2 Cara Menonaktifkan Instagram Sementara / Permanen Terbukti Berhasil!

Dengan fitur kekinian yang selalu update menjadikan Instagram sulit ditinggalkan bagi para penggunanya. Apalagi dengan adanya fitur story, Instagram kini semakin difavoritkan.

Sebagaimana ada yang membuat akun di Instagram, adapula yang ingin menghapusnya. Berbagai alasan untuk menonaktifkan akun instagram sendiri seperti ingin membuat akun baru, menjaga privasi, dan sebagainya.

Namun tidak jarang beberapa pengguna hanya ingin vakum dari instagram untuk sementara waktu tanpa menghapus akun dan ada juga yang ingin menonaktifkan akun Instagramnya secara permanen.

Adapun beberapa cara untuk menonaktifkan akun sementara maupun permanen, telah disediakan oleh Instagram sendiri.  Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkah cara menonaktifkan Instagram di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara / Permanen

Cara menonaktifkan Instagram di sini saya bagi terhadap dua kategori : menonaktifkan secara sementara dan menonaktifkan secara permanen. Nah, cara ini tidak bisa dilakukan via aplikasi Instagram itu sendiri, melainkan melalui browser. 

Disini saya menggunakan browser (Google Chrome) pada HP Android. Jika Anda ingin menggunakan browser pada PC tidak masalah, karena caranya kurang lebih sama.

1. Menonaktifkan akun Instagram sementara

  1. Buka browser pada HP Anda, lalu kunjungi halaman Instagram (https://www.instagram.com/).
  2. Login dengan memasukkan username dan password akun Instagram Anda.
    cara menonaktifkan instagram sementara
  3. Selanjutnya, pergi ke bagian profil dengan menekan ikon pada deretan menu yang ada di bawah, paling pojok kanan.
    profil
  4. Setelah berada di halaman profil akun, pilih Edit Profile.
    cara menonaktifkan instagram selamanya
  5. Scroll ke bawah halaman Edit Profile tadi hingga Anda temukan tulisan Temporarily disable my account berwarna biru. Klik pada tulisan tersebut.
    temporarily disable my account
  6. Pada halaman selanjutnya, pilih alasan Anda menonaktifkan akun Instagram sementara. Setelah itu, masukkan password akun Anda. Jika sudah, tombol Temporarily Disable Account yang di bawah akan aktif. Klik tombol tersebut.
    cara menonaktifkan instagram permanen
  7. Pilih Yes untuk melanjutkan aksi Anda. Akun Anda akan dinonaktifkan sementara.
    click button and Yes
  8. Anda telah berhasil menonaktifkan akun Instagram Anda sementara. Anda otomatis keluar dari akun Instagram Anda. Jika Anda mencoba login, tampilannya akan muncul seperti di bawah ini.
    try to login

Tulisan merah pada gambar menyatakan bahwa akun Anda tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Menonaktifkan sementara akun Instagram Anda akan memakan waktu berhari-hari untuk dapat mengaktifkannya kembali.

2. Menonaktifkan akun Instagram permanen

  1. Buka browser Anda, login akun Instagram Anda di halaman link https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/.
    cara menonaktifkan instagram di HP android
  2. Selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan halaman Delete Your Account. Pilih alasan Anda menonaktifkan akun, lalu masukkan password akun Instagram Anda.
    delete your account
  3. Setelah Anda memasukkan alasan dan password, klik tombol Permanently delete my account  yang berwarna merah.
    click button delete
  4. Setelah itu, pilih OK untuk menonaktifkan akun Instagram Anda sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang menyatakan akun Anda telah berhasil dihapus.
    cara menonaktifkan Instagram
  5. Jika Anda mencoba login untuk akun Anda yang telah dihapus tadi, maka akan muncul notifikasi dengan tulisan berwarna merah seperti gambar di bawah ini.
    cara menonaktifkan Instagram

Itulah dua cara menonaktifkan Instagram secara sementara maupun permanen. Sebelum Anda menonaktifkan akun Anda, pikirkan berkali-kali untuk melakukannya.

Mengaktifkan akun yang sementara dinonaktifkan mungkin hanya menunggu beberapa hari, sedangkan menonaktifkan akun Anda secara permanen tidak akan mengembalikan kembali akun Anda.

Perlu diketahui, username yang digunakan pada akun yang telah dihapus tidak bisa digunakan kembali untuk pembuatan akun baru. Jika Anda ingin menanyakan sesuatu, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

12 Comments

  1. Avatar Michael
  2. Avatar mery
  3. Avatar Tika
  4. Avatar Elza
  5. Avatar Elza renita
  6. Avatar Fanang
  7. Avatar V
  8. Avatar fina
  9. Avatar Bihombing

Leave a Reply

Send this to a friend