Microsoft Pamerkan Focus Sessions dan Integrasi Spotify di Windows 11

Microsoft Pamerkan Focus Sessions dan Integrasi Spotify di Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kembali menunjukkan bocoran sebuah fitur baru yang akan ada di Windows 11, yang mereka sebut dengan Focus Sessions. Fitur baru itu disebut-sebut sebagai sebuah game-changer oleh Panos Panay, yang tampaknya juga hadir dengan integrasi Spotify

Panos Panay kemarin memposting sebuah cuitan di akun Twitternya berupa sebuah video pendek yang mendemonstrasikan fitur Focus Sessions di Windows 11. Sepertinya, Focus Sessions itu akan memberi pengguna semacam jendela waktu untuk bisa fokus dan menyelesaikan tugas tanpa mendapatkan gangguan. 

Fitur tersebut juga memiliki sebuah opsi untuk mengaktifkan notifikasi agar pengguna bisa beristirahat, atau melewatinya. Dengan integrasi Spotify, pengguna bisa menikmati musik apa pun yang diinginkan yang dapat membantu meningkatkan produktivitas. 

Microsoft belum mulai menguji fitur Focus Sessions itu di build Windows 11, tetapi dari video yang ditunjukkan Panay tampaknya akan ditempatkan di aplikasi Jam yang ada di sistem operasi tersebut. Sepertinya, fitur itu akan mengadopsi Teknik Pomodoro, sebuah metode untuk mengelola waktu dengan membagi-bagi tugas menjadi beberapa bagian dengan tambahan jeda istirahat. 

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi dan situs web Pomodoro yang memungkinkan pengguna untuk menyisihkan waktu agar bisa fokus pada tugas yang dikerjakan. Integrasi Spotify di Windows 11 itu akan bisa menjadi cara Microsoft untuk lebih menonjol dibandingkan para kompetitornya.

Ini juga pertama kalinya integrasi Spotify yang signifikan di Windows sejak Microsoft menghentikan layanan Groove Music pada tahun 2017. Pada saat itu, Microsoft bermitra dengan Spotify untuk mengajak pengguna Groove Music berpindah ke sana bersama dengan migrasi playlist pengguna agar tidak beralih ke kompetitor lain. Microsoft dan Spotify sebelumnya juga pernah bekerja sama pada aplikasi Windows 10 dan aplikasi terpisah untuk konsol Xbox.

Pembaruan Windows 11 akan memiliki nama Pembaruan Windows 11 Oktober 2021 atau Windows 10 versi 21H2 dan ditargetkan akan dirilis pada bulan Oktober nanti. Windows 11 membawa banyak sekali perubahan antarmuka dan fitur dibandingkan dengan Windows 10. 

Leave a Reply

Send this to a friend