3 Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu Secara Akurat, Sudah Tahu?

Ada yang mengatakan kepopuleran sebuah produk bisa dilihat jika produk tersebut punya tiruannya atau palsu. Perkataan ini sebenarnya fakta dari fenomena yang terjadi yakni produk imitasi dari produk yang terkenal. Contohnya sepatu semacam Nike atau Adidas yang banyak sekali versi KW-nya. Bahkan KW-nya punya tingkatan sendiri.

Hal yang sama berlaku di produk teknologi, terutama smartphone. Banyak HP yang diproduksi secara ilegal atau palsu. Salah satunya HP OPPO. Ternyata HP OPPO banyak seklai imitasinya alias KW. Wajar memang mengingat marketing OPPO yang cukup tinggi dan agresif membuat HP OPPO begitu populer. Tak jarang orang yang mau membeli HP OPPO.

Fakta tersebut dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab dengan menjual HP palsu yang dalam kemasan luarnya diberi embel-embel merek OPPO. Desainnya juga mirip dengan seri OPPO yang asli sehingga konsumen yang membeli HP OPPO palsu tidak terlalu sadar dan merasa produknya asli. Maka dari itu kita perlu sekali tahu cara membedakan atau mengecek keaslian dari HP OPPO. Tapi, bagaimanakah caranya?

Cara Cek HP OPPO Asli Atau Palsu

Nah, kali ini saya akan bebagi tentang bagaimana caranya mengecek HP OPPO asli atau palsu dengan sangat mudah. Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Cek Menggunakan Nomor IMEI

Cara yang paling gampang untuk  membedakan HP Oppo asli dan palsu adalah dengan mengecek nomor IMEI yang ada di HP. Sekadar informasi, nomor nomor IMEI itu semacam “nomor identitas” bagi HP. Ibarat orang punya NIK (nomor induk kependudukan), tiap unit HP punya nomor IMEI yang tentu berbeda satu sama lain.

Tiap unit HP OPPO yang dijual secara resmi tentunya sudah punya identitas nomor IMEI sendiri. Nomor IMEI ini sudah tercatat dan bisa dicek via online. Jadi, ketika Anda mendapatkan atau baru membeli sebuah unit HP OPPO, cek nomor IMEI nya. Anda bisa mengecek nomor IMEI menggunakan kode *#06# . Maka akan muncul nomor IMEI anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara cek HP OPPO asli atau palsu - kode IMEI

Setelah muncul, silahkan anda buka website OPPO. Kemudian anda masukkan nomor IMEI anda. Jika nomor IMEI anda terdaftar berarti HP OPPO anda asli. Jika tidak berarti HP tersebut KW atau palsu. Seperti pada gambar dibawah ini.

imei

Cara membedakan OPPO asli dan palsu ini tentunya lebih mudah dilakukan karena nomor IMEI umumnya sudah tertera di dalam box penjualan atau bisa diakses dengan mudah dengan kode *#06#.

2. Cek Perbedaan Harga

OPPO adalah salah satu brand smartphone yang menjual unit HP dengan harga yang lumayan tinggi. Tapi cukup tingginya harga OPPO tidak membuat minat masyarakat turun untuk membeli HP ini. Hanya perlu diingat jika ada HP OPPO yang dijual jauh dari harga pasarannya, maka bisa dipastikan HP OPPO tersebut palsu. Misalnya seperti pada gambar dibawah ini.

cara cek HP OPPO asli atau palsu - harga-oppo-f5

Terlihat perbedaan harga pada OPPO F5 dengan Ram 4GB, ada yang lebih murah. Jika anda menemui harga yang lebih murah dari harga pasaran, silahkan anda tanyakan terlebih dahulu apakah HP tersebut adalah barang bekas atau tidak. Jika itu barang baru, jelas sekali itu produk palsu atau oknum yang mencoba menipu Anda. Perlu diingat HP OPPO yang dijual umumnya punya harga yang sama dari satu penjual ke penjual lain. Kecuali untuk penjual yang sifatnya pribadi.

3. Cek Garansi HP OPPO

Cara cek asli tidaknya HP OPPO bisa dengan mengecek kartu garansi. Memang oknum pembuat HP OPPO palsu bisa dengan mudah membuat kartu garansi mirip aslinya. Tapi namanya barang palsu pasti akan kelihatan kalau kartunya tidak sebagus kartu garansi asli. Pastikan juga kalau garansi HP OPPO adalah HP yang diproduksi dan dijual di bawah bendera PT Indonesia OPPO Electronics. Jika di kartu garansi tertera perusahaan lain bisa saja itu HP OPPO palsu. Kalaupun bukan, HP tersebut adalah HP OPPO asli yang dibeli dari luar negeri. Anda juga bisa mengecek garansi HP OPPO anda secara online. Seperti pada cara yang pertama tadi.

Cek nomor IMEI anda terlebih dahulu. Kemudian, anda kunjungi website OPPO. Dan masukkan nomor IMEI anda. Maka akan muncul status garansi anda. Cek kembali apakah sama dengan kartu gransi anda.

status garansi - cara cek HP OPPO asli atau palsu

Nah, bagaimana? Cukup mudah kan? Sekarang kita sudah bisa melihat apakah HP OPPO yang kita punya atau yang baru ingin kita beli adalah HP OPPO asli atau palsu. Jadi sekarang kita tidak akan udah tertipu jika ingin memebli HP OPPO yang versi terbaru.

Itulah bagaimana cara cek HP OPPO asli atau palsu dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara cek HP OPPO asli atau palsu dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend