Begini Cara Mengganti Icon Folder Di Laptop / Komputer dengan Mudah

Icon folder adalah tampilan gambar icon dari sebuah tempat penyimpanan file. Sebenarnya icon folder menyesuaikan isi dari folder itu sendiri. Misalnya folder musik maka icon-ya adalah tangga nada, namun hal itu hanya berlaku untuk folder bawaan Microsoft. Bila kita membuat folder baru atau New Folder biasanya gambarnya akan default sebuah map cokelat.

Karena pada umumnya semua folder akan berbentuk map warna coklat. Hal tersebut akan membuat kita bingung apabila kita hendak mencari folder jika folder kita sudah terlalu banyak. Maka dari itu untuk memudahkan kita dalam mencari folder yang kita inginkan, kita dapat mengganti icon folder agar kita dapat mencari folder dengan efektif.

Misalnya kita ingin mengganti icon dari folder film, kita dapat menggantinya dengan icon sebuah film. Selain itu, mengganti sebuah icon folder juga dapat menghias dan menambah nilai estetika dari folder – folder kita.

Tapi, ternyata masih banya diantara kita yang tidak tahu cara mengganti atau merubah icon folder di laptop / komputer kita, padahal caranya cukup mudah. Ada cara yang menggunakan aplikasi dan ada juga yang tidak. Tapi, pasti kita tidak ingin mendownload aplikasi tambahan kan? Karena akan menambah memori laptop / komputer kita.

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya mengganti tampilan icon folder di laptop / komputer dengan sangat mudah. Kita tidak perlu download aplikasi tambahan untuk mengubah atau mengganti tampilan icon folder di laptop / komputer kita. Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini ya.

Cara Mengganti Icon Folder Di Laptop / Komputer

1. Silahkan anda klik kanan pada folder yang ingin anda ganti icon nya. Kemudian, silahkan anda pilih “Properties” yang berada paling bawah. Seperti pada gambar dibawah ini.

properties

2. Kemudian, silahkan anda pilih “Customize” pada menu bar diatas. Seperti pada gambar dibawah ini.

customize

3. Kemudian, silahkan anda klik “Change Icon”. Seperti pada gambar dibawah ini.

change icon

4. Nah, disana akan banyak pilih icon. Silahkan anda pilih salah satu icon disana. Kemudian, jika sudah selesai memilih, silahkan klik “OK”. Seperti pada gambar dibawah ini.

pilih

5. Kemudian, silahkan anda klik “OK” lagi. Seperti pada gambar dibawah ini.

ok

6. Selesai. Sekarang icon folder anda sudah terganti dan terlihat berbeda dari biasanya. Icon folder anda akan terganti sama seperti icon yang anda pilih sebelumnya. Seperti pada gambar dibawah ini.

hasil

 

Apakah Kita Bisa Mengganti Icon Foldernya Menggunakan Icon Kita Sendiri?

Tentu bisa dong. Bagaimana caranya?

1. Silahkan anda lakukan seperti langkah diatas sampai langkah ke tiga.

2. Kemudian, silahkan anda klik “Browse”. Seperti pada gambar dibawah ini.

browse

3. Tapi sebelumnya, silahkan anda download file ikonnya. Disini saya beri contoh file icon yang bisa anda download disini.

4. Kemudian, silahkan anda pilih icon yang sudah anda download tadi dan kemudian silahkan klik “Open”. Seperti pada gambar dibawah ini.

ikon

5. Kemudian, silahkan anda klik “Ok” lagi. Seperti pada gambar dibawah ini.

ok

6. Selesai. Sekarang icon folder anda sudah berubah menjadi icon sesuai keinginan anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

hasil

Apakah Kita Bisa Mengembalikan Icon Folder Kembali Seperti Semula?

Tentu bisa. Bagaimana caranya?

1. Silahkan anda lakukan seperti langkah yang pertama sampai langkah ke tiga.

2. Kemudian, silahkan klik “Restore Default” untuk mengembalikan icon folder kembali ke semula. Kemudian, silahkan anda klik OK. Seperti pada gambar dibawah ini.

restore

3. Kemudian, silahkan anda klik OK kembali. Seperti pada gambar dibawah ini.

ok

4. Selesai. Tampilan icon folder anda akan berubah kembali seperti semula.

Nah, bagaimana? Caranya cukup mudah dan sederhana kan? Sekarang kita sudah bisa mengganti atau merubah icon folder di laptop / komputer sesuka hati kita. Kapanpun ingin kita ganti, kita sudah bisa melakukannya. Dan pastinya dengan tampilan icon folder kita yang berbeda, pasti terlihat lebih keren dong.

Itulah bagaimana Cara Mengganti Icon Folder Di Laptop / Komputer dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana Cara Mengganti Icon Folder Di Laptop / Komputer dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend