Begini Cara Mengunci PDF Agar Tidak Bisa Dicopy, Biar Dokumen Aman!

Bagaimana cara mengunci PDF? Bagi anda yang sering berurusan dengan file dokumen, pasti tidak asing lagi dengan file PDF. PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang dibuat oleh Adobe System Inc. Kita tahu bahwa Adobe merupakan salah satu perusahaan terbesar yang telah melahirkan banyak aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah Adobe Photoshop yang sampai sekarang pun masih menjadi aplikasi edit video terbaik.

Meskipun di awal kemunculan PDF masih belum sepopuler sekarang. Hal ini karena file tersebut masih belum tersambung atau terintegrasi dengan WWW. Selain itu, ukuran file yang cenderung lebih besar dibandingkan file selain format PDF juga menjadi pertimbangan masyarakat untuk menggunakan atau mengubah file-nya menjadi PDF. Akan tetapi, Adobe System Inc sudah berbenah dan sekarang file PDF menjadi salah satu file yang banyak digunakan.

Bahkan PDF bukan hanya tersedia untuk komputer maupun laptop saja. Anda bisa membuka dokumen berformat PDF melalui smartphone anda. Ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi yang tersedia yang berfungsi untuk membaca file ini, seperti Adobe Reader, Foxit Reader, dan lain sebagainya.

Cara Mengunci PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa anda bisa memberikan keamanan pada file PDF dengan cara mempasswordnya. Lalu bagaimana cara mengunci pdf agar tidak bisa dicopy? Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Pertama-tama buka situs PDF No Copy melalui link berikut ini. Selanjutnya anda pilih Start Online PDF No-Copy.

Cara Mengunci PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

2. Masukkan file PDF yang anda inginkan dengan cara klik Choose File.

Mengunci PDF Agar Tidak Bisa Dicopy 2

3. Setelah selesai memasukkan file PDF yang diinginkan selanjutnya pilih Submit. Secara otomatis file PDF (yang telah disetting agar tidak bisa dicopy).

Cara Mengunci PDF Agar Tidak Bisa Dicopy Online

4. Coba anda buka file PDF melalui browser Google Chrome kemudian coba select beberapa kalimat dan klik kanan, maka akan muncul opsi Copy.

Setting Laptop Agar Tidak Sleep Otomatis 5

5. Setelah kita atur menggunakan tool online PDF No Copy, maka ketika anda ingin mengcopy maka opsi Copy tidak akan muncul. Bahkan ketika anda copas menggunakan Ctrl + C tetap tidak bisa sehingga dokumen yang anda miliki tetap aman dan meminimalisir duplikat / plagiarisme.

Cara Mengunci PDF Agar Tidak Bisa Dicopy Berhasil

Apa saja Kelebihan yang Dimiliki PDF?

Sebagai salah format file dokumen yang banyak digunakan, tentu PDF memiliki keunggulannya tersendiri yang tidak dimiliki oleh format file dokumen yang lainnya. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang apa saja kelebihan yang dimiliki oleh file PDF yang tidak anda temukan di format file seperti txt, ppt, doc, dan lain sebagainya.

  1. File PDF merupakan file yang fleksibel. Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa anda bisa membuka file ini bukan hanya di komputer melainkan juga di hp. Kemudahan inilah yang membuat anda tidak perlu membuka laptop hanya untuk melihat atau membaca file PDF. Selain itu, ternyata file PDF juga bisa dibuka melalui browser. Beberapa browser tersebut antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagianya.
  2. Mungkin beberapa orang berpendapat bahwa file PDF hanya bisa dibaca saja. Kita tidak bisa mengedit isi tulisan yang ada di dalamnya. Anggapan ini tentu saja salah. Anda harus tahu bahwa sebenarnya ada palikasi PDF Reader yang menyediakan fitur edit. Artinya, anda bisa mengedit tulisan atau isi yang ada di dalamnya.
  3. File PDF memiliki banyak aplikasi PDF Reader. Beberapa yang paling populer seperti Foxit Reader dan juga Adobe Reader. Banyaknya aplikasi pembaca file PDF menunjukkan bahwa file dokumen dengan format PDF memang sangat populer.
  4. Anda bisa memberi keamanan pada file PDF dengan cara memberi password. Jadi, file tersebut tidak akan bisa dibuka sembarangan oleh orang yang tidak tahu password tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend