Kumpulan Contoh Slip Gaji

10+ Contoh Slip Gaji Sederhana, Karyawan dan Guru, Yuk Disimak!

Gaji (wages) adalah salah satu metode pembayaran upah yang didasarkan atas lama waktu mengerjakan satu tugas atau dihitung menurut tingkat upah per jam, tanpa memerhatikan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.

Gaji yang dibayarkan biasanya disertai dengan diberikannya slip gaji kepada pekerja. Pemberian slip gaji ini sebenarnya tidak diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Namun, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan diatur secara jelas bahwa perusahaan wajib memberikan slip gaji kepada karyawan.

Tujuannya adalah sebagai bukti kredibilitas dan transparansi perusahaan kepada karyawan. Selain itu, karyawan dapat menggunakan slip gaji ini untuk mengajukan kartu kredit, KPR, dan lain sebagainya.

Kumpulan Contoh Slip Gaji

Format slip gaji setiap perusahaan tidaklah seragam namun umumnya berisi tentang informasi besaran upah yang diterima pekerja secara rinci seperti nama dan logo perusahaan, periode gaji, data pekerja, nominal gaji pekerja, dan potongan gaji pekerja. Informasi dalam slip gaji dapat ditambah sesuai dengan sistem penggajian yang diterapkan oleh masing-masing perusahaan. Berikut disajikan beberapa contoh slip gaji.

1. Contoh Slip Gaji Sederhana

Contoh Slip Gaji Sederhana

Pada contoh slip gaji sederhana di atas terlihat bahwa slip gaji berisikan informasi tentang nama dan logo perusahaan, tanggal pemberian gaji, data pekerja, nominal gaji bersih pekerja yang diperoleh dari jumlah gaji pokok beserta tujangan, lembur dan bonus dikurangi potongan gaji.

Pada slip gaji juga tercantum catatan dari bagian kepegawaian (jika ada). Slip gaji sederhana ini kemudian dicap dan ditandatangani oleh bagian kepegawaian. Saat pekerja menerima gaji dan slip gaji, pekerja menandatangani lembar serah terima gaji yang merupakan bukti bahwa gaji telah diterima oleh pekerja yang bersangkutan.

2. Contoh Slip Gaji Guru

Contoh Slip Gaji Guru

Untuk gaji guru yang berstatus PNS atau guru tetap yayasan (GTY) biasanya slip gaji memuat gaji pokok yang diterima. Informasi lain yang terdapat dalam slip gaji guru adalah tunjangan-tunjangan lain seperti tunjangan mengajar, tunjangan transportasi, tunjangan harian, dan berbagai macam potongan yang ada.

Total gaji bersih yang diterima adalah gaji pokok ditambah dengan berbagai macam tunjangan (jika ada) kemudian dikurangi jumlah potongan yang ada. 

3. Contoh Slip Gaji Karyawan

Contoh Slip Gaji Karyawan

Gambar di atas adalah contoh slip gaji karyawan sebuah perusahaan. Dari contoh tersebut tampak bahwa slip gaji karyawan memuat informasi tentang nama perusahaan, periode gaji, data karyawan, dan rincian penghasilan serta potongan yang ada. Karyawan berstatus karyawan tetap dengan jabatan manajer.

Penghasilan karyawan merujuk pada slip gaji di atas terdiri dari gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan konsumsi, tunjangan harian, dan bonus target.  Adapun potongan terdiri dari pajak penghasilan. Dengan demikian, jumlah bersih yang diterima karyawan tersebut adalah jumlah penghasilan dikurangi jumlah potongan yang ada. Slip gaji karyawan tersebut ditandatangani oleh manajer operasional.   

4. Contoh Slip Gaji PNS

Contoh Slip Gaji PNS

Gambar di atas adalah contoh slip gaji yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dikarenakan gaji PNS dibayarkan melalui rekening, PNS hanya menandatangani lembar penerimaan gaji sekaligus menerima slip gaji dari bendahara pengeluaran di masing-masing unit instansi. Gaji yang dibayarkan kepada PNS mengacu pada Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Dari contoh slip gaji PNS di atas tampak bahwa slip gaji PNS memuat informasi nomor urut pegawai, nama unit instansi, periode gaji, nama pegawai disertai dengan NIP. Kemudian, disajikan informasi jumlah kotor penghasilan pegawai yang terdiri dari gaji pokok ditambah dengan tunjangan lainnya seperti tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan fungsional, tunjangan bulat, tunjangan beras, dan tunjangan pajak serta tunjangan lainnya jika ada.

Adapun informasi potongan gaji meliputi Iuran Wajib Pajak, Potongan Pajak Penghasilan, dan Iuran untuk Tabungan Perumahan. Jumlah bersih gaji yang diterima PNS adalah jumlah kotor dikurangi jumlah potongan yang ada.

5. Contoh Slip Gaji Wiraswasta

Contoh Slip Gaji Wiraswasta

Menurut kamus, wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menysun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur pemodalan. Melihat kerjanya, wiraswastawan bekerja secara mandiri tanpa adanya atasan.

