4 Cara Cek Pulsa Smartfren Melalui SMS, Dial-up Maupun Langsung Melalui Situs Resmi Smartfren!

Smartfren merupakan salah satu provider telepon seluler terbesar di Indonesia. Untuk menikmati fasilitas dan layanan yang disediakan Smartfren, Anda harus memastikan lebih dahulu sisa pulsa yang terdapat dalam kartu SIM Smartfren Anda.

Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang begitu bergantung pada smartphone. Jangan sampai Anda mati gaya hanya karena pulsa zonk. Jadi, rajin-rajinlah mengecek pulsa Smartfren Anda.

Cara Cek Pulsa Smartfren

Sebagaimana provider-provider seluler yang lain, Smartfren memfasilitasi para penggunanya dengan beberapa cara untuk mengecek pulsa. Berikut kita bahas bagaimana cara cek pulsa Smartfren.

1. Mengirimkan kode SMS “CEK” ke 999

Cara yang pertama, dengan mengirimkan kode SMS berupa 3 karakter “CEK” ke nomor 999 melalui SMS. Kita sering menyebutnya Layanan SMS, seperti yang kita dapati pada cara cek pulsa dan cek kuota data internet pada provider seluler lainnya. Layanan SMS ini tidak dikenakan pulsa sama sekali.  Berikut ini langkah-langkah cara cek pulsa Smartfren melalui SMS.

a)    buka aplikasi Message atau Pesan di smartphone Anda.

b)    ketikkan “CEK” tanpa tanda petik, kirim ke nomor 999.

cara cek pulsa smartfren

c)    tunggu beberapa saat, Anda akan menerima pesan balasan dari 999.

2. Dial-up menggunakan kode USSD *999#

Cara kedua, menggunakan aplikasi phone atau telepon pada smartphone Anda, lakukan dial-up ke nomor *999#. Panggilan ini tidak akan dikenakan pulsa alias gratis sebagaimana pada cek pulsa menggunakan SMS. Langkah-langkah cara cek pulsa Smartfren melalui Dial-up sebagai berikut.

a)    buka aplikasi Phone atau telepon di smartphone Anda.

b)    ketikkan nomor *999#, lalu lakukan panggilan dengan menekan ikon telepon.

cara cek pulsa smartfren dengan mudah

c)    tunggu beberapa saat, Anda akan menerima informasi mengenai kuota Smartfren Anda di layar smartphone.

cara cek pulsa smartfren di Android

3. Menggunakan aplikasi “mysmartfren” di smartphone Anda

Cara ketiga, menggunakan aplikasi mysmartfren. Aplikasi ini harus Anda download terlebih dahulu melalui Google Playstore. Pada kata kunci pencarian, ketikkan “mysmartfren” maka Anda dapat dengan mudah menemukannya. Setelah aplikasi ini terinstall, pastikan sisa kuota internet Smartfren Anda masih mencukupi.

Cara cek pulsa Smartfren melalui aplikasi ini cukup mudah/simple, begitu Anda membuka aplikasi ini, maka informasi pulsa Anda akan tampil di halaman awal aplikasi ini, juga sekaligus akan ditampilkan tambahan informasi tentang jumlah kuota internet yang Anda miliki. Di situ juga akan Anda dapati sisa pulsa pada keterangan “Remaining balance” dan masa aktif pulsa Anda pada keterangan “Balance valid until”.

cara cek pulsa smartfren 2018

4. Menggunakan fitur pada situs “my.smartfren.com”

Cara keempat, ini adalah cara yang agak rumit dibanding ketiga cara sebelumnya. Untuk menggunakan fitur pada situs my.smartfren.com, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Proses registrasinya bisa dikatakan cukup sulit. Bila Anda merasa kesulitan untuk login, Anda bisa meminta bantuan dengan mendatangi Galeri Smartfren di kota Anda.

Berikut cara cek kuota melalui situs resmi Smartfren.

a)    buka internet browser di komputer Anda (akan lebih mudah menggunakan komputer personal/laptop/PC daripada menggunakan smartphone), lalu ketikkan alamat “https://my.smartfren.com”, tekan Enter.

cara cek pulsa smartfren gsm

b)    kemudian masukkan username dan password untuk melakukan login. Bila Anda belum mempunyai akun, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan klik tombol “Daftar”. Isi data yang dibutuhkan untuk mendaftarkan akun Smartfren Anda.

c)    setelah berhasil login, Anda dapat mengakses akun Anda dan melihat informasi-informasi yang berkaitan dengan nomor Smartfren Anda, termasuk informasi dan keterangan mengenai sisa pulsa pada nomor Smartfren Anda.

Itulah beberapa cara cek pulsa smartfren yang bisa Anda coba sekarang juga. Pilih cara mana saja yang Anda sukai dan menurut Anda paling mudah untuk diterapkan. Selamat mencoba!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend