3 Cara Registrasi Kartu Smartfren untuk Pengguna Baru / Lama, Ternyata Mudah!

“Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 mewajibkan pelanggan melakukan registrasi nomor kartu prabayarnya dengan menyetor Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Baik NIK maupun Nomor KK terdiri atas 16 digit angka. NIK selalu tercatat pada Kartu Keluarga maupun Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).”

Sejak 31 Oktober 2017 lalu, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah mewajibkan seluruh pengguna kartu prabayar agar melakukan registrasi. Nomor lama yang belum teregistrasi akan kena sanksi pemblokiran. Sementara untuk nomor baru, maka nomornya tidak akan aktif. Pemblokiran yang dimaksud disini adalah pengguna tidak akan dapat melakukan panggilan atau mengirim SMS, tidak dapat menerima panggilan ataupun SMS, dan tidak dapat menggunakan fasilitas layanan data internet dari provider seluler yang dipakai.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi pengguna layanan seluler untuk melakukan registrasi. Registrasi umumnya dapat dilakukan dengan SMS, melalui situs resmi, atau dengan bantuan operator di gerai atau galeri provider. Begitu pula yang berlaku kepada para pengguna kartu prabayar Smartfren.

Menkominfo Rudiantara sebelumnya telah menjelaskan, terkait pembatasan registrasi ulang kartu prabayar yang memperbolehkan satu (1) data NIK dan nomor KK untuk tiga (3) SIM card.

Pengguna yang ingin mendaftarkan nomor ke-empat, maka harus melakukan registrasi langsung di galeri Smartfren dahulu, supaya terdokumentasi dengan jelas. Hal ini perlu dilakukan untuk kenyamanan serta keamanan pengguna supaya terhindar dari penipuan serta informasi yang tidak jelas.

Cara Registrasi Kartu Prabayar Smartfren

Berikut ini akan kita bahas tiga cara registrasi kartu Smartfren untuk nomor baru.

1. Registrasi melalui SMS ke nomor 4444

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menginputkan NIK dan nomor KK Anda dengan format sebagai berikut.

NIK#Nomor KK#

Contoh input teks kode sebelum dikirim ke nomor 4444.

1234567890123456#3201060411300279#

Setelah itu, kirimkan ke nomor tujuan 4444.

Tunggulah beberapa saat, Anda akan menerima konfirmasi dari nomor 4444.

2. Melalui situs registrasi resmi Smartfren

Untuk menggunakan fitur pada situs my.smartfren.com, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Berikut cara registrasi kartu Smartfren melalui situs resmi Smartfren.

buka internet browser di komputer Anda (akan lebih mudah menggunakan komputer personal/laptop/PC daripada menggunakan smartphone), lalu ketikkan alamat “mysf.id/reg”, tekan Enter.

Selanjutnya Anda akan ditujukan ke tautan “https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php

Cara Registrasi Kartu Smartfren

Di halaman tautan tersebut, lakukan langkah-langkah registrasi berikut ini.

  1. Input nomor telepon yang akan di-registrasi.
  2. Input nomor NIK atau bisa juga dengan meng-upload foto e-KTP.
  3. Pilih Jenis Verifikasi yang ingin digunakan
    • PUK (ada di bagian belakang kartu fisik Anda).
    • Kode aktivasi (di stiker di boks perangkat Anda).
    • SMS (kode verifikasi dikirim ke smartphone Anda).
  4. Input nomor KK atau dengan meng-upload foto KK.
  5. Input alamat email Anda.
  6. Input nomor seluler lainnya (jika ada, opsional).
  7. Klik tanda cek setuju pada Syarat dan ketentuan.
  8. Klik Lanjut.

Tunggu beberapa saat, setelah ini Anda akan menerima pesan konfirmasi dari provider bahwa nomor prabayar Smartfren Anda sudah teregistrasi.

3. Datang langsung ke galeri Smartfren, minta bantuan operator

Apabila sekiranya Anda merasa begitu kesulitan menggunakan kedua cara di atas mungkin karena terkendala sinyal jaringan lemah atau koneksi internet yang kurang lancar. Anda bisa gunakan cara registrasi kartu Smartfren yang terakhir, yaitu datang langsung galeri Smartfren terdekat di kota Anda, lalu meminta bantuan operator disana.

Leave a Reply

Send this to a friend