software editor teks paling simpel yang dapat Anda temukan di versi Windows versi desktop mana pun. Mulai dari Windows versi 1.0 yang rilis pada tahun 1985 sampai dengan Windows 10 (rilis pada tahun 2018) saat ini. Notepad pertama kali rilis pada Agustus 1983 sebagai Multi-Tool Notepad, namun baru diperkenalkan oleh Microsoft pada November 1985 sebagai salah satu paket bundle software Windows versi pertama yaitu Windows Graphic Environment 1.0.

Mengenal Kegunaan Notepad (Windows)

Notepad adalah software editor plain-text yang dapat menyimpan file teks berekstensi ‘.txt’. Di dalam berkas teks berekstensi .txt tersebut tidak bisa dibuat tag ataupun style seperti jika Anda menggunakan Microsoft Word. Hal tersebut membuat program ini jadi sesuai dan cocok sekali untuk mengedit berkas sistem sederhana seperti DOS.

Berbekal pengetahuan mengenai sintaks DOS, Anda bisa membuat program-program kecil hanya dengan menggunakan Notepad. Yaitu dengan cara menyimpannya sebagai Batch Command Prompt berekstensi ‘.bat’. Sebenarnya bisa juga untuk membuat program Visual Basic Script berekstensi ‘.vbs’. Namun masalahnya ada antivirus yang tidak mengijinkan sistem untuk menjalankan ‘.vbs’ karena dianggap sebagai potensi ancaman malware.

Berikut ini beberapa contoh program batch DOS yang simple, fun, aman, dan tidak merugikan orang lain yang bisa langsung Anda praktikkan setelah Anda membaca artikel ini.

  1. efek teks hijau seperti di film Matrix
    @ECHO off
    COLOR 02
    :START
    ECHO %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random%
    ECHO START
  2. menutup semua program yang ada di taskbar
    @ECHO on
    POWERSHELL -command “(New-Object -comObject Shell.Application).Windows() | foreach-object {$_.quit()}; Get-Process | Where-Object {$_.MainWindowTitle -ne \”\”} | stop-process”
  3. menyinkronkan jam antara 2 PC yang terhubung di jaringan LAN
    @ECHO on
    NET TIME \computername /SET
    Anda dapat mengganti ‘computername’ dengan IP address tujuan secara spesifik. Setelah program dieksekusi Anda akan dikonfirmasi mengenai pembaruan jam ini. Contohnya seperti ini, pada kasus Anda ingin mensinkronkan jam di PC Anda dengan jam di PC rekan kerja yang IP address-nya 192.168.1.2, maka sintaks-nya sebagai berikut.
    @ECHO on
    NET TIME \192.168.1.2 /SET
  4. menjalankan bersamaan beberapa program dengan jeda waktu dalam skala detik
    @ECHO on
    START “” “programdirectory”
    TIMEOUT 10
    START “” “programdirectory”
    Pada ‘programdirectory’ bisa Anda isikan alamat program .exe, atau file apa saja yang ingin Anda jalankan, seperti .docx, .mp3, .mp4, dan lain sebagainya. Contoh untuk program yang terintegrasi dengan registry Windows seperti ini:
    @ECHO on
    START “” “WINWORD.exe”
    TIMEOUT 10
    START “” “notepad.exe”
    Contoh untuk program yang portabel atau belum terintegrasi dengan registry Windows seperti ini:
    @ECHO on
    START “” “C:\PORTABLE\Notepad2\Notepad2.exe”
    TIMEOUT 10
    START “” “C:\PORTABLE\ttr\TimeTracker.exe”
  5. melihat konfigurasi IP address di PC
    @ECHO on
    IPCONFIG /all
    PAUSE 1

Selain batch program DOS dan VBS, Anda juga bisa memanfaatkan Notepad untuk mengerjakan coding menggunakan sintaks lainnya seperti .html, .php, .js, .css, .xml, .sql, .java, dan masih banyak lagi. Tentu saja Anda harus membekali diri dengan pengetahuan terhadap sintaks-sintaks tersebut.

notepad-win10

Gambar: Notepad Windows 10

Kelebihan Notepad sebagai editor teks sederhana

Berikut ini kelebihan-kelebihan Notepad asli buatan Microsoft.

  1. Tampilan simpel/sederhana, menu programmnya mudah dipelajari. Bagi anak yang baru mulai belajar menggunakan komputer, biasanya orang tua atau gurunya akan memperkenalkan Notepad terlebih dahulu, sebelum beranjak ke WordPad atau Microsoft Word. Dalam kurikulum mata pelajaran TIK SD, Notepad sudah dimasukkan ke dalam materi pelajaran kelas 1 SD.
  2. Notepad dapat digunakan untuk membuat program-program berskala kecil berbasis DOS atau Command Prompt. Ada kalanya kita memerlukan program-program batch tertentu untuk user, karena kita tidak mungkin menjelaskan proses suatu instruksi yang begitu panjang dan rumit kepada user. Misalnya pada kasus dimana suatu perusahaan memerlukan konfigurasi firewall terhadap sejumlah IP address dan program ‘.exe’ tertentu dengan konfigurasi firewall yang bervariasi di setiap divisi. Sementara di perusahaan tersebut terdapat belasan divisi, yang di dalamnya terdapat puluhan atau ratusan user. Akan lebih cepat bila eksekusinya kita gunakan sebuah program batch yang siap dieksekusi setiap user di perusahaan tersebut, daripada mengkonfigurasinya satu-persatu di setiap komputer.

Kekurangan Notepad dibandingkan editor teks Third-Party

Berikut ini kekurangan-kekurangan yang akan kita temukan pada Notepad jika dibandingkan dengan editor teks Third-Party yang lebih modern.

  1. Tidak seperti Wordpad, Notepad tidak dapat menampilkan dengan baik perpindahan baris teks (line-ending) yang ditulis dalam format UNIX (LF) ataupun Mac (CR). Notepad hanya dapat menampilkan line-ending dalam format Windows (CR+LF) sendiri.
  2. Tampilan dan dukungan fitur yang sangat sederhana, menyebabkan para programmer lebih memilih software editor teks Third-Party yang lebih ramai fiturnya, terutama fitur penandaan sintaksnya yang lebih jelas, untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam coding. Di antara nama-nama editor teks Third-Party tersebut misalnya Notepad++, PSPad, Geany, Sublime Text, Notepad2, Notepad3, dan yang sedang populer di kalangan programmer Android, Visual Studio Code.

Itulah pengertian Notepad beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend