Perbedaan SQL dan MySQL

Apa Perbedaan SQL dan MySQL dalam Database? Yuk Disimak!

Dalam dunia aplikasi maupun web modern, database yang memiliki fungsi dan peran yang penting. Ini dikarenakan pengembangan web itu lebih dinamis, bahkan aplikasi yang masih belum sempurna membutuhkan berbagai mekanisme. Misalnya menyimpan dan mengambil kembali serta memodifikasi data. Semakin meningkatnya kebutuhan dari database, maka Relational Database Management System atau RDBMS semakin bertambah popularitasnya.

Kedua sistem tersebut ialah SQL dan MySQL, dimana kedua sistem ini memiliki memiliki kesamaan pada fungsinya. Namun tetap saja kedua sistem ini berbeda, karena tujuan dan cara penggunaannya sangatlah berbeda.

Bahkan SQL dan MySQL menjalankan tugas dan tanggungjawab yang berbeda. Bagi anda yang ingin mencari tahu perbedaan dari SQL dan MySQL, anda bisa baca ulasan yang sudah disusun oleh kami, seperti dibawah ini.

Apa Itu SQL?

SQL Server merupakan database yang dikeluarkan terlebih dahulu jika dibandingkan dengan MySQL. SQL Server (Structured Query Language Server) adalah salah satu bahasa yang dipakai pada akses data dalam bentuk data relasional. SQL merupakan bahasa yang standar untuk digunakan pada manajemen yang berbasis data relasional. Hampir setiap server yang berbasis data mendukung bahasa tersebut sehingga datanya dapat dilakukan manajemen.

Apa Itu MySQL?

MySQL adalah salah satu database yang memiliki sifat open-source dan masih ada sampai pada saat ini. Hal yang paling menarik dari MySQL adalah berbagai perusahan starup masih menggunakannya. Pada umumnya MySQL ini dapat digunakan secara bersamaan dengan PHP serta Apache Web Server dalam distribusi linux. Kemudian ini mengacu pada istilah LAMP atau Linux, Apache MySQL PHP.

Jadi, Apa Perbedaan SQL dan MySQL?

Perbedaan SQL dan MySQL

Jadi, apa perbedaan dari kedua sistem tersebut, yakni SQL Server dan MySQL. Nah bagi anda yang ingin melihat perbedaannya, mungkin anda adalah orang yang paling beruntung ketika berada disini. Ini dikarenakan pembahasan yang ada dibawah ini merupakan perbedaan dari kedua sistem, yaitu SQL Server maupun MySQL. Simak ulasan yang berikut ini.

A. Environment

SQL Server dijalankan bersama dengan .NET, sementara MySQL dipasangkan pada bahasa pemrograman yang lainnya (seringkali PHP). Pada umumnya SQL Server hanya bisa hanya bisa dijalankan pada Windows, tetapi sekarang ini Microsoft mengizinkan SQL Server untuk digunakan pada Linux.

Namun sama saja SQL Server tidak bisa digunakan dengan sembarang orang di Linux, karena Linux merupakan sistem operasi yang cuku sulit untuk digunakan. Maka dari itu kami sarankan untuk menggunakan SQL Server pada Windows dan MySQL pada Linux.

B. Syntax

Perlu diperhatikan kalau Syntax menjadi sebuah perbedaan yang besar untuk SQL Server dan MySQL. Penguasaan terhadap pengaturan Syntax dapat mempengaruhi anda pada saat ingin memilih apakah SQL atau MySQL yang lebih nyaman untuk dipake.

C. RDBMS

Microsoft memberikan tool tambahan pada SQL Server dengan menggabungkan RDbMS dan termasuk didalamnya tool untuk analisis data. Selain itu SQL Server menyediakan reporting server dan tool ETL, itulah yang membuat SQL Server menjadi istimewa dengan RDBMS yang mumpuni. Tak hanya SQL Server saja, MySQL kelihatan istimewa pada RDBMS, namun anda perlu pihak ketiga dimana ini bukan solusi yang tepat.

D. Pembatalan Query

Sebagian besar orang tidak mengetahui, apabila pembatalan query termasuk perbedaan antara SQL Server dengan MySQL. Pada MySQL tidak bisa melakukan pembatalan query mid-execution. Ini bertanda pada saat perintah sudah dijalankan, dengan begitu anda hanya cukup berharap kerusakan dan juga eror sehingga bisa diperbaiki atau dipulihkan.

Sedangkan pada SQL Server anda bisa membatalkan query mid-execution, walaupun proses sedang berjalan. Perbedaan yang seperti menjadi suatu hal yang paling menjengkelkan bagi para pengguna database. Sementara developer, ini menjadi perbedaan yang tidak bermasalah ketika membatalkan query, apalagi proses sedang berjalan.

E. Mesin Penyimpanan

Dalam soal penyimpanan, SQL Server memiliki storage engine tentu saja ini sangat kontras bersama multiple engines untuk diaktifkan pada MySQL.  Dengan begitu MySQL akan menjadi lebih leluasa dan bebas, disebabkan mereka bisa menggunakan engine dengan berbeda pada berbagai tabel.

Hal ini berdasarkan pada keandalan dan kecepatan serta hal-hal yang lainnya. Sementara pada MySQL dimana mesin penyimpanan yang terpopuler adalah InnoDB, walaupun lambat namun bisa diandalkan. MyISAM merupakan mesin penyimpanan yang lainnya dari MySQL.

F. Keamanan

Dalam soal keamanan dua-duanya memiliki EC2 Compliant, jadi anda tidak perlu bingung untuk memilih apakah SQL Server atau MySQL. Apabila faktor keamanan menjadi sebuah pertimbangan antara SQL Server dengan MySQL, maka anda dapat menggunakan kedua-duanya.

G. Harga

Pada poin yang satu ini, kami sarankan untuk menggunakan MySQL. Disebabkan dengan adanya MySQL maka anda bisa menjalankan sebuah sistem database di SQL Server.

Microsoft menyediakan lisensi yang berbasis gratis, namun hal ini hanya untuk sebuah jembatan sehingga bisa mengenal lebih dalam tentang RDbMS. Ini karena adanya GNU (General Public Licence) yang sungguh-sungguh gratis. Perli diingatkan bagia anda yang sedang membutuhkan bantuan pada MySQL, dengan begitu anda harus membelinya.

H. Community Support

Walaupun anda dituntut untuk membeli pendukung MySQL, namun community support menawarkan hal-hal yang menarik bagi anda. Jarang mendapatkan kerusakan dan jarang terjadi eror serta banyak panduan, bantuan dan tutorial yang resmi. Tentu saja MySQL sangat membantu dalam mengatasi kendala atau masalah yang dihadapi.

I. IDE

Kedua sistem ini sangat mendukung IDE (Integrated Development Environment dengan menawarkan Environment yang lebih kohesif pada pengembangan.

MySQL sangat bermanfaat pada Enterprise Manager yang berasal dari Oracle, sementara SQL Server memiliki Management Studio. Perbedaan SQL dan MySQL bisa membuat anda merasa bingung. Maka dari itu, anda harus mengetahui betul terhadap kedua sistem tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend