Windows 10 Generasi Berikutnya Panos Panay

Di Balik Kalimat Generasi Windows Berikutnya Yang Dilontarkan Panay

NESABAMEDIA.COMAwal pekan ini bos Microsoft Panos Panay memberikan informasi singkat yang sangat menggoda bahwa sesuatu yang besar sedang dalam perjalanan akan hadir untuk Windows dengan merujuk pada apa yang selanjutnya dia sebut sebagai ‘generasi Windows berikutnya’.

Microsoft selama ini belum pernah menggunakan terminologi semacam itu sejak debut Windows 10 pada tahun 2015 silam, dan itu karena Windows 10 adalah sistem operasi baru yang menggantikan OS sebelumnya. Windows 10 juga didukung kampanye besar-besaran yang berfokus agar pengguna mau beralih ke Windows 10 baru yang lebih mengkilap. 

Oleh karena itu, Panay mengacu pada kalimat ‘generasi Windows berikutnya’ adalah sebuah kesepakatan yang jauh lebih besar daripada yang mungkin dipikirkan pengguna, karena terminologi itu yang seharusnya dihindari Microsoft sebab Windows 10 adalah versi terakhir dari Windows yang diperbarui sebagai layanan. Lalu apa yang sebenarnya hendak diberikan Panay dengan kalimat generasi Windows berikutnya itu?

Sun Valley atau Windows 10X

Beberapa pihak memperkirakan kalimat generasi berikutnya dari Windows itu merujuk pada Windows 10X dan juga pembaruan Sun Valley yang akan segera hadir. Di sisi Windows 10X, semuanya sudah cukup menjelaskan. Windows 10X dibangun di atas inti yang baru dan modern tanpa warisan dari Windows dan dapat dikategorikan sebagai Windows generasi berikutnya yang sebenarnya yang telah dibangun dari bawah ke atas dengan pengalaman pengguna yang baru dan alur kerja modern. Namun sayangnya Windows 10X masih belum siap untuk pasar utama. 

Di sisi lain, Windows 10 untuk perangkat desktop masih menjadi produk terbesar Microsoft, dan tidak akan berubah dengan keberadaan dari Windows 10X. Sangat tidak mungkin nantinya Windows 10X bisa menggantikan sosok Windows 10 sebagai versi mainstream dari Windows, setidaknya sampai lima tahun ke depan. Jadi dengan demikian, Microsoft tidak bisa beralih begitu saja dari Windows 10 desktop. 

Kemudian akan hadir pembaruan Sun Valley. Microsoft sendiri sebelumnya telah mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk melakukan penyegaran tampilan dari Windows, yang akan berisi desain antarmuka yang lebih modern dan konsisten, fitur-fitur baru dan akan menjadikan Windows desktop sebagai hal yang ingin digunakan oleh pengguna lagi. 

Windows 10 yang ada saat ini bukanlah sebuah piranti lunak yang bagus di luar sana, dan juga tidak mudah dalam penggunaanya. Hal ini seringkali membuat perangkat Surface mengalami kerugian, yang berupaya membangun perangkat PC yang minimalis namun fungsional. 

Strategi Marketing Semata?

Kalimat ‘generasi berikutnya’ lebih mengarah pada terminologi marketing yang didesain agar pengguna mau meningkatkan atau membeli perangkat PC baru dengan Sun Valley atau Windows 10 akhir tahun ini atau tahun depan. Kalimat itu seperti ingin menjelaskan kepada dunia bahwa Windows telah kembali dan masih relevan, sehingga kemudian membuat orang-orang ingin membeli perangkat PC baru. 

Hal tersebut tentu bukanlah sesuatu yang buruk. Justru akan menjadi sebuah hal yang bagus bagi semua penggemar Windows jika Microsoft beranggapan bahwa pembaruan Windows 10 yang akan datang ini setara dengan moniker generasi berikutnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend