Apa itu Scan Dokumen? Mengenal Pengertian Scan Dokumen

Apa itu Scan Dokumen? Mengenal Pengertian Scan Dokumen

Pengertian Scan Dokumen

Apa itu scan dokumen? Scan merupakan aktivias memindai sebuah objek yang kemudian akan diubah menjadi data digital yaitu berupa file. Sementara itu, alat yang digunakan untuk menjalankan proses ini dinamakan sebagai scanner.

Dengan kata lain, arti kata scan lebih kepada pekerjaan atau aktivitas untuk memindai dokumen dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan scanner. Scanner mampu menduplikasi objek dengan memanfaatkan cahaya yang terdapat di dalamnya.

Fungsi Scan Dokumen

Pengertian scan dokumen

Apa fungsi scan? Scan berfungsi untuk memindai dokumen atau objek berupa struktur gambar atau teks yang akan dideteksi oleh sensor mesin. Kemudian gambar atau teks tersebut akan dikonversi ke dalam data digital baik berupa file JPEG mapun PDF.

Untuk scanner, alat ini juga bermanfaat untuk menggandakan dokumen hard copy dalam bentuk digital. Setelah data sudah dikonversi ke bentuk digital, Anda bisa menyimpannya di komputer, laptop, smartphone, atau bisa menyimpannya secara cloud.

Hal ini akan mempermudah Anda dalam menyimpan dokumen tersebut. Dokumen yang sudah discan tidak akan mudah rusak dan bahkan bisa menjadi alterntif ketika dokumen fisik hilang atau rusak karena Anda masih memiliki salinannya. Jadi, Anda tinggal mencetak dokumen yang sudah discan tersebut menjadi dokumen fisik.

Jenis-jenis Scanner

Alat yang digunakan untuk memindai dokumen (scanner) memiliki beberapa jenis serta bentuk. Jenis scanner tersebut bisa kita bedakan dengan berdasarkan objek yang discan.

1. Scanner Drum

Sesuai namanya, scanner drum memiliki bentuk tabung yang mampu menghasilkan dokumen dengan resolusi yang tinggi dan juga detail. Hasil scannya mencapai 2000 piksel per inci.

Kelebihan scanner drum yaitu mampu menghasilkan gambar yang cocok serta gambar tersebut tidak mengalami getaran atau distorsi. Selain itu, jenis scanner yang satu ini juga bisa melakukan pemindaian dokumen pada kertas yang memiliki ukuran cukup lebar maupun objek datar.

2. Scanner Flatbed

Scanner Flatbed berbentuk datar dan merupakan jenis scanner yang sering kita temukan di kantor maupun digital printing. Salah satu alasan mengapa scanner flasbed banyak digunakan karena sesuai dengan ukuran kertas yang biasa kita gunakan seperti legal, A3, letter, dan beberapa ukuran kertas lainnya. Cara kerjanya menggunakan teknologi CCD atau Charge Coupled Device yang mampu memindai dokumen yang Anda letakkan di dalamnya.

3. Film Scanner

Jenis scanner yang satu ini menggunakan teknologi yaitu film negatif. Fungsinya adalah hanya untuk menscan dalam bentuk film negatif sehingga tidak pas digunakan untuk objek maupun dokumen dengan bentuk yang lain. Film scanner tergolong jenis scanner yang mahal serta cukup sulit Anda temui. Biasanya alat ini hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja.

4. Hand Scanner

Memiliki bentuk minimalis, hand scanner biasa digunakan sebagai alat pengamanan. Biasanya hand scanner ini digunakan untuk memindai barang bawaan, memindai isi dokumen, maupun scan barcode. Alat ini tidak terlalu sulit Anda temukan dibandingkan film scanner.

5. Roller Scanner

Hampir mirip dengan flatbed, roller scanner juga digunakan memindai objek yang ada di dalamnya. Cara kerja roller scanner hampir sama dengan printer. Ada dua jenis roller scanner, yaitu ADF atau Automatic Document Feeder untuk pemindaian dalam jumlah banyak dan Sheet Feed atau Scanner Portable dengan fungsi yang sama seperti ADF.

Leave a Reply

Send this to a friend