Microsoft PowerToys di Windows 10

PowerToys Windows 10 Dapatkan Antarmuka Modern dan Fitur Baru

NESABAMEDIA.COMPengembang dari tool open source Microsoft PowerToys untuk Windows 10 berencana untuk merilis pembaruan dengan utility baru dan peningkatan tampilan antarmuka. Pembaruan ini masih dalam tahap awal pengembangan, dan Microsoft kemungkinan akan merilisnya pada akhir tahun ini. 

PowerToys untuk Windows 10 pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 dan basisnya menggunakan pendekatan yang sama dengan tool Power User yang ada di era Windows 95. Berlanjut ke tahun 2020, Microsoft memperbarui tool open source itu dengan sejumlah fitur baru dan peningkatan antarmuka yang didesain secara khusus untuk Windows 10. 

Microsoft kini dikabarkan tengah mengerjakan pembaruan besar lainnya, yang kemungkinan akan menawarkan sejumlah peningkatan yang sangat dibutuhkan ke antarmuka pengguna.  

Tampilan Antarmuka Baru PowerToys Windows 10

Tampilan Antarmuka Baru PowerToys Windows 10

Di halaman Github, Microsoft telah mengunggah sebuah konsep baru yang menampilkan PowerToys dengan peningkatan pada pengalaman penggunaan pertama kali (first-run). Saat ini, PowerToys terbuka di latar belakang dan membuat pengguna penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, Microsoft bekerjasama dengan pengembang independen untuk membuat tampilan antarmuka yang baru, yang akan menampilkan modul utama ketika PowerToys diluncurkan melalui system tray. 

System Tray Baru Microsoft PowerToys

System Tray Baru Microsoft PowerToys

Selama ini, PowerToys ditempatkan di system tray Windows 10, namun dukungan dari system tray saat ini juga sangat terbatas, dan hanya mengizinkan pengguna untuk membuka halaman Settings dan menghentikan proses aplikasi saja. 

Jika merujuk pada roadmap, PowerToys dalam waktu dekat akan mendapatkan menu flyout baru di system tray yang memungkinkan pengguna untuk lebih cepat membuka modul-modul berikut ini:

  • Settings atau Pengaturan
  • PowerToys Run (pengalaman Windows Search yang lebih cepat)
  • PowerToys Color Picker
  • Tombol video konferen

Pada PowerToys ini, Microsoft juga berencana untuk menambahkan dukungan ke sejumlah fitur yang hilang di Windows 10, seperti ‘Paste as Plain Text’ dan cara cepat untuk mematikan proses latar belakang dari aplikasi apapun. Selain itu juga disebutkan sejumlah rencana lain yang akan mengaktifkan dukungan pada cara baru untuk melakukan render yang lebih halus pada font yang ada di Windows 10. 

Leave a Reply

Send this to a friend