Kumpulan Istilah-istilah Umum pada Database yang Wajib Anda Ketahui

Pernahkah Anda berpikir bagaimana sosial media, seperti facebook, instagram dan lainnya menyimpan begitu banyak data pengguna? menampilkan informasi dan status para pengguna ? Atau lebih sederhananya, Dimana data Anda tersimpan? Jawabannya adalah database. Nah, tahukah Anda apa itu database?

Database atau basis data merupakan kumpulan data yang tersimpan dalam komputer secara sistematis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Munculnya database dikarenakan informasi yang harus dicatat dengan jumlah yang sangat besar. Jika dilakukan secara manual atau menggunakan tenaga manusia maka akan memakan waktu yang cukup lama dibanding menggunakan database.

Istilah database tidak asing lagi didengar oleh kalangan mahasiswa atau orang yang berkecimpung di dunia komputer. Jika diibaratkan, database merupakan sebuah rak besar yang didalamnya tersusun banyak dokumen. Dokumen itu dapat disusun berdasarkan nomor yang mengidentifikasi letak dokumen tersebut atau berdasarkan kategori dokumen. Hal itu memudahkan Anda untuk menemukan dokumen tersebut.

Dalam artikel kali ini akan dijelaskan secara detail mengenai istilah-istilah yang umum digunakan dalam database. Dengan begitu, Anda tidak merasa asing lagi mendengar istilah table, query, field, insert, select, dan primary key. Langsung saja ke pembahasan dibawah ini.

Pengertian Database

istilah-istilah dalam database

Dalam sebuah sistem informasi, database menjadi salah satu komponen yang penting untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan pengguna. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa database atau biasa dikenal dengan basis data itu terdiri dari kumpulan banyak data yang dapat diolah atau dimanipulasi untuk menghasilkan sebuah informasi yang dibutuhkan.

Banyak perusahaan atau bidang kehidupan lainnya yang menggunakan database. Hal itu dikarenakan database menjadi sebuah media penyimpanan yang efektif. Selain itu, dengan menggunakan database dapat meminimalisir adanya duplikasi data. Duplikasi data dapat menyebabkan terjadinya ketidakkonsistenan dalam database. Sebagai contoh, data pegawai bisa juga terdapat pada bidang pelatihan atau lainnya. Jika terdapat data yang akan diperbarui misalnya alamat, maka otomatis data di kedua bidang tersebut tidak sama. Itulah yang menyebabkan ketidakkonsistenan pada data.

Istilah-istilah yang Umum pada Database

Dewasa ini, terdapat banyak jenis database untuk mengolah data. Yang paling umum digunakan yaitu Relasional Database. Dengan begitu, banyak istilah yang dikenal dalam struktur database. Berikut akan dijelaskan beberapa istilah yang sering digunakan.

gambar database

1. Table

Pada dasarnya, table itu terdiri dari kolom dan baris. Hal itu juga berlaku dalam database. Dalam database, table merupakan kumpulan elemen menggunakan model kolom vertikal dan baris yang horizontal. Kolom didefinisikan sebagai struktur table, baris dikatakan sebagai konten. Sebuah kolom dapat terdiri dari sejumlah baris. Dalam Relasional database model, kolom disebut dengan attribute, sedangkan baris disebut dengan tupple. Terdapat beberapa aturan dalam pembuatan struktur table dalam database, diantaranya sebagai berikut :

  • Penamaan table menggunakan kata objek yang sesuai dengan konten yang akan disimpan didalamnya.
  • Setiap table dalam database tidak boleh menggunakan kata yang sama agar tidak terjadi redundancy data.
  • Setiap table dalam database harus memiliki satu kolom yang unik yang berfungsi sebagai kunci primer (primary key).
  • Menggunakan huruf kecil untuk penamaan sebuah table dalam database.

2. Query

Bagi Anda yang berkecimpung didunia komputer mungkin tidak asing lagi mendengar istilah query. Query dapat didefinisikan sebagai kumpulan perintah yang digunakan untuk mengolah data dalam table ataupun database itu sendiri. Perintah tersebut secara umum berupa :

  • Create : Perintah untuk membuat database dan membuat table dalam database
  • Read : Perintah untuk menampilkan data yang berada dalam database
  • Update : perintah untuk memanipulasi data dalam database
  • Delete : Perintah untuk menghapus data dalam database

3. Field

Dalam membuat database, banyak orang yang keliru mengartikan field. Field memiliki definisi berbeda dengan attribute atau isitilah kolom dalam database. Field sendiri merupakan kumpulan karakter yang terdapat dalam suatu atribut yang menunjukkan atau menampilkan suatu item, seperti noMahasiswa, namaMahasiswa, tanggal_lahir dan jenisKelamin merupakan contoh dari field. Walaupun demikian, beberapa jenis database menyatukan pengertian field dengan atribut.

4. Record

Jika dilihat dari sudut bahasa, Record berarti rekaman. Dalam database, Record disebut juga dengan tuple merupakan kumpulan elemen-elemen dalam field yang saling berkaitan untuk memberikan informasi mengenai suatu entitas dengan lengkap. Entitas itu sendiri berupa orang, tempat, kejadian dan konsep. Contoh pada Tabel mahasiswa memiliki kumpulan data value berupa noMahasiswa, namaMahasiswa, tanggal_lahir dan jenisKelamin.

5. Insert

Insert berarti menyisipkan. Pada database, Insert merupakan salah satu perintah dalam SQL yang termasuk ke dalam DML (Data Manipulation Language) untuk menambahkan atau menyisipkan data kedalam suatu Table. Bentuk umum dari perintah Insert adalah sebagai berikut :

INSERT INTO namatabel (column1,column2,column3,…)
VALUES (value1,value2,value3,…);

6. Select

Dalam SQL, istilah Select digunakan sebagai perintah untuk menampilkan data table dari database, baik seluruh data ataupun hanya data yang kita butuhkan untuk ditampilkan. Secara umum, bentuk perintah select adalah

SELECT column_name,column_name
FROM table_name;

7. Primary Key

Sebelum membuat database, Anda harus memahami penggunaan atribut kunci yang digunakan, salah satunya Primary Key. Sesuai dengan namanya, Primary Key (Kunci Primer) merupakan suatu aturan untuk memastikan keunikan dari setiap baris yang terdapat dalam Table. Hal itu untuk membedakan baris yang satu dengan baris yang lainnya. Sebagai contoh, dalam table Mahasiswa, kunci primer yang digunakan adalah noMahasiswa. Hal itu karena mahasiswa dapat dibedakan berdasarkan nomor yang diberikan.

Demikianlah penjelasan mengenai istilah-istilah umum yang sering didengar dalam pembuatan database atau basis data. Dengan begitu, Anda dapat memahami definisi dari masing-masing istilah tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend