Pengertian Media Sosial Beserta Manfaat, Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Pengertian Media SosialPengertian Media Sosial Adalah

Siapa sih di sini yang tidak tahu pengertian media sosial? Media sosial merupakan istilah yang merujuk pada situs web atau aplikasi yang dirancang untuk memungkinkan antar-pengguna berbagi konten secara cepat, efisien, dan real-time.

Penulis yakin, mayoritas generasi millenial dan gen-Z pasti sudah memiliki media sosial di gadget mereka, misalnya saja Youtube dan WhatsApp, dua aplikasi yang menjadi dua media sosial paling populer di Indonesia.

Media sosial merupakan salah satu penemuan tercanggih yang masih sangat dinikmati oleh masyarakat sampai saat ini. Berdasarkan data yang dirilis oleh Wearesocial Hootsuite pada Januari 2019, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 56 persen dari total populasi atau setara dengan 150 juta pengguna.

Belum lagi jika proyek Palapa Ring sudah selesai, diprediksikan penetrasi internet akan meningkat pesat. Palapa Ring sendiri merupakan proyek pemerintah dalam bidang telekomunikasi berupa serat optik sepanjang 36.000 kilometer. Tujuan pembangunan proyek ini yaitu untuk meningkatkan kualitas telekomunikasi di Indonesia dengan jaringan berkapasitas besar.

Manfaat Media Sosial

Pengertian Media Sosial dan Manfaatnya

Hadirnya media sosial memberikan banyak manfaat di berbagai bidang. Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Membangung Relasi

Media sosial memungkinkan satu sama lain saling terkoneksi. Dengan kemampuan tersebut, kita memiliki kesempatan yang besar untuk membangun jaringan profesional secara online, misalnya dengan berteman dengan kolega, mentor, role model, dan profesional lainnya. Apabila relasi yang baik telah terbangun, kita memiliki jaringan yang lebih luas yang akan memudahkan kita saat mencari peluang. Contohnya, mencari pekerjaan.

2. Menyediakan Media Belajar yang Lebih Efektif

Bagi pelajar, media sosial dapat memudahkan mereka menambah informasi dan pengetahuan. Misalnya saja Youtube, saat ini banyak channel bermunculan yang khusus membahas materi-materi pelajaran.

3. Menyediakan Media untuk Menyalurkan Bakat

Media sosial memungkinkan kita untuk menyalurkan bakat dan mengekspresikan diri. Dengan begitu, kita juga bisa mendapatkan apresiasi dari teman-teman dan termotivasi untuk lebih berkembang.

4. Mempermudah Update Informasi Terkini

Saat ini, berbagai media informasi ikut memanfaatkan media sosial untuk memperluas pasar pembaca. Dengan terhubungnya media sosial ke berbagai media informasi, pengguna dapat dengan cepat update informasi terbaru.

5. Membuka Peluang Bisnis

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap media sosial membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Pengusaha dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran yang efektif. Dengan adanya konten yang kreatif dan menarik, pengusaha dapat memperluas pasar dan memaksimalkan pemasaran produknya.

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Media sosial memang memberikan perubahan besar terhadap pola kehidupan masyarakat. Masyarakat pun memiliki antusiasme tinggi terhadap media sosial karena memiliki berbagai manfaat dan menawarkan banyak kesempatan.

Akan tetapi, kamu pasti juga sadar bahwa media sosial dapat memberikan dampak negatif apabila disalahgunakan. Nah, itu yang akan kita bahas di sini. Apa saja sih dampak positif dan dampak negatif media sosial?

A. Dampak Positif

Dampak Positifnya

1. Membuka Pikiran

Media sosial dapat membuat kita lebih open-minded apabila menggunakannya dengan bijaksana. Dengan media sosial, kita dapat terhubung dengan orang-orang dari belahan dunia manapun dan saling berbagi informasi. Hal ini akan membuat kita lebih terbuka dan memiliki toleransi yang lebih tinggi.

2. Menambah Pergaulan

Kalau kita memanfaatkannya dengan bijak, media sosial dapat menjadi sarana yang efektif untuk mencari teman baru, misalnya teman yang satu hobi, minat, atau tujuan.

3. Mendorong Kita untuk Berkembang

Di media sosial, banyak orang membagikan prestasi, pengalaman, nasihat, dan cerita-cerita yang membangun. Kalau kita bisa menerimanya dengan positif, konten-konten semacam itu dapat memotivasi kita untuk lebih berkembang.

