Tampilan Microsoft Windows 10X Yang Bocor

Windows 10X Bocor di Internet, Tampilannya Mengesankan Sesuai Harapan

NESABAMEDIA.COMPada 2019 lalu, Microsoft untuk pertama kalinya sistem operasi Windows 10x yang diperuntukkan kepada perangkat dengan layar ganda. Namun setahun berikutnya, Microsoft memutuskan untuk mengubah haluan dan menjadikan Windows 10X sebagai sistem operasi untuk perangkat dengan layar tunggal terlebih dahulu, seperti laptop.

Meski sistem operasi Windows 10 belum benar-benar dirilis, namun versi mendekati finalnya telah bocor ke internet. Orang-orang pun bisa mengunduh dan memasangnya di perangkat mereka, untuk mencoba seperti apa sistem operasi itu berjalan. 

Dalam sebuah video yang dipublish oleh Windows Central di atas, terlihat bagaimana sistem operasi Windows 10X itu berjalan di perangkat PC. Tampak jelas, bagaimana tampilan desain ulang dari antarmuka, yang sebelumnya hanya bisa kita nikmati melalui tangkapan layar saja. 

Windows 10X telah melakukan perubahan antarmuka dari sistem operasi Windows 10, mulai dari fitur paling khas Windows yakni, Taskbar yang telah diperbarui. Taskbar tersebut menampilkan ikon yang telah dipindahkan ke bagian tengah layar, dengan Start Menu yang juga telah didesain ulang sepenuhnya.

Sistem operasi ini juga dilengkapi dengan pusat notifikasi yang baru dengan shortcut atau pintasan yang juga telah didesain ulang. Terdapat juga fitur File Manager yang telah lebih disederhanakan dan mampu membuka semua aplikasi secara fullscreen. 

Windows 10X merupakan versi Windows 10 yang telah dipreteli dan dirombak habis-habisan. Sistem operasi ini tidak dimaksudkan sebagai peningkatan ataupun penggantian dari Windows 10 yang ada di desktop, melainkan untuk perangkat notebook dan tablet, yang menampilkan gaya Chromebook namun dengan harga yang lebih terjangkau. 

Salah satu kekhawatiran terbesar dari sistem operasi Windows 10X ini adalah bahwa versi tersebut masih belum mendukung aplikasi Windows yang lama. Ini berarti penggunaanya hanya terbatas pada aplikasi yang ada di Microsoft Store dan aplikasi web saja.

Meski demikian, sistem operasi Windows 10X tidak terlalu buruk. Tampilan antarmuka yang telah di desain ulang merupakan hal yang sangat baik jika nantinya bisa dibawa ke versi desktop, di Windows yang ada saat ini. Asalkan Microsoft tidak membawa pengganti File Manager yang mendapat komentar buruk dari banyak pihak itu. 

Secara keseluruhan, tampilannya benar-benar tidak mengecewakan, memberikan suasana yang baru untuk Windows, meski lebih mirip dengan Chrome OS dan juga iPad OS. Sistem operasi ini ditargetkan akan terpasang sebagai bawaan perangkat kemungkinan pada akhir tahun ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend