Pengertian MySQL Beserta Fungsi dan Sejarah Terbentuknya MySQL Secara Lengkap

Salah satu hal yang paling menjadi sorotan dalam dunia komputer saat ini adalah pengelolaan database. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai tools pengelolaan database anda harus memahami apa yang dimaksud dengan database, dan seberapa pentingnya bagi kelangsungan manusia di era modern saat ini.

Suatu database merupakan kumpulan data – data yang dikemas secara rapi dan terstruktur dalam suatu komputer serta dapat diolah menggunakan suatu tools atau software khusus untuk memperoleh informasi. Kebutuhan akan informasi inilah yang menjadikan pengelolaan database menjadi sangatlah penting.

Salah satu tools pengelola database adalah dengan menggunakan MySQL. Bagi orang – orang yang berkecimpung dan menekuni dunia IT atau Informatika mungkin tidak merasa asing dengan hal ini. Namun beda halnya dengan masyarakat awam yang mungkin lebih merasa familiar dengan Microsoft Acces dalam hal pengelolaan database. Di artikel kali ini kami akan mengulas lebih tuntas mengenai tools yang bernama MySQL ini. Langsung saja anda dapat menyimak ulasan mengenai pengertian MySQL dibawah ini :

Pengertian MySQL

pengertian MySQL

Sebelum membahas MySQL anda harus memahami terlebih dahulu mengenai SQL atau biasa disebut Structured Query Language. Dari namanya sudah cukup jelas bahwa pada dasarnya MySQL ataupun SQL merupakan suatu tools yang menggunakan bahasa khusus. Inilah sebabnya hanya orang – orang yang berkecimpung dalam dunia IT yang cukup familiar dengan tools ini.

Istilah SQL dapat diartikan sebagai suatu bahasa yang digunakan untuk mengakses suatu data dalam database relasional dan terstruktur sedangkan MySQL dalam hal ini menjadi software atau tools untuk mengelola atau memanajemen SQL dengan menggunakan Query atau Bahasa khusus. Pada dasarnya database yang dikelola dalam MySQL memang tidak jauh berbeda dari Microsoft Acces yakni berbentuk tabel – tabel yang berisi informasi tertentu. Perbedaannya terletak pada penggunaan serta pengelolaan database tersebut.

MySQL ini tergolong suatu software yang open source dan berlisensi GPL atau General Public License. Lisensi GPL ini hanya ditujukan pada perangkat lunak tertentu untuk keperluan proyek GNU, inilah yang menjadi faktor banyaknya pengguna MySQL di seluruh dunia. Selain mudah digunakan, anda dapat mengelola data dengan lebih efektif karena menggunakan script atau Bahasa tertentu dan secara otomatis akan menjadi perintah ke sistem.

Sejarah MySQL

sejarah MySQL

Sebagai suatu software pengelola database tentunya MySQL ini didirikan oleh suatu lembaga atau perusahaan khusus. Perusahaan itu adalah Oracle yang memang menjadi salah satu perusahaan pengelola software terbesar di dunia. Pada awalnya seorang programmer komputer asal negeri Swedia yang bernama Michael “Monty” Widenius mengembangkan suatu sistem database sederhana yang bernama UNIREG. Pada awalnya tools ini menggunakan low level database engine dengan indexing. Michael “Monty” Widenius juga masih bekerja pada salah satu perusahaan di Swedia yang bernama TcX.

Dan pada tahun 1994 TcX mulai menaruh minat pada proyek Monty ini dan berencana menjadikan UNIREG sebagai sistem database untuk proyek web yang mereka jalankan. Namun sayangnya UNIREG ini dianggap tidak terlalu cocok untuk database yang dinamis seperti web sehingga pada akhirnya TcX mencari alternatif lain yakni mSQL (mini SQL) yang dikembangkan David Hughes. Namun lagi – lagi ditemukan masalah sendiri pada mSQL yakni karena sistem yang digunakan tidak mendukung indexing sehingga dianggap kurang bagus.

Dan pada akhirnya timbul kerjasama antara Michael “Monty” Widenius, David Hughes dan Tcx untuk mengembangkan sistem database lebih lanjut lagi, dan pada tahun 1995 dirilis suatu tools pengelolaan database baru yang bernama MySQL. Inilah cikal bakal perkembangan MySQL sebagai salah satu pengelola database terbaik. Karena sifatnya yang open source maka beberapa perusahaan pernah mengembangkan MySQL sampai akhirnya pada saat ini dikelola langsung oleh suatu perusahaan bernama Oracle.

Fungsi MySQL

fungsi MySQL

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa secara garis besar MySQL digunakan untuk membuat dan mengelola suatu database secara terstruktur dan otomatis menggunakan suatu Bahasa khusus. Namun lebih jelasnya lagi MySQL ini memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengelola suatu data yang berisi informasi secara String (text based) dan dapat diakses secara pribadi maupun untuk umum dalam suatu web. Hampir semua host atau penyedia server web memberikan fasilitas MySQL untuk para developer web yang menginginkan pengelolaan database di websitenya.

Dalam dunia website, bentuk interface atau tatap muka untuk MySQL ini sering disebut dengan phpMyAdmin. Inilah yang menjadi salah satu faktor adanya keterkaitan antara Bahasa PHP dengan MySQL terutama dalam hal pengelolaan web. Beberapa contoh penerapan MySQL juga dapat dijumpai pada E-Commerce, situs Blog ataupun suatu CMS (WordPress, Joomla, dan lain – lain).

Kemampuan dari MySQL

Sebagai suatu pengelola database terbesar dan paling banyak digunakan tentunya MySQL ini memiliki fitur atau kapabilitas tertentu. Salah satu yang paling dicari oleh para pengguna MySQL adalah kemampuannya yang multi-platform dan berlisensi GPL, sehingga dapat digunakan oleh komputer hampir di semua OS. Kinerjanya juga dianggap cukup tinggi dalam hal memproses query – query yang ada meskipun masih terbatas pada database dalam jumlah tertentu.

Beberapa fitur lain yang ada pada MySQL saat ini tersedianya tipe data yang sangat beragam seperti Float, Double, Char, Date dan lain – lain. MySQL juga mendukung penggunaan field sebagai index serta memiliki tingkat keamanan yang cukup bagus dengan adanya Subnetmask, nama Host serta sandi yang terenkripsi.

Dengan adanya penjelasan mengenai pengertian MySQL di atas, diharapkan bagi anda agar lebih paham mengenai fungsi dan sejarah terbentuknya software ini. Fungsi utama dari MySQL adalah untuk mengelola database SQL, seperti misalnya menambahkan atau menghapus tabel pada database SQL.

Leave a Reply

Send this to a friend