Pengertian Bad Sector pada Harddisk (HDD) Beserta Penyebabnya

Bagi anda yang pernah menggunakan komputer dengan usia perangkat yang bisa di bilang tua, pasti pernah mengalami yang namanya bad sector pada harddisk penyimpanannya.

Bisa jadi anda baru pertama ini mendengar istilah bad sector, karena sesungguhnya ini adalah istilah yang sering di gunakan oleh teknisi komputer untuk menyebut kerusakan yang terjadi pada sebuah komputer. Padahal kejadian kerusakan tersebut pernah menimpa anda sebelumnya. Namun tahukah anda apa itu Bad sector? Berikut di bawah ini pengertian bad sector pada Harddisk.

Pengertian Bad Sector

Pengertian bad sector pada Harddisk atau perangkat penyimpanan adalah sebuah permasalahan yang terjadi akibat kerusakan sebuah sector pada perangkat harddisk, hal ini biasanya terjadi di sebabkan oleh beberapa hal, seperti terputusnya koneksi transfer data ketika sedang menyalin ke sebuah perangkat, sehingga proses salinan berhenti di tengah jalan, atau terjadi benturan terhadap perangkat harddisk.

Pengertian Bad Sector

Harddisk Bad Sector

Hal lain yang biasanya sering terjadi di lapangan adalah matinya daya lsitrik secara mendadak ketika komputer sedang berjalan. Lalu apa akibatnya jika harddisk pada komputer kita mengalami bad sector? akibat yang terjadi akibar permasalahan ini cukup fatal, seperti kerusakan pada suatu file, dan yang paling sering terjadi adalah rusaknya file sistem operasi.

Hal ini mengakibatkan komputer tidak mau masuk ke sistem dan terus menerus melakukan restart karena file yang di proses pada sistem operasi ada yang hilang atau rusak sehingga proses pembacaan menjadi terganggu. Jika hal seperti ini terjadi kebanyakan orang melakukan repair sistem dan install ulang sistem operasi.

Penyebab Harddisk Bad Sector

Selain penyebab bad sector yang telah di sebutkan di atas, sesungguhnya banyak sekali faktor-faktor yang bisa menyebabkan terjadinya bad sector pada harddisk, baik faktor internal maupun eksternal semuanya bisa menyebabkan bad sector.

Berikut ini adalah berbagai macam hal yang bisa menyebabkan terjadinya bad sector pada harddisk dan perlu anda ketahui sehingga kesehatan perangkat penyimpanan anda tetap terjaga dan komputer anda tetap nyaman di gunakan. Berbagai penyebab bad sector harddisk :

1. Daya magnet yang lemah

Pengertian Bad Sector pada Harddisk

Daya magnet yang lemah

Perlu anda ketahui bahwa di dalam harddisk terdapat berbagai macam komponen, termasuk di dalamnya adalah kepingan atau piringan dan magnet, dan salah satu penyebab terjadinya bad sector pada harddisk adalah melemahnya daya magnet pada harddisk sehingga kemampuan dalam menyimpan file menjadi turun, atau bahkan sama sekali tidak bisa untuk menyimpan file lagi, karena benar-benar kehilangan magnetik dari piringan yag terdapat di dalam perangkat harddisk.

2. Karena benturan atau guncangan

Karena benturan atau guncangan

Karena benturan atau guncangan

Kadangkala kita tidak sengaja untuk membenturkan komputer atau laptop kita ketika sedang membawanya. Perlu anda ketahui bahwa walaupun secara fisik luar komputer tidak terjadi cacat maupun lecet, namun sebenarnya komponen di dalam bisa saja mengalami kerusakan, terutama pada perangkat harddisk yang menggunakan teknologi mekanik sehingga komponen seperti piringan dan lainya mengalami guncangan, hal ini bisa menyebabkan kerusakan ketika komputer di nyalakan. Jadi anda perlu berhati-hati dalam membawa laptop maupun komputer.

3. Listrik tidak stabil

Pengertian Bad Sector pada Harddisk

Listrik tidak stabil

Ketika anda menggunakan prangkat personal komputer, anda harus memperhatikan sumber daya lsitrik yang anda ambil untuk menjalankan komputer, cek apakah listrik tersebut memiliki arus yang stabil atau tidak, namun yang pasti biasanya listrik yang di ambil langsung dari sumber terminal listrik memiliki arus yang tida stabil, alias naik turun.

Hal ini bisa menyebankan kerusakan pada harddisk dan mengalami bad sector. Untuk mengatasi ini sebaiknya anda gunakan perangkat tambahan seperti stabilizer untuk menyetabilkan arus listrik yang masuk ke komputer anda.

4. Susunan file yang berantakan

Harddisk yang sehat

Susunan file data yang berantakan ternyata bisa menjadi sumber permasalahan terjadinya bad sector pada harddisk, file data yang berantakan biasanya terjadi akibat tidak teraturnya dalam mengunduh file dan mengelola file.

File yang sangat perlu anda perhatikan keteraturanya adalah file yang tersimpan pada partisi C atau partisi system, karena pada lokasi tersebut merupakan lokasi utama dalam menjalankan sistem, sehingga anda perlu melakukan kegiatan rutin yaitu melakukan Optimalisasi sehingga file yang tersimpan di dalamnya tersusun secara rapi, dan proses bisa berjalan lebih cepat.

Itulah pembahasan tentang pengertian bad sector pada harddisk. Hal yang perlu untuk menjadi catatan bagi anda adalah, bahwa bad sector ternyata bisa menyebar ke sector lainya, dan apabila hal itu tidak di tangani secara cepat dan tepat, maka bisa mengakitbatkan kerusakan yang fatal, sistem operasi dan file yang di dalam harddisk tidak bisa di selamatkan.

Dan jika sudah masuk ke fase yang puncak alias bad sector sudah menyebar ke seluruh sector, maka harddisk yang mengalami bad sector tidak dapat di perbaiki kembali. Namun apabila sector yang terkena kerusakan masih sedikit, ada kemungkinan untuk memperbaikinya kembali.

Penutup

Untuk itu supaya komputer anda tetap dalam keadaan normal dan nyaman di gunakan, sebaiknya bijaklah dalam menggunakan komputer dan tetap melakukan perawatan pada komputer anda, karena perangkat komputer itu seperti mesin lainya yang perlu di rawat baik dari sisi eksternal maupun internal.

Dari sisi eksternal anda bisa melakukan pembersihan rutin komputer dari debu-debu yang menempel di dalamnya, dan berhati-hati dalam membawa komputer. Sedangkan dari sisi internal, anda dapat melakukan kegiatan cleanup dan optimize harddisk supaya data yang ada di dalamnya tetap tersusun dengan rapi. Sehingga memudahkan sistem komputer dalam memproses dan mencari data yang tersimpan, hasilnya adalah komputer bisa berjalan lebih cepat.

Leave a Reply

Send this to a friend