2 Cara Mengetahui Apa yang Membuat Harddisk Penuh, Cocok untuk Pemula!

Apa itu hard diskHard disk adalah perangkat untuk menyimpan dan mengambil informasi digital seperti data pada komputer dan berisi piringan magnetis. Melihat dari pengertian hard disk, kita tentu paham bahwa komponen ini merupakan salah satu bagian utama/penting didalam komputer.

Karena hard disk digunakan sebagai media penyimpanan, maka ketika hard disk penuh maka kinerja komputer pun akan lambat/lemot. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas Anda di depan layar komputer. Selain itu, Anda tentu tidak bisa menyimpan file lain ataupun menginstal aplikasi di komputer Anda karena sudah tidak ada ruang lagi untuk menyimpan file-file tersebut.

Banyaknya file yang disimpan dan aplikasi yang dipasang didalam komputer tentu harus diimbangi dengan kapasitas storage yang memumpuni. Nah, jika hard disk Anda sudah penuh maka Anda tentu akan menghapus beberapa file untuk memberi ruang. Nah, masalahnya, terkadang Anda bingung untuk menentukan apa yang sebaiknya dihapus. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa yang membuat hard disk Anda penuh.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui apa yang membuat hard disk Anda penuh. Untuk informasi lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Mengetahui Apa yang Membuat Hardisk Penuh

Disini, saya akan menggunakan aplikasi WinDirStat (Windows Directory Statistics). Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis serta reliable dan powerful. Aplikasi tentunya layak dicoba karena hasilnya memuaskan. Pertama, saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall WinDirStart dan cara pengunaannya. Perhatikan penjelasan dibawah ini.

1. Install WinDirStat

1. Pertama, download WinDirStat pada link ini.

2. Buka direktori penyimpanan installer WinDirStat, lalu double click pada installer WinDirStat seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

installer WinDirStat

3. Centang I accept the terms in the License Agreement lalu klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.Cara Mengetahui Apa yang Membuat Hardisk Penuh

4. Kemudian, klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

tombol Next

5. Setelah itu, klik tombol Install seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

tombol Install

6. Setelah proses instalasi selesai, klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Cara Mengetahui Apa yang Membuat Hardisk Penuh

7. Terakhir, klik tombol Close seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

tombol Close

2. Cara Penggunaan WinDirStat

1. Jalankan aplikasi WinDirStat di PC Anda. Maka akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini.

aplikasi WinDirStat

2. Pada tahap ini, kita akan memilih drive mana yang akan di-scan oleh WinDirStat. Disini, saya memilih semua drive yang ada. Lalu, klik OK untuk memulai scanning.

Select Drives

3. Tunggu hingga proses scanning selesai.

proses scanning

4. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Berikut keterangannya:

  • Anda dapat melihat persentase dari file-file yang Ada di drive Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui file mana yang paling banyak mengisi storage (ditandai oleh kotak merah).
  • Terdapat mapping yang menggambarkan bagaimana file-file Anda mengisi storage. Disini, Anda dapat melihat apa yang paling banyak memakan ruang (ditandai oleh kotak kuning).
  • Anda juga dapat melihat ekstensi file mana yang paling banyak memakan ruang penyimpan Anda. Pada PC saya, ekstensi .mp4 adalah jenis file yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan saya (ditandai oleh kotak biru).

Cara Mengetahui Apa yang Membuat Hardisk Penuh

5. Anda dapat menghapus file yang menurut Anda hanya menghabiskan ruang penyimpan saja. Caranya yaitu klik kanan pada file tersebut > Delete (to Recycle Bin).

Mudah, bukan? Sekian pembahasan tentang cara mengetahui file apa yang membuat hardisk Anda penuh. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend