• Our Partners:

Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

9 Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital yang Harus Dipahami

Apa saja kelebihan dan kekurangan buku digital? Buku digital biasanya dinamakan sebagai buku elektronik yang bahasa kerennya disebut ebook.

Buku ini berbeda dengan buku konvensional dimana buku tersebut berbentuk perangkat lunak alias software yang mana Anda tidak bisa memegang dan membawanya langsung dengan tangan Anda. Namun Anda masih bisa membacanya dan menyimpannya melalui perangkat, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Hadirnya buku digital atau ebook memunculkan beragam kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini kami telah menyiapkan informasi penting seputar kelebihan dan kekurangan buku digital.

Kelebihan Buku Digital

1. Ringkas

Ringkas

Kelebihan pertama yan dimiliki oleh buku digital adalah buku ini lebih ringkas. Kita tahu bahwa ebook tidak memiliki bentuk fisik seperti buku pada umumnya yang tidak jarang membuat tas Anda berat sehingga berpengaruh pada punggung Anda. Berbeda dengan ketika menggunakan buku digital dimana mau seberapa banyak halaman pada buku tersebut, tetap saja buku ini tidak akan membuat Anda kesulitan membawanya.

Yang terpenting adalah smartphone Anda memiliki penyimpanan yang cukup untuk menyimpan buku ini. Maka tidak heran jika banyak orang yang sudah mulai beralih menggunakan ebook dibandingkan harus menggunakan buku asli.

2. Awet

Jika buku lain terkadang sudah mulai mengalami kerusakan ketika sering atau tidak digunakan, namun hal ini berbeda dengan buku digital. Buku digital akan tetap dan selamanya awet dibandingkan ketika Anda menggunakan buku konvensional yang terkenal mudah sobek. Namun perlu diperhatikan bahwa smartphone, komputer, maupun perangkat lain yang digunakan untuk menyimpan ebook harus bersih dari virus.

Buku digital Anda baru akan mengalami masalah pada saat media penyimpanan terkena virus yang berimbas pada rusaknya buku digital. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu membersihkan perangkat Anda tersebut dari virus.

3. Murah

Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Biaya yang harus Anda siapkan untuk membeli buku digital jauh lebih murah dibandingkan ketika membeli buku konvensional. Bahkan Anda bisa mendapatkan buku digital secara cuma-cuma alias gratis, sementara buku konvensional harus Anda dapatkan dengan mengeluarkan biaya ratusan. Pasalnya, ketika Anda hendak mendapatkan buku digital yang diinginkan maka Anda tinggal mendownload buku tersebut dan otomatis akan tersimpan.

4. Pengiriman cepat

Perlu diketahui bahwa meskipun buku digital bisa Anda daptkan secara gratis, namun tidak semuanya seperti itu. Ada beberapa buku digital yang memang tidak diperjualbelikan secara cuma-cuma. Anda harus mengeluarkan biaya tertentu baru bisa mendapatkan buku ini. Meskipun begitu, setelah Anda membelinya dan mengunduhnya, Anda tidak harus menunggu waktu lama untuk buku tersebut sampai.

Berbeda dengan buku konvensional dimana nanti Anda harus menunggu selama beberapa hari untuk buku tersebut sampai di tempat Anda. Bahkan meskipun Anda telah mengeluarkan uang untuk membelinya pun Anda tidak langsung mendapatkan buku tersebut.

5. Ramah lingkungan

Kelebihan Buku Digital

Kelebihan kelima yang dimiliki oleh buku digital adalah buku ini terkenal ramah lingkungan. Kita tahu bahwa setiap hari penggunaan kertas semakin mengalami peningkatan. Polusi kertas sudah terjadi dimana-dimana yang akan memberikan dampak negatif untuk lingkungan.

Berbeda dengan ketika menggunakan buku digital dimana Anda tidak perlu lagi khawatir akan polusi kertas. Anda tidak akan menggunakan dan bahkan membuang kertas lagi karena memang ebook tidak membutuhka kertas.

Kekurangan Buku Digital

Setelah membahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh buku digital, maka di bawah ini kami juga menyediakan informasi mengenai beberapa kelemahan yang dimilikinya. Namun jangan khawatir, kelemahan atau kekurangan dari buku digital tersebut tidaklah terlalu berdampak kepada Anda.

1. Tidak dapat dipegang

Kekurangan Buku Digital Adalah Tidak Bisa Dipegang

Namanya saja digital, maka masuk akal ketika kita tidak bisa memegangnya langsung dengan tangan kita. Namun Anda masih bisa memegangnya melalui smartphone Anda, itupun bukan berarti Anda bisa memegang buku tersebut secara langsung. Kekurangan seperti ini merupakan sesuatu yang dialami bagi Anda yang hobi mengoleksi buku fisik untuk Anda letakkan di lemari Anda.

Sebenarnya ada satu cara untuk bisa memegang buku tersebut. Anda harus mencetak atau memprint buku digital tersebut. Meskipun begitu, biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit, terlebih jika halamannya banyak dan ada beberapa halaman yang berwarna, kecuali jika Anda memiliki printer pribadi maka semuanya tidak masalah.

2. Ukuran hurufnya yang kecil

Kekeurangan kedua adalah ukuran huruf yang dimiliki oleh buku digital cenderung lebih kecil. Memang Anda bisa melakukan pengaturan terhadap ukuran huruf atau font pada ebook tersebut. Akan tetapi, hal ini malah mengurangi kenyamanan ketika Anda membaca buku tersebut di smartphone Anda dimana Anda harus beberapa kali menggeser layar untuk bisa membaca seluruh isi buku.

Artinya, Anda harus menggeser ke kiri dan kanan atau ke atas dan bawah ketika membaca buku tersebut. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan untuk membaca buku ini lebih lama dibandingkan ketika membaca menggunakan buku konvensional.

3. Cepat membuat mata lelah

Cepat membuat mata lelah

Keseringan memperhatikan layar smartphone kerap membuat mata kita lelah. Kebiasaan ini juga bisa berdampak pada kesehatan mata kita. Maka dari itu, Anda jangan terlalu sering atau terlalu lama memandang smartphone atau komputer meskipun untuk membaca buku.

4. Software yang tidak mendukung

Kebanyakan ebook yang kita gunakan berformat PDF. Namun tidak sedikit juga software tersebut yang malah memiliki format lain yang membuat smartphone kita terkadang tidak dapat membacanya. Akibatnya, ebook tersebut tidak dapat kita buka yang otomatis tidak dapat dibaca.

Maka dari itu, sebelum Anda mengunduh buku digital terutama yang berbayar, Anda harus pastikan format dari buku tersebut. Jika ternyata formatnya selain PDF, maka cobalah mencari informasi mengenai aplikasi apa yang bisa digunakan untuk membuka buku digital tersebut karena biasanya di  Play Store atau AppStore telah disediakan aplikasi yang khusus sebagai ebook reader.

Leave a Reply

Send this to a friend