• Our Partners:

Fungsi & Kegunaan Database Oracle 

8 Fungsi dan Kegunaan Database Oracle yang Perlu Diketahui

Kami yakin bahwa tidak semua orang yang familiar dengan istilah ‘database’. Padahal di era sekarang ini seluruh kehidupan kita hampir tidak akan bisa lepas dari yang namanya database.

Salah satu contohnya yakni ketika menggunakan penyimpanan yang ada di media sosial, data penduduk, penyimpanan data para nasabah, layanan kesehatan, layanan pemerintah, dan lain sebagainya akan selalu berkaitan dengan database. Lalu sebenarnya apa kegunaan databse oracle itu sendiri?

Sebelum membahas tentang kegunaan database oracle, maka Anda harus paham itu pengertian dari database. Database atau yang juga dinamakan sebagai basis data adalah sekumpulan data yang tersimpan secara rapi dan terstruktur sehingga dapat dengan mudah diakses untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Anda tinggal mencari data atau informasi yang Anda inginkan dengan mengetik perintah tertentu dan semua informasi tersebut sudah bisa Anda peroleh.

Fungsi & Kegunaan Database Oracle

Di bawah ini kami sudah menyiapkan beberapa kegunaan database yang perlu Anda ketahui:

1. Untuk manajemen sistem

Fungsi Database Oracle 

Kegunaan database yang pertama adalah untuk melakukan pengaturan terhadap manajemen sistem database itu sendiri. Hal bisa membuat pengguna database oracle dapat dengan mudah mengatur database tersebut sehingga nanti dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

2. Jumlah data yang harus dihandle cukup besar

Kegunaan kedua dari database oracle adalah untuk menghandle data dengan jumlah yang besar. Seperti awal berdirinya bahwa database ini berfungsi untuk mengontrol database dalam kapasitas yang sangat besar. Hal ini memberikan banyak manfaat untuk perusahaan-perusahaan besar maupun juga multicorporate yang hendak menggunakan database oracle.

Tidak perlu khawatir lagi terhadap data yang takut tidak bisa disimpan. Semua data yang dimiliki oleh perusahaan akan tersimpan aman dan akan tersimpan semuanya ketika menggunakan database oracle. Jadi, jadikan database yang satu ini sebagai pilihan pertama jika perusahaan Anda memang memiliki data yang sangat besar.

3. Pengolahan data yang akurat dan cepat

Pengolahan-data-yang-akurat-dan-cepat

Kegunaan database oracle yang ketiga adalah bisa membuat proses pengolahan data menjadi sangat cepat dan tentunya akurat. Database oracle memang sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu database yang mampu mengolah data dengan sangat cepat dan juga akurat. Yang terpenting adalah Anda yang merupakan seorang programmer atau user paham tentang bagaimana cara menggunakan database oracle dengan baik.

Jika Anda sudah paham, maka Anda benar-benar bisa memaksimalkan kemampuannya dalam hal mengolah data yang sangat cepat tanpa harus mengalami kesalahan yang dapat merugikan dan menyita waktu Anda untuk memperbaikinya. Selain itu, dikarenakan adanya tinffi yang berasal dari oracle, membuatnya bahkan bisa bekerja dengan sangat cepat melebihi kecepatan yang dimiliki oleh sistem DBMS lainnya.

4. Kemampuan dalam cluster server

Fungsi yang keempat dari database oracle yakni kemampuannya di dalam melakukan cluster server. Keunggulan inlah sebenarnya tidak dimiliki oleh jenis database DBMS yang lain. Dengan menggunakan database oracle, maka pengguna bisa mengimplementasikan manajemen basis data yang berasal dari berbagai server atau multi server. Dengan begitu, maka database oracle bisa dengan mudah dalam mengatur atau melakukan kontrol pada lebih dari satu server.

Misalnya, jika suatu instansi atau perusahaan mempunyai 50 server, maka database oracle akan dengan mudah mengatur dan mengolah semua data yang dimiliki oleh semua server tersebut tanpa harus mengalami permasalahan apapun. Ditambah lagi proses pengaturannya yang sangat cepat sehingga tidak perlu harus membuang waktu terlalu banyak.

5. Kemudahan dalam manajemen user

Fungsi & Kegunaan Database Oracle

Kegunaan database oracle bukan hanya untuk memudahkan dalam manajemen sistem, melainkan juga bisa digunakan untuk memudahkan manajemen user. Maksudnya hal ini berhubungan dengan pembatasan hak pada user itu sendiri. Semua yang ingin Anda atur berkaitan dengan hak user bisa Anda dapatkan di database oracle.

6. Termasuk multi-platform

Apakah Anda bahwa database oracle juga merupakan database yang bersifat multi-platform? Databse yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam jenis platform. Berbeda halnya ketika Anda menggunakan Microsoft SQL yang hanya support untuk Windows saja sehingga tidak bisa digunakan jika sistem operasi yang Anda gunakan adalah Linux, MacOS, dan lain sebagainya.

Jadi, untuk Anda yang servernya sudah menggunakan sistem operasi selian Windows, Anda tidak perlu khawtir atau bahkan sampai instal ulang. Anda tinggal menggunakan database oracle dan semua kebutuhan Anda yang berkaitan dengan database sudah bisa Anda lakukan.

7. Proses yang sangat cepat

Kegunaan Database Oracle 

Proses pengolahan yang begitu cepat juga menjadi keunggulan yang dimiliki oleh database oracle. Yang harus Anda tahu bahwa tidak semua database mampu memproses data atau informasi yang diberikan dengan sanga cepat. Namun ketika Anda menggunakan database oracle, maka data-data yang ingin Anda proses akan terselesaikan dalam waktu yang sangat cepat.

Dengan begini maka akan meningkatkan efisiensi dalam bekerja dan akan menekan biaya IT karena Anda tidak harus menunggu waktu yang lama maupun harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk melakukan proses ini.

8. Kemampuan flashback

Database oracle memiliki sebuah kemampuan lain yang jarang dimiliki oleh database jenis lain. Adapun kemampuan tersebut adalah kemampuan flashback. Flashback adalah sebuah kemampuan yang akan merestore ulang yang bisa digunakan ketika secara tidak sengaja database tersebut mengalami masalah atau error. Salah satu kondisi yang umum terjadi adalah mati listrik.

Pada saat Anda melakukan pengaturan database, maka data yang sudah Anda atur tersebut akan secara otomatis tersimpan sehingga meskipun nanti komputer Anda mengalami masalah atau bahkan sampai mati listrik, data-data yang sudah Anda simpan tersebut masih tetap bisa dimunculkan dengan adanya fitur flashback ini.

Leave a Reply

Send this to a friend