4. Meningkatkan Kreativitas

Banyak pengguna memanfaatkan media sosial sebagai media hiburan. Banyak pula pengguna yang terdorong untuk mengasah kreativitasnya dalam menciptakan konten yang menghibur dan menarik, misalnya video-video di Youtube, animasi, fotografi, desain, dan masih banyak lagi

B. Dampak Negatif

Dampak Negatif

1. Cyberbullying

Cyberbullying merupakan tindakan bully yang dilakukan di internet. Menurut data diterbitkan oleh PewCenter.org, banyak anak-anak yang telah menjadi korban cyberbulling selama ini. Bagaimana caranya? Kita semua tahu bahwa setiap orang dapat membuat akun palsu dengan mudahnya.

Si pembuat akun palsu dapat dengan leluasa melakukan bully di interntet tanpa diketahui identitasnya. Akibatnya, banyak korban bully terganggu mentalnya dan beberapa dari mereka bahkan memutuskan bunuh diri. Maka dari itulah, cyberbullying tidak bisa lagi dianggap masalah yang sepele.

2. Hacking

Hacking merupakan tindakan peretasan yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan informasi pribadi yang dibagikan di internet. Beberapa jenis media sosial yang dapat diretas misalnya adalah Twitter dan Facebook. Ada banyak motif yang mendorong pelaku melakukan peretasan, misalnya yaitu untuk mem-posting konten-konten yang akan mempengaruhi atau bahkan merusak kehidupan si pemilik akun.

3. Kecanduan

Salah satu dampak negatif media sosial terjadi ketika pengguna sudah tidak mampu lagi mengendalikan diri dalam menggunakan media sosial. Kecanduan media sosial akan memberikan berbagai dampak negatif, misalnya saja yaitu berkurangnya pergaulan dengan masyarakat dan mengabaikan tugas yang lebih penting.

4. Memudahkan Penyebaran Hoaks

Media sosial memungkinkan kita berbagi konten secara cepat dan real-time. Terlepas dari berbagai manfaat yang ditawarkan, kemampuan ini juga memberikan dampak negatif, yaitu menyuburkan konsumsi hoaks oleh masyarakat kita. Terutama mereka yang memiliki kemampuan literasi yang rendah. Adanya hoaks dapat menyebabkan permusuhan dan perusakan nama baik.

5. Mengganggu Kesehatan Mental

Banyak orang memanfaatkan media sosial untuk memamerkan kehidupannya, progresnya dalam membentuk body goals, menunjukkan prestasi-prestasinya, dan menunjukkan seberapa bahagia dan beruntungnya dia sebagai manusia.

Di satu sisi, tidak ada yang salah dengan hal ini karena itu adalah hak pengguna. Tapi di sisi lain, budaya seperti ini dapat membuat antar-pengguna saling iri akan kehidupan pengguna lainnya.

Contoh-Contoh Media Sosial

Pengertian Media Sosial dan Contohnya

1. Youtube

Youtube adalah media sosial yang berfokus pada konten video. Banyak orang mengatakan bahwa Youtube bukan media sosial karena tidak ada pertemanan (networking) yang memungkinkan antar-teman saling berbagi konten. Tapi berdasarkan pengertian media sosial dan ciri khasnya, Youtube masuk kategori media sosial karena memungkinkan orang untuk berbagi konten dan berkomentar.

Platform yang ditemukan pada tahun 2005 ini kini bahkan menjadi platform terbesar kedua setelah Google Search. Banyak orang menjadikan Youtube sebagai media hiburan, berbagi pengalaman, atau bahkan menambah penghasilan.

2. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi messanger yang memiliki banyak fitur di dalamnya, seperti mengirim kontak, foto, lokasi, dokumen, video, dan masih banyak lagi. WhatsApp juga memiliki desain aplikasi yang menarik namun tetap private sehingga mayoritas masyarakat menggunakan WhatsApp sebagai pengganti SMS.

3. Instagram

Instagram merupakan jenis media sosial yang berfokus pada konten foto. Pengguna biasanya memanfaatkan instagram untuk update kehidupannya sehari-hari. Saking banyaknya pengguna Instagram, banyak marketers menjadikan instagram sebagai lahan pemasaran dan penjualan.

4. Twitter

Meskipun tergolong media sosial yang sederhana, justru Twitter masih bertahan karena kesederhanaannya. Mungkin pengguna setia mempertahankan Twitter karena minimnya toxic yang mungkin diberikan. Kebanyakan pengguna menjadikan Twitter sebagai tempat untuk curhat atau membagikan pemikiran-pemikiran mereka.

Nah, mungkin sekian artikel mengenai pengertian media sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend