Pengertian Kartu Kredit Beserta Manfaat dan Cara Kerja Kartu Kredit

Istilah karti kredit pastinya sudah tidak asing lagi terderngar di telinga kita. Banyak para ahli yang membuat pengertian kartu kredit dan juga kita bisa menggunakannya sebagai literatur.

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa kamu bisa bertraksasi ataupun berbelanja, walaupun kamu tidak mempunyai saldo di bank sepanjang limit kartu kredit kamu masih memungkinkan.

Pengertian Kartu Kredit

pengertian kartu kredit

Menurut Imam Prayogo Suryahadibroto kartu kredit adalah suatu jenis alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai, dimana kita suatu sewaktu-waktu menukarkan apa saja yang kita inginkan, yakni di tempat dimana saja ada cabang yang dapat menerima kartu kredit dari bank atau perusahaan yang mengeluarkan atau cabang yang mengeluarkan ( Imam Prayogo Suryahadibroto, 1990:335 ).

Kartu kredit adalah pembayaran melalui jasa bank atau perusahaan pembiayaan dalam transaksi jual beli barang atau jasa, atau alat untuk mengambil tunai dari bank atau perusahaan pembiayaan ( Abdulkadir Muhammad, 2000:263 ).

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan bank yang meminjami nasabah sejumlah uang tanpa harus memiliki dana atau tabungan di bank tersebut (Ali Arifin, 2002:9)

Kartu kredit adalah kartu yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran, yang pelunasan tagihannya dapat dilakukan secara bartahap atau dicicil, kepada pemegang kartu kredit ditentukan jumlah batas kreditnya ( M. Djumhana, 2006:404 ).

Berdasarkan dari definisi-definisi yang dipaparkan di atas maka dapat diketahui unsur-unsur yang terdapat di dalam pengertian kartu kredit antara lain sebagai berikut:

  1. Kartu kredit itu merupakan fasilitas kredit.
  2. Diperuntukkan kepada nasabah dari penerbit kartu dengan persyaratan tertentu.
  3. Kartu kredit diterbitkan oleh Bank.
  4. Kartu kredit yang diberikan disesuaikan dengan besarnya jumlah penghasilan pemegang kartu.
  5. Kartu kredit adalah berupa kartu plastik.
  6. Dapat digunakan sebagai cara pembayaran di dalam kegiatan bertransaksi di tempat tempat tertentu.

Manfaat Kartu Kredit

Manfaat Kartu Kredit

Apa saja mamfaat memiliki kartu kredit ? Berikut adalah manfaat – manfaat kartu kredit yang harus kamu ketahui :

1. Fasilitas Balance Transfer

Ini merupakan sebuah fasilitas yang ditawarkan oleh bank tertentu dan wajib dijadikan pertimbangan, terutama bagi yang memiliki sejumlah tagihan di dalam kartu kredit yang lama. Pengguanaan fasilitas balance transfer dilakukan dengan cara memindahkan tagihan dari kartu kredit yang lama ke kartu kredit yang baru ( sekitar 80 persen dari total tagihan ).

Dan tagihan tersebut akan kamu lunasi di kartu kredit baru kamu. Hal ini biasa dilakukan karena adanya pertimbangan bunga yang lebih kecil atau fasilitas cicilan yang lebih menguntungkan sehingga Anda merasa tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit yang lama dan memutuskan untuk menutupnya.

2. Fasilitas Tarik Tunai

Fasilitas tarik tunai juga diberikan oleh semua kartu kredit, tetapi ada sebagian kartu kredit yang memberi jumlah persentase penarikan tunai yang cukup besar bagi para nasabahnya. Namun Anda selalu harus mempertimbangkan dengan matang keputusan melakukan tarik tunai melalui kartu kredit anda karena setiap transaksi penarikan tunai akan dikenai biaya yang tidak sedikit dan ditambah dengan bunga harian yang dihitung sejak terjadinya transaksi penarikan tunai Anda.

3. Fasilitas Cicilan 0%

Ini juga merupakan sebuah fasilitas yang sangat menggiurkan bagi para pengguna kartu kredit. Bagaimana tidak, Anda akan diberi kemudahan membayar cicilan tagihan anda tanpa dikenai bunga selama jangka waktu tertentu, hal ini tentu saja sangat menyenangkan bukan?. Namun ada baiknya Anda selalu berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit, jangan sampai fitur yang tadinya meringankan beban Anda justru akan menjadi beban hutang yang tak terbayar di kemudian hari.

4. Reward Points

Pada umumnya rewards atau bonus yang diberikan bank penerbit kartu kredit adalah dalam bentuk point dan cashback yang akan didapatkan dari pembelanjaan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit Anda. Fasilitas ini akan sangat menguntungkan bagi anda karena dengan menggunakannya anda dapat menghemat dan mengumpulkan cashback yang anda dapatkan setiap kali berbelanja.

Untuk poin yang Anda dapatkan, biasanya akan ditukarkan dengan berbagai macam barang menarik yang ditawarkan melalui katalog bulanan yang dikirimkan bersama tagihan Anda.

5. Transaksi Dalam Mata Uang Asing

Fitur ini akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan/pembelanjaan dalam mata uang asing, terutama bagi yang senang bepergian ke luar negeri. Bagi pemegang kartu kredit yang memiliki fitur transaksi mata uang asing maka akan diberi kemudahan dalam pembelanjaan mata uang asing, karena tagihan tersebut akan ditagihkan dalam bentuk mata uang rupiah.

Cara Kerja Kartu Kredit

Cara Kerja Kartu Kredit

Selama kamu tidak terbelenggu dengan gaya hidup yang kurang terkontrol, sebenarnya hadirnya kartu kredit ini bisa begitu membantu. Semua fasilitas yang diberi sebenarnya dapat membuat kondisi finansial Anda menjadi sehat, berikut beberapa fakta cara kerja kartu kredit menyehatkan keuangan, antara lain:

  1. Kartu kredit bisa memudahkan mencari pinjaman. pencarian pinjaman pada lembaga yang memberi kredit memerlukan proses yang tidak cepat serta persyaratan yang begitu rumit, melampirkan kartu kredit dengan riwayat aktif pemakaian serta lancar pembayaran akan mempermudah memperoleh pinjaman di bank, seperti pengajuan KTA.
  2. Banyak program yang ditawarkan. Hampir semua penerbit dari kartu ini seperti berlomba serta bekerja sama dengan merchant hingga tempat makan untuk menawarkan program diskon. Semakin banyak kartu yang kamu miliki akan semakin banyak juga diskon yang bisa kamu manfaatkan.
  3. Modal buka usaha. Kartu kredit dapat kamu manfaatkan untuk membuka usaha. Tetapi, kamu akan diberi bunga yang besar jika melakukan tarik tunai kartu kredit di ATM. Maka hindari tarik tunai di ATM dengan menggunakan kartu kredit
  4. Rutin melakukan transaksi akan memudahkan Anda mengontrol anggaran. Karna dengan membuat anggaran adalah hal yang dasar untuk perencanaan keuangan. Dengan penggunaan kartu kredit, kamu bisa lebih mudah memantau besaran pengeluaran bulanan karena semua sudah tercatat di tagihan.

Nah, penjelasan mengenai cara kerja kartu kredit ini mungkin bisa membuat kamu semakin bijak dalam menggunakan kartu kredit, untuk dapat membatu membuat kesehatan finansial yang baik. sebenarnya hal ini tidak cukup karena Anda juga harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai cara kerja kartu ini, apalagi kebijakan bunga.

Banyak masalah penggunaan kartu kredit yang keliru karena kurang pahan dengan penggunaan kartu kredit, seperti terdapat fasilitas pembayaran tagihan minimum kartu. Banyak orang yang mengira dengan melakukan pembayaran minimum, kartu kredit tidak akan terkena masalah dan bisa digunakan seperti biasa, padahal akibatnya kita sama saja sedang menimbun hutang yang besar.

Leave a Reply

Send this to a friend