2 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Supaya Lebih Aman, Sudah Tahu?

Setiap orang pasti memiliki privasi masing-masing. Tentu sangat menjengkelkan apabila privasi kita di lihat oleh orang lain. Beberapa orang ada yang menyimpan privasinya di sebuah aplikasi seperti misalnya pada sebuah chating atau informasi pribadi lainnya.

Untuk mengatasi hal ini solusinya yaitu dengan cara megunci aplikasi tersebut agar tidak sembarangan orang dan mengaksesnya. Kegunaan dari mengunci aplikasi ini selain untuk menjaga privasi kamu tetapi juga dapat di gunakan untuk mencegah apabila ada orang lain yang berniat jahat untuk membajak akun kamu.

Untuk soal keamanan seperti ini tidak perlu diragukan lagi, karena iphone merupakan salah satu smartphone yang memiliki tingkat keamanan yang canggih. Iphone memiliki fitur bawaan untuk dapat melakukan hal ini.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Namun masih banyak pengguna iphone yang belum mengetahui cara mengunci aplikasi di iPhone, berikut saya akan membagikan beberapa cara yang dapat di gunakan mengunci aplikasi di iphone.

1.Menggunakan fitur Restriction

1. Pertama-tama bukalah aplikasi setting di iphone kamu yang berbentuk seperti gir roda.

aplikasi setting di home screen

2. Kemudian pilih dan tekan General.

menu general di setting

3. Setelah itu scroll kebawah dan cari Restriction lalu tekan untuk mengaktifkannya. Seperti gambar di bawah ini.

untuk mengaktifkan restriction

4. Lalu setelah terbuka, tekan Enable Restriction  untuk mengaktifkannya.

untuk mengaktifkan restriction

5. Setelah kamu meneka enable restriction maka kamu akan di minta untuk memasukkan Passcode yang terdiri dari 4 angka. Passcode ini berguna sebagai pengaman.

passcode restriction

6. Sebagai tingkat keamanan lanjutan kamu akan di minta menuliskan kemanli passcode yang telah kamu buat sebelumnya.

menuliskan kembali passcode yang telah di buat sebelumnya

7. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu kunci atau di sembunyikan agar tidak dapat di akses orang lain. Sebagai contoh apabila kamu ingin mengunci aplikasi Camera maka button yang terdapat di sebela bertuliskan Camera geser ke arah kiri. Maksudnya ialah kamu tidak mengizinkan orang lain mengakses kamera.

untuk mengaktifkan penguncian aplikasi

8. Dapat dilihat pada gambar di bawah ini ialah sebelum mengaktifkan fitur restriction. Aplikasi Camera masih terdapat di homescreen.

cara mengunci aplikasi di iphone untuk pemula

9. Setelah kamu mengaktifkan fitur Restriction  makan aplikasi Camera sudah tidak terdapat di Homescreen. Itu artinya tidak ada orang lain yang dapat mengkakses aplikasi kamera. Seperti gambar di bawah ini.

seteleha mengaktifkan fitur restriciton

2. Menggunakan Accesibility

Sama dengan restriciton, Accesibility terdapat di dalam aplikasi setting. Fitur ini lebih tepatnya seperti halaman yang hanya dapat di akses oleh tamu dengan ketentuan yang dapat kita atur sehinnga tamu atau orang yang ingin membuka iphone kita hanya dapat mengakses aplikasi yang kita atur.

1. Untuk membuka nya kamu dapat membuka aplikasi Setting > General > Accesibility.

accesibility di aplikasi setting

2. Setelah terbuka, scroll ke bawah dan cari Guided Access lalu tekan untuk mengaktifkannya.

guided access

3. Lalu tekan Set Guided Access Passcode. Fitur ini berfungsu untuk mengatur keamanan dengan membuat passcode.

membuat passcode

4. Setelah kamu akan di minta memasukkan Passcode yang tediri dari 4 angka. Seperti gambar di bawah ini.

membuat passcode

5. Kemudian kamu dapat melihat di bagian paling bawah ada terdapat fitur Accesibility shortcut. Fitur ini berguna untuk apabila mengaktifkan fitur ini maka saat kite meneka 3 kali tombol home / Home Button ketika Guided Access di aktifkan maka pengaturan dari accesibility akan di tampikan.

begini cara mengunci aplikasi di iphone

6. Setelah fitur ini aktif maka kamu dapat memilih aplikasi mana yang ingin kamu tampilkan ketika ada orang lain yang membuka iphone kamu, sebagai contoh disini saya memiilih aplikasi phone sebagai aplikasi yang di gunakan sebagai akses yang hanya dapat di buka ketika ada orang lain yang membuka iphone kita.

apliakasi phone untuk akes tamu

7. Fitur ini juga dapat membuat area yang dapat menonaktifkan layar dengan melingkari layar yang ingin untuk tidak dapat di akses orang lain. Seperti gambar di bawah ini.

melingkari area yang ingin di nonaktifkan

8. Selain itu juga terdapat fitur option yang mana terdapat beberapa pilihan yang mana apabila kamu hanya menginginkan ketika fitur ini di aktifkan kamu dapat menyentuh layar atau mengunci layar dan sebagainya. Seperti gambar berikut.

cara mengunci aplikasi di iphone - beberapa pilihan yang terdapat pada fitur

9. Untuk mengakhiri fitur ini kamu dapat menekan 3 kali homebutton kemudian akan muncul tingkat keamanan yaitu kamu diminta untuk memasukkan passcode yang telah kamu buat sebelumnya. Lalu akan muncul tampilan seperti saat kamu akan memulai untuk menonakifkan fitur ini. Kemudian tekan End  yang terdapat di pojok kiri atas dari layar kamu. Seperti gambar di bawah ini.

untuk mengkhiri fitur ini

10. Setelah itu akan terdapat pop up bahwa fitur tersebut telah di nonaktifkan.

cara mengunci aplikasi di iphone

Mudah kan? itulah beberapa cara mengunci aplikasi di iphone dengan menggunakan fitur bawaan yang terdapat di iphone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu orang lain. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend