Kenali Pengertian SQL, Fungsi SQL Beserta Perintah-perintah Dasar pada SQL

Dalam dunia komputer saat ini pengelolaan database menjadi salah satu hal yang paling disoroti. Mengingat era kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat maka suatu database juga harus dikelola secara digital agar memberikan kemudahan dan semakin memberi rasa aman juga.

Beberapa software pengelola database juga mulai muncul seperti Microsoft Office Word, Excel, Acces dan masih banyak lagi. Selain software pengolahan data yang sudah kami sebutkan tadi terdapat juga tools pengelolaan database khusus yang banyak digunakan pada website. Namanya adalah SQL yang merupakan singkatan dari Structured Query Language.

Pada awalnya Bahasa ini belum dinamakan SQL, melainkan SEQUEL yang saat itu masih dalam bentuk penelitian oleh IBM sampai akhirnya diambil alih oleh Oracle Corporation. Bersama dengan naiknya kepopuleran Oracle, Bahasa SQL pun juga semakin banyak diminati dan terus mengalami perkembangan mengikuti trend kemajuan teknologi. Di artikel ini kami akan membahas lebih tuntas mengenai Bahasa SQL ini. Langsung saja ulasan lengkap mengenai pengertian SQL dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian SQL

pengertian SQL adalah

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa SQL adalah singkatan dari Structured Query Language. Dengan melihat kepanjangannya saja, maka sudah dapat disimpulkan bahwa definisi dari SQL itu sendiri adalah suatu Bahasa pemrograman khusus dalam sistem manajemen database yang menggunakan Query untuk menjalankan perintah – perintahnya. Maksud dari Query disini adalah instruksi – instruksi khusus dalam hal memanipulasi data. Dalam Microsoft Acces juga mengenal istilah Query namun dalam SQL keberadaan Query ini sangatlah penting karena memegang peranan utama dalam pengelolaan database anda.

Sebelumnya juga sempat dibahas bahwa Bahasa SQL ini semakin popular mengikuti perusahaan yang membawanya yakni Oracle Corporation, bahkan secara de facto sudah diakui oleh ANSI sebagai Bahasa pemrograman database dengan standar khusus. Berikutnya badan ISO juga ikut memberikan standar untuk SQL.

Fungsi SQL

fungsi SQLPada dasarnya istilah SQL pasti identik dengan yang namanya MySQL serta pengelolaan database pada website. Karena fungsi utama dari SQL memang menjadi Bahasa utama dalam pengelolaan database anda dan media yang paling banyak menggunakannya adalah pada website server. Mengingat statusnya sebagai Bahasa standard dalam manajemen basis data relasional maka tak mengherankan bahwa hampir di semua host server pasti menggunakan Bahasa SQL ini.

Biasanya pembelajaran SQL dapat diperoleh dalam pendidikan Informatika yang berbasis Bahasa pemrograman web, bersanding dengan HTML, CSS, PHP dan masih banyak lagi. Namun bagi anda yang mungkin masih awam mengenai query – query pada Bahasa SQL jangan khawatir karena pada versi saat ini sudah didukung dengan tampilan yang user-friendly sehingga mudah digunakan oleh semua kalangan. Anda hanya perlu memahami tujuan dalam pembuatan serta pengelolaan database anda serta instruksi – instruksi yang diperlukan.

Perintah Dasar Pada SQL

perintah SQL

Bahasa SQL merupakan Bahasa yang memberikan instruksi – instruksi khusus berbentuk query pada database anda. Pada dasarnya instruksi atau perintah dasar pada SQL dibedakan menjadi dua macam yakni DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language).

DDL merupakan suatu instruksi yang digunakan untuk mendefinisikan, menghapus serta mengubah yang ada pada basis data bisa saja pada database keseluruhan atau hanya di tabelnya saja. Sedangkan DML lebih digunakan pada data – data yang ada pada tabel, meliputi Create (membuat data), Read/Select (menampilkan data), Update (mengubah data) serta Delete (menghapus data).

Namun pada artikel ini kami akan lebih menitikberatkan pada perintah dasar DML (kecuali Create Database) karena penggunaannya yang lebih sering. Sebenarnya istilah pada DML ini lebih dikenal dengan nama CRUD (Create, Read, Update dan Delete) yang juga cukup populer dalam dunia developer web. Penjelasan mengenai keempat perintah dasar ini dapat anda simak dibawah ini :

1. Create

Satu – satunya perintah DDL yang kami jelaskan lebih rinci yakni perintah Create. Maksud dari Create disini adalah bisa saja membuat database baru atau tabel baru. Penulisan querynya hampir sama namun dibedakan pada definisi masing – masing. Perintah Create ini biasanya hanya digunakan oleh administrator basis data dan sangat jarang dimunculkan dalam website.

2. Read/Select

Fungsi dari perintah dasar CRUD yang pertama ini adalah untuk membaca atau menampilkan data yang ada saat ini. Biasanya wujud dari perintah Select ini adalah dalam bentuk tabel sesuai dengan kenyataan (terupdate setiap saat). Perintah Select ini merupakan salah satu perintah yang dapat dipakai oleh user umum.

3. Insert

Perintah dasar selanjutnya adalah Insert, fungsinya adalah untuk memasukkan atau menambahkan data baru pada tabel yang sudah dibuat sebelumnya. Perintah Insert ini biasanya diimplementasikan dalam bentuk Form pendaftaran atau bentuk Form lainnya. Sama halnya dengan Select, perintah Insert ini juga termasuk ke dalam perintah yang bisa dipakai oleh user umum.

4. Update

Perintah selanjutnya adalah Update, dan fungsi utama dari perintah ini adalah untuk mengubah data yang sudah ada. Bentuk implementasinya bisa dalam bentuk form ataupun pop up. Pada perintah ini juga biasanya didukung dengan perintah Select sehingga memudahkan anda untuk mengupdate data sesuai keinginan. Perintah Update ini juga termasuk kedalam perintah yang dapat diakses publik namun juga terkadang di website tertentu hanya bisa diakses oleh admin database.

5. Delete

Yang terakhir adalah perintah Delete, berfungsi untuk menghapus data yang sudah ada secara permanen. Sama halnya dengan Update, perintah Delete ini juga bisa diakses oleh user umum tapi terkadang juga hanya dapat diakses oleh admin database saja.

Itulah pengertian SQL beserta fungsi dan perintah dasarnya yang perlu anda ketahui. Dengan adanya bahasa SQL ini, kita dapat dengan mudah mengelola database dari suatu website atau aplikasi dengan menjalankan query. Perintah atau query yang paling umum digunakan adalah create, read, select, insert, delete dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Send this to a friend