Pengertian phpMyAdmin Beserta Fungsi dan Fitur-fitur phpMyAdmin yang Perlu Anda Ketahui

Dalam era komputerisasi global saat ini salah satu yang paling menjadi adalah pengelolaan database. Kita sama – sama mengetahui bahwa suatu database merupakan kumpulan data – data yang dikemas secara rapi dan terstruktur. Dan dengan menggunakan media komputer melalui tools atau software khusus pengelolaan database tentunya akan lebih efektif dan informasi yang diperoleh juga lebih tertata. Kebutuhan akan informasi juga menjadi hal yang paling dicari saat ini, sehingga wajar kaluar pemanfaatan software untuk pengelolaan database juga harus dioptimalkan.

Salah satu media pengelolaan database modern adalah dengan menggunakan MySQL dan salah satu software yang paling sering digunakan yakni phpMyAdmin. Bagi mereka yang memang berkecimpung dalam dunia pengelolaan database khususnya bidang web pasti akan familiar dengan software ini.

Bisa dibilang phpMyAdmin ini adalah sebagai wadah sehingga memegang peran paling penting. Di artikel kali ini kami akan mengulas lebih tuntas mengenai software phpMyAdmin ini. Ulasan lebih lengkapnya dapat anda simak dengan membaca artikel mengenai pengertian phpMyAdmin dibawah ini :

Pengertian phpMyAdmin

pengertian phpMyAdmin adalah

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa phpMyAdmin merupakan salah satu software penting dalam pengelolaan database dengan menggunakan MySQL (Bahasa SQL). Sesuai dengan namanya phpMyAdmin ini ditulis dalam Bahasa pemrograman PHP. Sempat dibahas juga bahwa phpMyAdmin khusus menangani pengelolaan database dalam lingkup website (World Wide Web). Sama halnya dengan MySQL, software yang rilis perdana pada tahu 1998 ini juga berlisensi GNU (General Public License) dan sudah mensupport mutilingual (multi bahasa) dalam user interfacenya.

Software phpMyAdmin ini tergolong software dasar sehingga sangat cocok digunakan bagi para pemula yang ingin menekuni pengelolaan database dalam web server. Dengan sifatnya yang open source serta cross platform (dapat beroperasi di semua perangkat) tentunya menjadi keunggulan tersendiri bagi phpMyAdmin, sehingga sangat wajar bahwa mereka yang masih belajar bisa mengoperasikannya.

Hampir di semua web server juga mensupport penggunaan phpMyAdmin, selain itu dalam kondisi offline pun anda juga dapat mengoperasikannya. Cukup dibantu software simulasi semacam XAMPP dan dengan menuliskan url “localhost/phpmyadmin” maka anda sudah bisa mengelola database dengan menggunakan software phpMyAdmin.

Fungsi phpMyAdmin

fungsi phpMyAdmin

Tampilan Login phpMyAdmin

Kegiatan pengelolaan database tentunya membutuhkan software yang memiliki efisiensi dan tentu saja mampu menangani banyaknya data yang tersimpan dalam suatu memori. Apalagi untuk database web seringkali banyak pihak yang mengeluh karena perlunya koneksi internet untuk menghandle pengelolaan dasar database seperti membuat tabel. Namun jika anda menggunakan phpMyAdmin, semua kesulitan diatas pasti dapat teratasi. Hal ini dikarenakan fungsi dari phpMyAdmin yang mampu memberikan efisiensi bagi para developer web karena semua perintah atau command yang biasanya dituliskan dalam Bahasa SQL sudah tersedia. Anda hanya perlu mengcopy dan menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Selain itu software phpMyAdmin juga tersedia dalam versi offline atau localhost sehingga akan lebih efektif daripada harus memulai membuat database langsung pada web server. Ada fasilitas import yang dapat anda manfaatkan untuk membuat database dengan ekstensi (.sql) pada versi offline lalu kemudian tinggal di pindahkan ke versi web. Biasanya terdapat sedikit perubahan nama database saja mengikuti kebijakan pihak penyedia server.

Selain pembuatan database dan tabel anda juga bisa melakukan aktivitas dasar seperti insert data, menghapus data, edit value pada tabel serta mengubah data yang sudah ada sebelumnya. Penentuan primary dan foreign key juga bisa dilakukan pada salah satu field tabel. Selain itu kegiatan relasi data pada beberapa tabel juga dapat dilakukan.

Fitur – fitur phpMyAdmin

fitur-fitur phpMyAdmin

Tampilan Halaman phpMyAdmin

Sebelumnya sudah sempat dijelaskan bahwa fungsi dari phpMyAdmin sangatlah penting terutama dalam bidang pengelolaan database web. Namun anda juga wajib mengetahui fitur – fitur lain atau keunggulan yang dapat anda peroleh seiring berkembangnya phpMyAdmin hingga sekarang ini. Di bawah ini kami akan sedikit menjelaskan fitur – fitur dari phpMyAdmin yakni sebagai berikut :

  1. Antarmuka berbasis web disediakan bagi para pengguna phpMyAdmin. Support pada MySQL juga terus dilakukan dengan adanya fasilitas otomatis untuk membuat atau menghapus basisdata dan tabel, edit value pada tabel, serta insert data juga lebih mudah dilakukan satu persatu atau jamak. Tidak lupa juga terdapat alert sebagai identifikasi bahwa kegiatan pengelolaan database yang anda lakukan sudah benar atau tidak.
  2. Impor dan ekspor data. Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa anda dapat melakukan kegiatan impor ekspor file database dengan ekstensi khusus (.sql). Namun ternyata selain itu kegiatan impor dan ekspor juga bisa dilakukan dengan ekstensi CSV, XML, ISO, Spreadsheet, Word, Excel, Lateks dan masih banyak lagi.
  3. Dalam pembuatan database seringkali juga di implementasikan ke dalam bentuk grafik, dan anda dapat menyimpan grafik tersebut dalam format PDF agar dapat dianalisa lebih lanjut.
  4. Pembuatan kompleks Query juga bisa bisa dilakukan dengan fitur seperti Query By Example yang ada dalam software phpMyAdmin.
  5. Wujud dari transformasi atau perubahan data dapat disimpan menjadi format yang menggunakan satu set fungsi, seperti menampilkan blok data atau seperti download link. Pencarian data juga dapat dilakukan secara global atau menyeluruh.

Demikian artikel mengenai pengertian phpMyAdmin beserta fungsi utama serta fitur – fitur tambahan yang bisa anda dapatkan. Dengan pemahaman terhadap MySQL di phpMyAdmin maka pengelolaan database dapat dilakukan. Namun bagi anda yang baru belajar tidak perlu kuatir karena phpMyAdmin menyediakan berbagai kemudahan terutama bagi mereka yang masih asing tergadap Bahasa SQL.

3 Comments

  1. Avatar re
  2. Avatar Dysa

Leave a Reply

Send this to a friend