Penghasilan yang diperoleh pun berdasarkan berapa banyak produk yang bisa dijual. Karena itu, wiraswastawan tidak memiliki penghasilan tetap. Untuk dapat mengetahui jumlah penghasilan yang diterima secara tertulis, wiraswatawan mengajukan permohonan surat keterangan penghasilan ke pemerintah setempat.

6. Contoh Slip Gaji Guru Honorer

Contoh Slip Gaji Guru Honorer

Gambar di atas adalah contoh slip gaji guru honorer di lingkungan sekolah negeri. Contoh slip gaji guru honorer tersebut memuat berbagai informasi seperti data pegawai honorer, periode gaji, tambahan gaji, dan penerimaan.

Selain itu, contoh slip gaji di atas juga memuat rincian informasi tentang potongan anggaran pinjaman koperasi, pinjaman melalui kepala sekolah dan bendahara, serta jenis potongan lain seperti dana sosial dan lain sebagainya. Adapun jumlah gaji bersih yang diterima oleh guru honorer adalah jumlah penerimaan dikurangi dengan jumlah potongan yang ada.

7. Contoh Slip Gaji Guru TK / PAUD

Contoh Slip Gaji Guru TK / PAUD

Jika suatu sekolah tidak menerapkan sistem pemberian slip gaji, maka pemberian gaji diberikan dengan menggunakan tanda terima honor. Gambar di atas menunjukkan bahwa pemberian gaji atau honor kepada guru dan pegawai PAUD diberikan dengan menggunakan tanda terima honor.

Jika guru PAUD yang bersangkutan membutuhkan slip gaji untuk berbagai keperluan seperti pengajuan KPR dan lain-lain, maka guru yang bersangkutan dapat memohon pihak sekolah untuk memberikan surat keterangan penghasilan.

8. Contoh Slip Gaji Pegawai Swasta

Contoh Slip Gaji Pegawai Swasta

Gambar di atas adalah contoh slip gaji pegawai swasta sebuah perusahaan. Sebagaimana slip gaji lainnya, slip gaji pegawai swasta juga memuat informasi tentang nama perusahaan, periode gaji, data karyawan, dan rincian penghasilan serta potongan yang ada.

Penghasilan karyawan merujuk pada slip gaji di atas terdiri dari gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan konsumsi, tunjangan harian, dan bonus target. Adapun potongan terdiri dari pajak penghasilan. Dengan demikian, jumlah bersih yang diterima karyawan tersebut adalah jumlah penghasilan dikurangi jumlah potongan yang ada. Slip gaji karyawan tersebut ditandatangani oleh manajer operasional.

9. Contoh Slip Gaji Apoteker

Contoh Slip Gaji Apoteker

Perlu dipahami bahwa tidak semua perusahaan memberikan slip gaji kepada pegawainya. Meskipun begitu, perusahaan selalu memliki arsip atau bukti pembayaran gaji yang dibayarkan kepada pegawainya. Gambar di atas adalah bukti pembayaran gaji yang diberikan kepada apoteker. Bukti tersebut memuat informasi data apotek, periode gaji, data apoteker, dan nominal gaji yang dibayarkan.

10. Contoh Slip Gaji Karyawan Notaris

Contoh Slip Gaji Karyawan Notaris

Menurut kamus, notaris adalah orang yang mendapat kuasa dari pemerintah (dalam hal ini Departemen Kehakiman atau Kemenkumham) untuk mengesahkan dan menyaksikan berbagai surat perjanjian, surat wasiat, akta, dan sebagainya. Dalam menjalankan tugasnya, seorang notaris dapat dibantu oleh beberapa orang karyawan.

Gambar di atas adalah contoh slip gaji karyawan notaris dengan jabatan driver. Sebagaimana slip gaji pada umumnya, slip gaji karyawan notaris memuat nama kantor notaris, data karyawan, periode gaji yang ditunjukkan dengan nomor, daftar gaji atau penghasilan, dan potongan. Daftar gaji atau penghasilan meliputi gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan komunikasi, dan tunjangan beban sosial (kalau ada).

Adapun potongan meliputi jamsostek (kalau ada), angsuran kendaraan (kalau ada), angsuran KPR (kalau ada), angsuran cash bon, dan angsuran bank (kalau ada). Sehingga gaji bersih yang diterima karyawan adalah jumlah penghasilan dikurangi jumlah potongan yang ada.

11. Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

SlipGaji Karyawan Toko

Slip gaji untuk karyawan toko sejatinya tidak jauh berbeda dengan slip gaji lainnya yakni memuat informasi tentang nama perusahaan, periode gaji, data karyawan, rincian penghasilan yang diterima, dan rincian jumlah potongan yang ada. Dari gambar di atas, tampak bahwa rincian penghasilan karyawan toko terdiri dari gaji pokok, bonus teknisi, bonus sales, dan lain-lain.

Adapun rincian potongan meliputi sisa hutang dan hutang terbaru. Sehingga gaji bersih yang diterima oleh karyawan toko adalah jumlah penghasilan kotor dikurangi jumlah potongan yang ada. Sekian pembahasan kita kali ini tentang beberapa contoh slip gaji. Semoga bermanfaat. Terima aksih.

Leave a Reply

Send this to a friend