2 Cara Mengecilkan Ukuran PDF Tanpa Bantuan Aplikasi, Sudah Tahu?

Salah satu dokumen yang paling banyak digunakan ialah dengan bentuk PDF, terlebih untuk publikasi resmi. Contoh: Jurnal, E-book, atau surat-surat resmi yang beredar di internet. Semua perangkat telah disediakan PDF Reader untuk membaca file PDF tersebut.

Dokumen dengan format PDF memang lebih unggul daripada format lainnya sehingga orang-orang dapat menyebutnya sebagai buku digital. Gambar dan tulisan tertata rapi sehingga mudah dibaca daripada harus membuka dalam format Word yang seringkali berantakan.

Akan tetapi, ukuran file pdf ini bisa jauh lebih besar jika dibandingkan dengan format lainnya, terlebih lagi jika memuat gambar yang banyak. Ukuran file yang besar tentu memakan kapasitas hard disk Anda dengan cepat dan juga membutuhkan kuota yang banyak dan waktu yang lama jika harus mengunggah ke internet.

2 Cara Mengecilkan Ukuran PDF

Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengecilkan ukuran PDF agar lebih ringan untuk di download serta tidak memakan banyak memori Anda. Ada 2 cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan menggunakan tool online dan juga software. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Tool Online

1. Buka iLovePDF melalui browser kalian. Klik disini untuk mengakses tool online tersebut.

2. Setelah halaman tersebut terbuka, pilih menu Compress PDF untuk mengecilkan ukuran PDF.

cara mengecilkan ukuran PDF dengan tool online

3. Sebelum kita memasukkan file yang akan di compress, silahkan lihat dulu ukuran dari file PDF tersebut. Sebagai contoh, disini saya memakai PDF dengan ukuran file 2,31 MB. Kemudian, klik Select PDF files atau drop PDF ke halaman tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.

1-lihat ukuran-drop file

4, Setelah file tersebut berhasil diunggah, klik Recomendation Compression yang terletak pada menu Compression level. Disini kita memakai tingkat kompresi yang direkomendasikan sama tool online tersebut. Jangan lupa klik Compress PDF pada bagian bawah halaman browser tersebut.cara mengecilkan ukuran PDF dengan ILovePDF

5. Tunggu hingga file PDF tadi berhasil di kompresi. Nah, setelah itu download file PDF tadi dengan cara klik Download compressed PDF.3-download pdf

6. Selesai! Sekarang Anda bisa melihat file PDF tadi sudah berubah ukuran menjadi 1,6 MB.

4-hasil-online

2. Menggunakan Software

1. Download dan install Aplikasi Free Pdf Compressor disini.

2. Buka aplikasi Free PDF Compressor yang telah Anda install tadi. Kemudian, klik browse untuk memilih file PDF yang akan di kompresi. Kali ini, saya akan menggunakan file PDF seperti di atas.cara mengecilkan ukuran PDF dengan software

3. Setelahnya, Anda bisa memilih akan di kompres seperti apa ukuran PDF tersebut pada menu Settings. Pilih sesuai kebutuhan Anda, ya!2-pilih-compress

4. Tunggu hingga selesai hingga ada pemberitahuan seperti gambar di bawah ini. Klik OK.3-OK

5. Nah, sekarang file yang telah di kompresi tadi akan berkurang menjadi 1,91 MB. cara mengecilkan ukuran PDF

Bagaimana, mudah bukan cara mengecilkan ukuran PDF? Begitulah cara mengecilkan ukuran PDF. Anda tidak perlu khawatir lagi jika memiliki dokumen PDF dengan ukuran yang besar. Selamat mencoba tutorial di atas. Terimakasih dan semoga bermanfaat! Jangan lupa bagikan ke teman-temannya yang lain ya, siapa tahu mereka membutuhkannya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend