Pengertian CMS Beserta Fungsi dan Macam-macam CMS yang Perlu Anda Ketahui

Di zaman yang semakin modern saat ini kebutuhan untuk mengelola web semakin menjadi prioritas utama. Dengan adanya web tidak hanya menjadi peluang bisnis saja namun juga menjadi sarana promosi marketing, pembelajaran atau bahkan sekedar hobi (blogging). Kemunculan blog juga menjadi faktor utama semakin meluasnya penggunaan web di masyarakat. Hal ini dikarenakan pihak pengelola web tidak diharuskan menguasai dan menuliskan coding – coding secara keseluruhan dimana terdapat setidaknya ratusan baris hanya dalam satu tampilan saja. Karena dianggap terlalu lama maka muncullah sebuah teknologi bernama blog dan CMS.

Istilah website, blog dan CMS sebenarnya saling berkaitan. Dalam pembuatan website anda diharuskan menguasai bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, PHP dan lain – lain karena dibuat secara keseluruhan. Sedangkan dengan blog anda akan difasilitasi template langsung jadi beserta pengelolaannya (administrator) sehingga tidak memerlukan ketrampilan khusus dalam pemrograman web.

Dalam CMS atau Content Management System bisa dibilang sama seperti website namun dalam hal pengelolaannya lebih mirip dengan blog. Jadi bisa dibilang CMS ini merupakan gabungan dari 2 teknologi tersebut yakni website dan blog. Untuk dapat mengelola CMS ini anda tidak diharuskan menguasai coding namun hal itu juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Pengertian CMS

pengertian cms adalah

Istilah CMS (Content Management System) pada dasarnya merupakan suatu software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan memanipulasi suatu web. Namun di CMS ini anda sebagai pihak pengelola tidak diwajibkan menguasai bahasa pemrograman web karena sudah tersedia berbagai macam tools atau pilihan. Anda hanya perlu memahami dasar – dasar website serta mendalami konten yang akan anda publikasikan. Terdapat 2 macam elemen dalam CMS dengan fungsinya masing – masing, yakni :

  • CMA (Content Management Application)
  • CDA (Content Delivery Application)

Dalam Content Management Aplications anda diberikan fasilitas untuk mengolah atau manajemen konten. Sedangkan untuk Content Delivery Application anda dapat memperbaharui suatu situs web dengan menggunakan atau informasi – informasi yang sebelumnya telah digunakan pemiliknya. Dari sekian banyaknya CMS mungkin yang paling sering anda dengar adalah WordPress.

Fungsi CMS

fungsi cms

Salah satu hal yang paling dicari dari CMS adalah kemudahan yang ditawarkan. Sebagai pihak pengelola web anda tidak akan dipusingkan dengan yang namanya coding. Bagi anda yang memang seorang programmer web juga tidak ada salahnya menggunakan CMS ini apabila target atau jangka waktu yang dibutuhkan pendek. Hal itu dikarenakan selain lebih mudah anda juga tidak membuat web mulai dari awal sehingga lebih efisien namun tetap tidak kalah dari web yang dibuat secara manual.

Selain memberi kemudahan dan efisiensi, fungsi lain dari CMS adalah dapat menjaga kualitas design web anda. Dengan tampilan yang bagus tentunya akan menjadi poin tersendiri dalam suatu web dan mampu menarik pengunjung tentunya. Jika pada umumnya sebuah website tidak menyediakan administrator sebagai sarana pengelolaan web maka beda halnya dengan CMS, salah satunya adalah WordPress admin yang cukup populer sampai saat ini.

Macam – macam CMS

macam macam cms itu

Saat ini tersedia kurang lebih 42 CMS dengan berbagai macam tampilan dan fungsi yang berbeda – beda. Mulai dari yang paling sering digunakan seperti WordPress, Joomla, Prestashop, Vbulletin dan masih banyak lagi. Dibawah ini kami akan menjelaskan 6 CMS yang cukup populer di Indonesia, yakni sebagai berikut :

  1. WordPress, CMS jenis ini merupakan yang terbaik dan paling sering digunakan hingga saat ini. Perangkat lunak ini bersifat open source atau sumber terbuka dan menggunakan bahasa PHP serta pengelolaan database menggunakan MySQL. WordPress ini banyak digunakan sebagai CMS (Content Management System) untuk mengelola personal blog ataupun blog suatu perusahaan. Sebagai suatu blog, WordPress ini dianggap memiliki responsible kuat terhadap mesin pencari Google.
  2. Drupal, sama halnya dengan WordPress perangkat lunak yang satu ini juga bersifat open source dan sampai saat ini sudah ada ribuan komunitas atau pengembang web di seluruh dunia yang mengembangkan dan merawatnya. CMS ini menggunakan lisensi GPL. Dibangun dengan menggunakan bahasa PHP, Drupal ini juga dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB dan lain – lain.
  3. Joomla, CMS ini juga memakai lisensi GPL dan juga bersifat Open Source sehingga dapat mengalami pengembangan yang dilakukan oleh berbagai pihak komunitas ataupun pengembang web. Perangkat lunak Joomla ini juga dibangun menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. Berbagai fitur menarik ditawarkan seperti sistem cache untuk meningkatkan performa, RSS, blogs dan lain – lain.
  4. Prestashop, sesuai dengan namanya CMS ini memang lebih dicocok digunakan sebagai suatu web berbasis toko online (e-commerce). Kehadiran toko online ini memang mengalami perkembangan hingga saat ini. Prestashop ini juga bersifat Open Source. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan membuat para pengusaha atau pengelola UKM tidak ragu menggunakan CMS Prestashop ini.
  5. Vbulletin, berbeda halnya dengan CMS sebelumnya yang bersifat free atau gratis Vbulletin ini bersifat berbayar dan lebih sering digunakan sebagai portal web atau suatu forum diskusi terbuka dengan skala besar. Biasanya dikenal dengan istilah e-forum. Vbulletin ini juga dibangun menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL.
  6. Magento, sama halnya seperti Prestashop dan Drupal CMS Magento ini juga lebih cocok digunakan untuk e-commerce atau toko online dengan fitur yang lengkap dan sangat menarik. Pada awalnya Magento bersifat Open Source sehingga berbagai macam pengembangan dapat dilakukan namun saat ini juga tersedia versi komersil atau enterprise.

Itulah pengertian cms dan fungsi cms yang perlu anda ketahui. Diatas juga telah dijelaskan mengenai macam-macam cms sehingga anda tidak perlu lagi bingung cms mana yang akan anda gunakan pada website yang akan anda bangun.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend