Apa itu Auto Increment

Apa itu Auto Increment? Mengenal Pengertian Auto Increment

Apa itu Auto Increment? Kebanyakan orang mungkin belum pernah mendengar istilah ini. Memang istilah tersebut tidak bersifat umum dan hanya dipahami oleh mereka yang sudah lama terjun di dunia database.

Bahkan istilah ini kemungkinan masih belum terlalu familiar  oleh mereka yang baru belajar seputar database. Istilah Auto Increment biasanya Anda temukan ketika membuat tabel pada beberapa aplikasi database seperti MySQL.

Kita tahu bahwa MySQL merupakan salah satu aplikasi databse yang sangat populer. Berkaitan dengan Auto Increment, di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang pengertian, fungsi, dan beberapa informasi lain yang berhubungan dengannya.

Pengertian Auto Increment

Auto Increment merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam database. Fitur ini membantu pengguna untuk bisa membuat sebuah angka yang unik yang dapat dihasilkan secara otomatis serta berurutan terhadap setiap catatan atau rekor yang akan dimasukkan atau diinput ke tabel pada database tersebut. Mayoritas orang yang menggunakan angka unik tersebut adalah untuk keperluan Primary Key atau kunci utama di dalam tabel tersebut.

Contohnya yaitu terdapat sebuah tabel yang memiliki nama AutoIncrement. Di dalam tabel tersebut terdapat beberapa kolom atau struktur id, alamat, nama, serta tanggal lahir. Di dalam struktur tersebut, untuk nama yang dapat dijadikan sebagai Auto Increment sudah tentu yaitu id. Hal ini karena id nantinya akan digunakan sebagai INT atau Integer atau angka.

Fungsi Auto Increment

Lalu apa fungsi dari fitur Auto Increment? Fungsi Auto Increment adalah untuk mengurutkan angka mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Selain itu, angka-angka tersebut juga tidak perlu diisi secara manual pada saat Anda memasukkan atau menginputnya ke dalam tabel.

Jadi, ketika Anda ingin memasukkan data ke dalam tabel, maka yang Anda perlu masukkan hanya nama, alamat, dan juga tanggal lahir. Biarkan kolom id tersebut kososng karena kolom inilah yang nanti secara otomatis membuat angka unik tersusun dari angka sebelumnya.

Namun jika Anda ingin menentukan angka tersebut secara manual juga bisa. Anda hanya perlu memasukkan angka pada kolom id sesuai angka yang Anda inginkan. Angka yang Anda masukkan tetap akan menjadi id untuk kolom id yang ada di dalam tabel tersebut.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai Auto Increment. Fitur ini bisa Anda gunakan ketika membuat tabel menggunakan aplikasi MySQL atau phpMyAdmin. Namun Anda juga bisa membuat tabel lalu mengaktifkan fitur Auto Increment ketika menggunakan sistem database yang lainnya. Hanya saja, biasanya akan ada beberapa perbedaan di dalam pembuatan tabel tersebut meskipun mungkin perbedaan itu tidak membuat Anda terlalu mengalami kesulitan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend