Begini Cara Masuk Recovery Mode HP OPPO dengan Mudah, Yuk Disimak!

Pernahkah  mendengar tentang Recovery Mode? Recovery Mode pada smartphone android berfungsi sesuai namanya “recovery” yang berarti mengembalikan atau memperbaiki. Nah fungsi dari recovery itu adalah untuk sarana memperbaiki sebuah smartphone android jika terjadi kerusakan atau untuk melakukan modifikasi pada sistem.

Namun pada kebanyakan orang recovery pada HP android digunakan untuk sarana utama flashing firmware. Jika kita pernah mengalami HP kita tiba tiba mati dan tidak bisa masuk ke menu utama dalam artian hanya berputar putar saja di logo maka itu biasa disebut bootloop.

Tidak hanya itu saja, recovery mode juga biasa digunakan ketika kita lupa password, atau HP lemot ataupun sistem yang error. Dengan menggunakan recovery mode kita bisa memperbaikinya atau mengembalikannya seperti sistem semula.

Setiap merk HP android memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke menu recovery. Misalnya pada HP OPPO, Xiaomi, Samsung, dan lain lain itu semua memiliki cara yang berbeda.  Untuk HP OPPO jika mau masuk ke menu recovery mode digunakan kombinasi beberapa tombol. Tombol apa sajakah itu? Dan bagaimanakah cara menggunakannya?

Cara Masuk Recovery Mode HP OPPO

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya masuk ke Recovery Mode pada HP OPPO dengan sangat mudah. Caranya sangatlah mudah dan sederhana. Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini ya.

1. Pastikan HP OPPO anda dalam keadaan mati.

2. Kemudian, jika HP OPPO anda telah mati. Silahkan tekan “tombol power + tombol volume bawah” secara bersamaan. Tahan dan tunggu beberapa saat. Seperti pada gambar dibawah ini.

oppof1

3. Tahan beberapa saat sampai logo OPPO muncul. Maka setelah itu, anda telah masuk ke Recovery Mode HP OPPO. Kemudian, silahkan pilih bahasa. Seperti pada gambar dibawah ini. Dalam recovery mode ini, silahkan anda gunakan tombol volume untuk navigasi, dan tombol power untuk memilih. Tapi untuk HP OPPO terbaru, bisa menggunakan layar sentuh.

cara masuk recovery mode pada HP OPPO

4. Kemudian, pada menu selanjutnya, silahkan anda pilih menu yang anda inginkan. Misalnya anda ingin mereset ulang maka silahkan anda pilih “Wipe data”. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara masuk recovery mode HP OPPO dengan mudah

5. Kemudian, silahkan anda piih “Wipe data”. Seperti pada gambar dibawah ini.

data & cache

6. Kemudian jika muncul kotak pertanyaan, silahkan tekan “OK” untuk melakukan hard reset OPPO.

7. Kemudian, tunggu sampai proses wipe data dan wipe cache selesai (biasanya tidak sampai 2 menit). Jika sudah muncul tulisan “Data and cache wiped succesfully“, maka anda sudah berhasil melakukan reset hp oppo.

8. Terakhir, silahkan anda pilih “Reboot” dan tekan “OK“ untuk kembali ke homescreen. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara masuk recovery mode HP OPPO

9. Kemudian HP OPPO anda akan booting, biasanya booting berlangsung kurang lebih 2-3 menit.

10. Langkah terakhir adalah melakukan setup/setting bahasa, jaringan, wilayah dan pengaturan dasar lain.

11. Selesai. Sekarang HP OPPO anda sudap siap digunakan.

Nah, bagaimana? Cukup mudah dan sederhana kan? Cara diatas bisa diterapkan untuk semua seri HP OPPO anda. Jadi jika nanti terjadi beberapa masalah pada HP OPPO kita sudah bisa menyelesaikannya sendiri lewat recovery mode diatas.

Itulah bagaimana cara masuk recovery mode HP OPPO dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara masuk recovery mode HP OPPO dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend