• Our Partners:

Cara Convert AVI ke MP4

3 Cara Convert AVI ke MP4 Tanpa / Menggunakan Software (Android, PC dan Laptop)

Seperti yang sudah Anda ketahui, sekarang ini sudah banyak sekali berbagai jenis format video yang telah tersedia. Tetapi tidak semua perangkat mendukung berbagai macam format video tersebut. Sehingga Anda harus mengubah format suatu video menjadi format video yang mendukung diperangkat Anda.

Saat ini, kebanyakan perangkat mendukung format video MP4, karena format video MP4 dapat memungkinkan Anda melakukan proses streaming di jejaring internet, sehingga para pengguna bisa menonton secara langsung tayangan yang sudah disimpan kedalam format tersebut, dan pengguna juga tak perlu untuk mengunduh file video tersebut.

Pada tutorial kali ini akan menjelaskan mengenai cara mengubah AVI ke MP4. Dan biasanya file video berformat AVI memiliki ukuran yang sangat besar. Untuk itu, Anda dapat mengubahnya kedalam format MP4. Bertikut penjelasan lengkapnya.

3 Cara Convert AVI ke MP4 dengan Mudah

File video berformat AVI biasanya digunakan oleh perangkat yang mempunyai sistem operasi Microsoft maupun software Microsoft. Dan container dari file ini juga sudah didukung dengan PSP, Xbox, PS3 dan juga perangkat Android. Untuk perangkat Apple tak mendukung container file AVI ini.

Sedangkan MP4 sudah mendukung segala perangkat yang portable contohnya yaitu seperti Android, Sony, Microsoft maupun Apple. Dan seluruh perangkat tersebut juga sudah menggunakan container file dan dapat menjalankan pemutar video sampir seluruh file Container MP4. Dan berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah atau convert file AVI menjadi MP4.

1. Cara Convert AVI ke MP4 dengan Aplikasi Converter (Untuk HP)

Mengubah video AVI ke MP4 lebih baik dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Meskipun saya juga akan menjelaskan yang tanpa aplikasi (online). tapi cara pertama ini sangat saya rekomendasikan.

Ketika anda menggunakan tool online, maka terlebih dahulu anda harus mengupload video anda kemudian jika sudah selesai, maka anda perlu mendownloadnya lagi. Dua kali kerja yang tentunya akan menghabiskan banyak kuota internet anda. Maka dari itu, lebih baik anda gunakan cara yang pertama ini.

  1. Pertama-tama anda perlu menginstall aplikasi converter di Playstore. Ketikkan “avi to mp4” pada kolom pencarian. Pastikan anda memilih aplikasi persis seperti yang saya gunakan (Video Converter & Compressor). Karena beberapa aplikasi converter yang lain ada yang tidak berjalan baik dan kurang maksimal. Selanjutnya pilih Install.Convert AVI ke MP4 Android 1
  2. Setelah terinstall di HP anda, tinggal buka aplikasinya. Tampilan awalnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya pilih Video Converter.Convert AVI ke MP4 Android 2
  3. Pilih Browse untuk memilih video mana yang ingin diconvert.Convert AVI ke MP4 Android 3
  4. Jika video sudah dipilih, silakan anda klik tombol Convert yang ada di pojok kanan bawah tampilan.Convert AVI ke MP4 Android 4
  5. Pastikan pada opsi Convert To anda memilih MP4. Saya sarankan anda tidak mengubah pengaturan lainnya. Kemudian anda pilih Convert.Convert AVI ke MP4 Android 5
  6. Anda bisa mengganti nama video yang berhasil diconvert. Selanjutnya pilih Start Now. Tunggu proses converting hingga selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada ukuran file yang akan diconvert.Convert AVI ke MP4 Android 6
  7. Video berhasil di convert ke MP4. Lokasi file video tersimpan di folder VideoConverter.Convert AVI ke MP4 Android 7

2. Cara Convert AVI ke MP4 Tanpa Software (Untuk Laptop / HP)

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka web browser yang ada di komputer atau perangkat Anda. Pada tutorial kali ini saya menggunakan browser Google Chrome.

Cara Convert AVI ke MP4 Online

2. Setelah itu Anda dapat mengetikkan AVi to MP4 converter dimesin pencarian. Dan klik link videoonlineconvert.com seperti pada gambar dibawah ini. Atau Anda juga bisa langsung mengetiikan link videoonlineconvert.com di mesin pencarian.

convert video

3. Setelah itu ANda dapat memilih file video yang akan Anda ubah formatnya menjadi MP4 di layanan web tersebut. Caranya yaitu dengan klik button Choose Files didalam kotak berwarna hijau.

convert video

4. Maka akan muncul kotak folder komputer Anda, maka Anda bisa menuju ke folder dimana video tersebut berada, dan klik video berekstensi AVI tersebut dan klik Open.

Cara Convert AVI ke MP4 Tanpa Aplikasi

5. Selanjutnya Anda hanya menunggu sampai proses dari upload video berekstensi AVI tersebut selesai. Anda dapat melihat proses upload video tesebut di kolom yang ditunjukkan oleh panah berwarna merah pada gambar dibawah ini.

convert video

6. Setelah itu Anda harus klik button Start Conversion yang berwarna hijau dan berada dibawah nama video berekstensi AVI .

Cara Convert AVI ke MP4 Mudah

7. Kemudian Anda harus menunggu selama beberapa saat sampai proses conversi selesai, sehingga file video yang berekstensi AVI tersebut berubah menjadi filw video berekstensi MP4.

convert video

8. Jika proses konversi sudah selesai, maka yang harus Anda lakukan yaitu klik button yang bertuliskan download your file, maka video berekstensi MP4 akan segera terdownload ke komputer Anda.

convert video

9. Jika file video tersebut sudah selesai terdownload, maka Anda dapat mengecek apakah file video tersebut sudah berubah menjadi file video berekstensi MP4 atau tidak. Caranya yaitu dengan klik kanan pada video yang sudah terdownload dan pilih menu properties. Anda dapat melihat ekstensi dari file video tersebut pada kolom Type of File seperti pada gambar dibawah ini.

convert video

3. Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory (Untuk PC / Laptop)

  1. Pertama-tama anda buka Format Factory. Tidak punya? Anda bisa download terlebih dahulu disini. Untuk mengconvert video yang berformat AVI ke MP4, tinggal pilih -> MP4.Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory 1
  2. Untuk menambahkan video yang ingin diconvert, pilih Add File.Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory 2
  3. Pilih video yang diinginkan, kemudian pilih Open.Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory 3
  4. Setelah itu anda pilih OK.Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory 4
  5. Untuk memulai proses converting video dari AVI ke MP4, pilih Start. Lama tidaknya proses converting ini bergantung pada ukuran file video anda. Semakin besar ya semakin lama.Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory 5
  6. Berhasil, file video sudah berhasil diconvert ke MP4. Selanjutnya klik ikon folder, nanti diarahkan ke lokasi file video yang telah diconvert.Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory 6
  7. Berikut file video yang sudah berganti format ke MP4. Semua file yang berhasil diconvert dengan menggunakan Format Factory berada di folder Local Disk (C:) > FFOutput.Cara Convert AVI ke MP4 dengan Format Factory 7

Demikianlah cara mengubah AVI menjadi MP4 secara online atau menggunakan bantuan aplikasi converter seperti Format Factory. Saya pribadi lebih suka menggunakan Format Factory karena lebih kompleks dan praktis. Tergantung kebutuhan anda juga sih, anda lebih suka cara yang mana?

Leave a Reply

Send this to a friend