• Our Partners:

cara menghilangkan password windows 10

Cara Menghilangkan Password di Windows 10 (Login Screen) dengan Mudah

Microsoft sebagai salah satu perusahaan IT terbesar di dunia memiliki software operating system yang dipakai hampir seluruh pengguna komputer di berbagai belahan dunia dikarenakan interfacenya yang begitu user friendly serta kompatibel atau cocok dengan kebanyakan aplikasi lain. Untuk mengikuti perkembangan teknologi, Microsoft sejak tahun 2015 lalu mengupdate versi OS nya menjadi Windows 10.

Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara menghilangkan password di windows 10 atau yang seringkali dikenal dengan login screen. Login screen ini akan meminta password sebagai proteksi user yang akan menggunakan komputer anda.

Cara menghilangkan password login di Windows 10

tampilan login screen di windows 10

Cara Menghilangkan Password di Windows 10

Namun jika anda menggunakan komputer hanya untuk keperluan pribadi, akan terasa ribet jika tiap login perlu password. Berikut cara menghilangkan login screen di Windows 10 dengan mudah:

1. Pertama-tama buka menu Control Panel, anda bisa membukanya dengan cara menekan tombol Windows + R. Setelah itu, ketikkan “control” lalu tekan Enter.

cara menghilangkan password windows 10

2. Selanjutnya pilih Change account type.

pilih Change account type

3. Pilih user (pengguna) yang diinginkan. Laptop saya hanya memiliki 1 user saja, yakni user utama sebagai administrator. Bisa jadi laptop anda memiliki lebih dari 1 user, jadi tinggal menyesuaikan saja.

cara menghilangkan password windows 10

4. Kemudian pilih Change the password. Jika opsi ini tidak ada, silakan pilih Manage another account, klik user / pengguna yang dimaksud kemudian pilih Change the password.

pilih Change the password

5. Pada kolom Current password, masukkan password user anda (password yang digunakan pada login screen). Dan untuk kolom lainnya, biarkan kosong. Setelah itu pilih Change password dan restart PC atau laptop anda.

pilih Change password

Kini anda tidak akan lagi diminta untuk memasukkan password setiap kali login komputer. Anda bisa langsung menggunakan komputer secara langsung setelah menghidupkannya.

Mengaktifkan Kembali Login Screen

Untuk mengaktifkan kembali login screen pada laptop anda, cukup dengan mengulangi langkah nomor 1-3. Kemudian pilih Create a password.

pilih create a password

Setelah itu masukkan password yang anda inginkan. Untuk kolom password hint, bisa anda isi dengan kata atau kalimat yang memudahkan anda mengingat password anda, jangan diisi dengan password anda ya. Kemudian restart PC atau laptop anda, dan anda akan melihat login screen kembali muncul.

membuat password baru

Perlu diingatkan bahwa dengan tanpa adanya login screen, keamanan komputer anda akan lebih besar resikonya. Terutama kalau komputer anda tidak hanya pribadi sendiri yang menggunakannya. Dikhawatirkan apabila tanpa login screen, teman yang usil atau malah teman yang tidak tahu apa-apa sedang otak-atik komputer anda tanpa anda ketahui sebelumnya.

Jika ada login screen yang membutuhkan password, setidaknya pemakai komputer selain anda akan bertanya password apa yang digunakan untuk login. Keputusannya tergantung pada anda, lebih aman dan nyaman menggunakan login screen atau tidak.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

41 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
arrizqi

kalo udah reset, apakah password nya bisa dipake lagi? atau harus ganti password yg baru? trmakasih..

Send this to a friend