2 Cara Mematikan Antivirus Smadav untuk Sementara dengan Mudah

Siapa yang tidak kenal antivirus Smadav? Antivirus yang diciptakan oleh anak bangsa ini tidak dapat dianggap sebelah mata. Pasalnya, antivirus ini sangat ampuh membunuh virus lokal yang sangat jarang dapat dilakukan oleh antivirus terkenal yang berasal dari luar negeri.

Sebab kebanyakan dari antivirus luar negeri akan sangat terlambat untuk melakukan update terhadap virus lokal. Selain ramah terhadap kinerja komputer yang tidak membuat sistem melambat, antivirus buatan Zainuddin Nafarin ini ternyata sangat baik dalam menangani virus pada falshdisk.

Walaupun antivirus yang cukup terkenal di Indonesia ini terbilang cukup ringan dan nyaman digunakan, ternyata Smadav kurang ampuh dalam menangani virus dari luar negeri. Karena spesialis dari antivirus ini sendiri memang menangguhkan virus lokal sehingga belum mampu membersihkan virus impor secara tuntas. Selain itu, Smadav juga lemah dalam mendeteksi virus yang sering melakukan false alarm terhadap file tertentu.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara waktu. Simak penjelasan berikut ini.

2 Cara Mematikan Antivirus Smadav untuk Sementara

Meskipun antivirus Smadav bisa di-combine atau digabung dengan antivirus lain sebagai proteksi tambahan, namun terkadang Smadav yang sering salah tanggap dalam mendeteksi virus tehadap beberapa file yang mencurigakan sangatlah mengganggu. Apalagi jika pekerjaan Anda malah menjadi terhambat karena antivirus Smadav ini.

Nah, oleh sebab itu saya dapat memberikan sebuah solusi yaitu dengan mematikan antivirus Smadav untuk sementara waktu. Jadi Anda dapat mengaktifkan antivirus Smadav ini lagi sewaktu-waktu. Yuk langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara 1: Melalui Taskbar Show Hidden Icons

1. Klik pada ikon tanda panah ke atas seperti gambar di bawah ini, lalu klik kanan pada logo Smadav.

cara mematikan antivirus smadav untuk sementara

2. Kemudian Anda langsung dapat mematikan antivirus Smadav dengan cara memilih Nonaktifkan Proteksi (Sampai Restart). Anda juga dapat memilih bagian lainnya yang tidak permanent karena sistem dapat mematikan Smadav secara permanen atau selamanya.

2 - matikan sementara

Cara 2: Melalui Software Smadav

1. Pertama-tama buka terlebih dahulu antivirus Smadav Anda. Jika sudah, silakan pilih menu Protect.

cara mematikan antivirus smadav

2. Selanjutnya klik tombol Disable. Jika Anda ingin mengantifkannya kembali silakan tekan tombol activate. Nah, pada artikel ini saya menggunakan Smadav versi terbaru yaitu Smadav 2018 versi 12.0.1, di mana untuk mengatur melalui bagian pada menu Protect harus menggunakan Smadav versi yang berbayar. Namun, untuk versi sebelumnya, Anda masih dapat mematikan antivirus Smadav melalui menu Protect ini.

cara mematikan antivirus smadav untuk sementara

Mudah bukan cara mematikan antivirus Smadav ini? Walaupun antivirus Smadav ini masih tergolong masih sangat lemah dibandingkan oleh antivirus lainnya, namun Smadav merupakan antivirus terbaik dalam menangani serangan virus lokal. Jadi sebaiknya lakukan pengaktifan kembali terhadap antivirus Smadav ini sehingga tetap dapat melindungi komputer Anda dari virus terutama dari lokal sendiri.

Sebagai catatan, pihak Smadav sendiri menyarankan untuk penggunaan Smadav ini hanya sebagai antivirus pendamping saja. Jadi antivirus Smadav ini tidak dapat digunakan sebagai proteksi utama oleh komputer Anda. Hal ini disebabkan karena Smadav hanya berfungsi sebagai proteksi tambahan saja sehingga tidak dapat menawarkan proteksi total.

Jadi silakan gunakan proteksi lainnya yang dapat memberikan lindungan secara total terhadap komputer Anda. Sekian artikel mengenai cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara. Semoga bermanfaat untuk Anda. Yuk hargai dan pergunakan produk lokal untuk mendukung memajukan pengembangan terhadap produk itu sendiri!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend