Tutorial Cara Mengirim File Besar Lewat Email dengan Sangat Mudah

Email, yang kadang juga ditulis e-mail, merupakan singkatan dari Electronic Mail yang konsepnya sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada waktu itu cara kerjanya mirip seperti anda meninggalkan catatan di atas meja atau file di dalam folder untuk dibaca oleh orang lain. Barulah pada tahun 1970-an, Ray Tomlinson berhasil mengembangkan sistem email seperti yang anda kenal sekarang ini. Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, pada akhirnya layanan email seperti Yahoo! Mail dan Hotmail muncul pada tahun 1990-an.

Pada tahun 2004, Gmail hadir dan langsung membuat gebrakan dengan menawarkan kapasitas penyimpanan email sebesar 1 GB hingga akhirnya memaksa Yahoo! Mail untuk menambah kapasitasnya dari 4 MB menjadi 100 MB, yang kemudian dinaikkan lagi menjadi 1 GB. Sekarang, setiap pemilik akun Google dapat menikmati kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB secara cuma-cuma dan bisa mengirim file sebagai lampiran di dalam email kepada beberapa orang sekaligus.

Kebanyakan pengguna mungkin hanya mengirim file yang berukuran sekian megabyte atau bahkan jauh lebih kecil dari itu, misalnya mengirim tugas kuliah ke dosen, mengirim surat lamaran kerja, proposal kerja sama, dan foto-foto beresolusi rendah. Batas ukuran file yang diterapkan Gmail sudah cukup memadai untuk mengirim file-file yang demikian. Batasnya yaitu 25 MB. Akan tetapi, sekalipun ukuran file yang hendak anda kirim jauh melampaui batas tersebut, misalnya file video yang berukuran lebih dari 1 GB, anda masih bisa membaca tutorial cara mengirim file besar lewat email di bawah ini.

Cara Mengirim File Besar Lewat Email

1. Dalam contoh kali ini, kita menggunakan Gmail dalam mengirim file besar. Enaknya Gmail ini, kita mendapatkan storage gratis berukuran 15GB. Jadi ketika anda mengirimkan file besar, maka file tersebut akan tersimpan di Google Drive. Langsung saja, Login ke akun Gmail anda kemudian untuk mengirim file besar lewat email pilih Compose.

Mengirim File Besar Lewat Email 1

2. Masukkan alamat email tujuan beserta judul subjek dan isinya. Kemudian pilih ikon lampiran untuk menambahkan file yang diinginkan.

Cara Mengirim File Besar Lewat Email

3. Tunggu proses uploading hingga selesai.

Mengirim File Besar Lewat Email 3

4. Setelah file besar tersebut berhasil diupload, tinggal pilih Send untuk melanjutkan.

Tutorial Cara Mengirim File Besar Lewat Email

5. Jika muncul notifikasi seperti ini pilih Send lagi.

Mengirim File Besar Lewat Email 5

Sampai detik ini email masih tetap memiliki peranan penting dalam berkomunikasi meskipun media sosial sudah ada di mana-mana. Dalam beberapa hal, terutama untuk keperluan yang bersifat formal, biasanya email adalah sarana yang dipilih untuk melakukan komunikasi. Salah satu contoh sederhananya yaitu hampir setiap perusahaan meminta surat lamaran kerja dikirimkan melalui email. Dokumen-dokumen yang terkait dengan bisnis seperti faktur pun juga sering dilakukan lewat email.

Email juga sering dipilih untuk mengirimkan file-file berukuran besar, terutama Gmail karena layanan email yang satu ini terintegrasi dengan Google Drive sehingga pengiriman file besar pun jadi lebih mudah. Anda bisa mengunggah file ke Google Drive langsung dari dalam Gmail untuk dibagikan dengan orang lain.

Rata-rata media sosial juga menyediakan fitur pengiriman file tapi ukuran filenya sangat terbatas. Apabila anda menggunakan WhatsApp, anda hanya bisa mengirim file maksimal 100 MB. Media sosial lain seperti Telegram menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar daripada WhatsApp, yaitu 1,5 GB, tapi tetap jauh lebih kecil jika anda bandingkan dengan Google Drive. Ini hanyalah salah satu kelebihan Gmail yang membuatnya tetap populer di tengah maraknya penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Muchammad-Zakaria-Nesabamedia

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Leave a Reply

Send this to a friend