9 Cara Cek Iphone Asli atau KW (Replika) yang Terbukti Akurat, Yuk Dicoba!

Dari pertama kali iphone di perkenalkan ke masyarakat dan sampai sekarang bisa di katakan iphone masih menjadi smartphone high-class yang di minati banyak orang, baik karena model nya yang menarik dan lainnya.

Dikatakan sebagai smartphone high-class/mewah karena harga dari 1 unit iphone yang sebanding dengan harga 1 unit sepeda motor yang mana juga iphone di jadikan ajang untuk bergengsi di kalangan masyarakat terutama sosialita. Namun demikian, iphone tetap banyak di minati banyak orang walaupun harganya yang mahal.

Nah karena hal ini dan besarnya permintaan masyarakat terhadap iphone, banyak beredar iphone replika/kw yang sangat mirip dengan iphone aslinya. Tapi jangan khawatir, mau semirip apapun dengan aslinya. Tetap saja, barang yang palsu pasti ada celahnya yang membuat nya ketahuan bahwa itu bukan lah yang asli.

9 Cara Cek Iphone Asli atau KW (Replika)

Disini saya akan memberikan beberapa cara cek Iphone asli atau KW (replika) secara akurat. Selengkapnya bisa kamu simak dibawah ini:

1.Harga

Jika berbicara mengenai harga sudah jelas seperti yang saya jelaskan di atas bahwa iphone yang asli memiliki harga yang fantastis. Nah apabila kamu di tawarkan harga iphone yang sangat murah dari harga pasaran asli iphone. Maka sudah sangat jelas bahwa iphone itu ialah replika.

2. Iphone asli Memiliki App Store

icon app store di iphone

tampilan dari app store

Untuk membedakan iphone asli dan kw dapat di lihat dari App Store. Jika iphone kamu asli, ketika kamu membuka aplikasi app store maka kamu akan di bawa ke tampilan seperti gambar di atas. Namun apabila ketika kamu membuka app store lalu tampilannya seperti play store di android. Maka sudah pasti iphone kamu itu replika.

3. Dari Material Iphone

cara cek Iphone asli atau palsu

Hampir semua perangkat iPhone mengusung material logam dan kaca berkualitas tinggi. Jenis material ini akan terasa kuat dan kokoh jadi jangan heran apabila iphone kamu terasa berat ketika di genggam/di pegang. Ini membuktikan bahwa iphone kamu itu asli. Tetapi sebaliknya apabila iphone kamu terasa ringan dan ringkih sudah jelas bahwa iphone tersebut palsu.

4. Melalui i-Tunes

Salah satu cara untuk cek iPhone asli atau palsu adalah dengan menghubungkan iphone tersebut ke komputer yang sudah terpasang i-Tunes. Seperti di ketahui bahwa  iTunes merupakan aplikasi wajib untuk memasukan lagu, video, dan file lainnya ke dalam iPhone.

Apabila iTunes bisa mendeteksi iphone yang kamu hubungkan, maka dapat dipastikan bahwa iphone kamu itu asli. Sebaliknya, apabila iTunes tidak bisa membaca iPhone yang kamu hubungkan dengan komputer, maka kamu perlu curiga bahwa itu iPhone palsu.

5. Melalui Screenshot / Screen-Capture

screenshot di iphone

Di iPhone yang asli apablia kamu ingin mengambil screenshot kamu hanya perlu menekan tombol ‘Home’ dan ‘Lock’ secara bersamaan seperti gambar di atas. Tentu saja iPhone yang palsu tidak bisa mengambil screenshot dengan cara yang sama. Nah dengan cara sedehana seperti ini saja kamu sudah bisa membedakan apakah iphone kamu asli atau palsu.

6. Melalui Pengecekan Garansi di Iphone

Jika kamu membeli iPhone di official store Apple atau distributor resmi Apple, maka sudah bisa dipastikan bahwa garansi iPhone kamu asli. Akan tetapi, bila kamu membeli iPhone di tempat yang belum terjamin resmi, sebaiknya tanyakan ke seller mengenai garansinya karena selain garansi resmi ada juga iPhone yang dijual dengan garansi distributor dan garansi toko.

Nah jika si penjual tetap bersikukuh bahwa garansinya asli, sebaiknya langsung cek garansinya melalui ponsel yang akan dibeli itu. Kamu bisa mengecek keaslian garansi iPhone melalui situs resmi Apple atau dari informasi garansi yang tertera pada ponsel Anda. Untuk mengeceknya kamu bisa masuk ke situs resmi iphone dan mengcopy nomor seri di iphone kamu lalu letakkan nomor tersebut di kotak dialog pada situs resmi apple. Seperti gambar di bawah ini.

cek garansi untuk keaslian iphone cara cek Iphone asli atau replika

7. Tidak Ada Slot untuk Memori Eksternal

Apple sengaja memberikan kapasitas memori internal yang besar karena iPhone tidak dibekali dengan slot memori eksternal. Hal ini sangat berbeda dengan smartphone Android masa kini yang pasti menyediakan slot memori eksternal hingga 64GB. Apple merasa bahwa memori internal yang diberikan sudah cukup untuk menyimpan berbagai data penggunanya. Jadi, jika kamu menemukan iPhone yang memiliki slot memori eksternal, itu artinya kamu harus waspada bahwa iPhone tersebut palsu.

8. Cek Fitur Iphone

Sebelum membeli iphone kamu harus berhati-hati dan teliti untuk memeriksa nya, termasuk memeriksa fitur dari iphone yang akan kamu beli. Seperti contoh bahwa semua seri iPhone 5s ke atas bisa dipastikan bahwa sudah dibekali dengan fingerprint. Jadi apabila kamu membeli iphone7 dan tidak memiliki fingerprint maka sudah jelas bahwa iphone tersebut palsu.

Dan juga iPhone adalah ponsel single SIM alias ponsel yang hanya bisa menggunakan satu kartu SIM. Apabila kamu di tawarkan iPhone dengan fitur dual SIM, bisa kamu pastikan bahwa iPhone itu palsu.

9. Cek Kesamaan IMEI Iphone

Ketika kamu ingin membeli iPhone, jangan lupa cek kesamaan IMEI yang terdapat pada sistem, fisik, dan dus iPhone. Ciri-ciri iPhone yang asli tentu semua IMEI yang ada di sistem, fisik, dan dusnya sama. Seperti gambar di bawah ini.

cara cek Iphone asli atau KW

cara cek Iphone asli atau KW (replika)

imei di belakang body iphone

Nah apabila imei yang terdapat di ketiga-tiga nya sama. Maka jangan khawatir, sudah pasti iphone yang akan kamu beli tersebut asli. Namun jika tidak sama maka urungkan niat kamu untuk membelinya karena sudah pasti iphone tersebut palsu.

Gimana guys? Mudah bukan cara cek Iphone asli atau KW (replika)? Nah dengan kamu teliti ketika akan membeli iphone maka kamu tidak akan di tipu dengan banyaknya beredar iphone replika di pasaran seperti sekarang ini. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ketika akan membeli iphone ya. Terimakasih 😉

Leave a Reply

Send this to a friend