Kenali Perbedaan Data dan Informasi Menurut Karakteristiknya

Mendengar kata “data dan informasi” merupakan kata yang tidak asing lagi bagi kita. Karena data dan informasi merupakan suatu hal yang identik dengan komputer, laptop, android dan di kehidupan sehari-hari juga sering.

Namun jika ditanya sebenarnya data dan informasi itu apa ? apakah keduanya sama atau berbeda? Mungkin tidak banyak yang tahu ya mengenai hal tersebut.

Jangan khawatir karena artikel dibawah ini akan membahas mengenai pengertian data dan informasi serta perbedaannya. Jadi ayo di simak dengan baik ya!

Pengertian Data dan Informasi

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara data dan informasi terlebih dahulu dibahas mengenai pengertiannya dulu ya.

1. Pengertian Data

Perbedaan Data dan Informasi

Jika kamu pernah melakukan penelitian maka kamu sudah tiak asing lagi dengan kata data serta bagaimana cara untuk mengolah data tersebut menggunakan metode ataupun alat teknologi. Istilah data banyak ditemukan dalam beberapa bidang ilmu seperti statistic, komputer dan juga ekstakta.

Data merupakan fakta mentah atau rincian suatu peristiwa yang sama sekali belum pernah diolah/diubah (real), yang terkadang tidak bisa diterima oleh akal pikiran si penerima data. Oleh karena itu data tersebut harus diolah terlebih dahulu agar menjadi informasi sehingga dapat diterima dengan baik oleh si penerima.

Data bisa berupa angka, simbol, karakter, suara, gambar atau tanda-tanda yang bisa digunakan menjadi informasi. Suatu informasi bisa berubah fungsinya menjadi data, apabila informasi itu dipakai kembali dalam pengolahan sistem informasi selanjutnya. Pada dunia komputer data ialah segala sesuatu yang disimpan (save) dalam memori berdasarkan format tertentu.

Contoh data:

  • Kebakaran di pasar Moderm Bintaro
  • SMA 1 Medan menang olimpiade Science
  • Gempa terjadi di Padang
  • Tim sepakbola A menang

Nah, setelah melihat contoh dari data, maka dapat disimpulkan karakteristik atau ciri-ciri dari data:

  • Data terditi dari beberapa bentuk data tunggal, data yang disusun berdasarkan fakta suatu kejadian, baik dari wawancara ataupun observasi (pengamatan).
  • Data tidak mempunyai arti sebelum diolah dengan baik.
  • Belum bisa dijadikan bukti sah atau bukti kongkreat mengenai suatu peristiwa jika belum diolah dengan baik.

2. Pengertian Informasi

Perbedaan Data dan Informasi

Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang bisa diterima oleh akal pikiran si penerima informasi, sehingga bisa digunakan untuk mengambil suatu keputusan. Informasi bisa berupa hasil analisa, hasil gabungan, hasil penyimpulan dan hasil pengolahan dari sistem informasi komputerisasi.

Dalam melakukan pengolahan data agar menjadi informasi yang informative bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengolah data dengan menggunakan metode statistic (biasanya dipakai dalam ilmu sosial)
  • Mengolah data dengan melakukan analisa serta membandingkan antara teori dan fakta lain yang mendukung.
  • Mengolah data dengan menggunakan bantuan komputer (metode komputerisasi). Misalnya membuat suatu laporan, melakukan perhitungan dan lain-lain.

Contoh informasi:

  • Telah terjadi kebakaran di pasar Modern Bintaro pada hari Sabtu, 14 September 2019 pukul 19.42 WIB, api bisa di padamkan pukul 03.20 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut namun kerugian yang dialami oleh para pemilik toko mencapai miliaran rupiah. Penyebab kebakaran ialah akibat korsleting listrik.
  • SMA 1 Medan menang lomba olimpiade Science se ASIA di Kuala Lumpur pada tanggal 10 Agustus 2019.
  • Telah terjadi gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter di Padang pada pukul 17.16 WIB. Lokasi tepatnya di lepas pantai Sumatera Barat, sekitar 50 Km dari barat laut kota Padang.
  • Dalam pertandingan Piala Dunia FIFA 2018 yang diselenggaran di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, pada tanggal 15 Juli 2018, antar club sepakbola Prancis dan Kroasia berakhir dengan nilai skor 4:2 yang dimenangkan oleh Prancis.

Berdasarkan contoh informasi diatas, dapat disimpulkan karakteristik dan ciri-ciri dari informasi:

  • Merupakan data yang telah mengalami proses pengolahan dengan metode dan teknik tertentu.
  • Sudah bersifat informative, dan bermanfaat.
  • Mampu menjelaskan suatu informasi, menjawab hipotesis serta keyakinan terhadap suatu peristiwa.
  • Memerlukan kemampuan khusus dalam melakukan proses pengolahan data sehingga menghasilkan informasi, misalnya berpikir kritis, kemampuan menganalisa, kemampuan statistika, serta kemampuan dalam hal logika.

Perbedaan Data dan Informasi

1. Data lebih cenderung pada penjelasan singkat mengenai suatu peristiwa atau suatu gagasan peristiwa yang belum bisa menjelaskan secara jelas dan detail mengenai suatu peristiwa atau kegiatan, sehingga data tersebut tidak bisa digunakan dalam mengambil keputusan.

Sedangkan informasi sudah menjadi suatu gagasan yang bisa menjelskan secara jelas mengenai suatu peristiwa karena sudah diolah dari data yang diperoleh, sehingga informasi tersebut bisa dipakai untuk mengambil keputusan.

2. Data terkadang tidak bisa diterima oleh akal pikiran sehingga tidak bisa dipakai oleh si penerima, sedangkan informasi dapat diterima oleh akal pikiran dari si penerima dan sudah berguna sehingga bisa dipakai.

3. Data umumnya bersifat teknis dan mempunyai ruang lingkup yang detail, sedangkan informasi merupakan penjelasan yang bisa digunakan dlam mengambil keputusan. Contohnya: data penjualan pada sebuah restoran adalah suatu penjelasan yang bersifat mentah, sedangkan data informasi penjualan dalam periode tertentu misalnya perbulan, bisa digunakan oleh manajer untuk membuat keputusan selanjutnya.

4. Data bisa berbentuk angka, simbol, karakter, suara, gambar, rician, fakta, dan segala wawancara serta observasi terhadap suatu peristiwa. Sedangkan Informasi hasil analisa, hasil gabungan, hasil penyimpulan dan hasil pengolahan dari sistem informasi komputerisasi atau pengolah dengan berbagai macam teknik lainnya sehingga menjadi informasi yang bisa berguna.

5. Data secara umum tidak bisa dipahami oleh orang awam, sedangkan informasi lebih mudah dipahami tanpa perlu ditanyakan kepada orang lain.

Demikianlah isi artikel menganai perbedaan data dan informasi, semoga dengan membaca artikle ini kamu yang sebleumnya belum mengetahui perbedaan secara terperinci mengenai data dan informasi bisa menambah wawasan kamu ya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend