Panduan Cara Menggunakan Link2SD untuk Pemula, Yuk Dicoba!

Data menjadi bagian penting dari setiap aktifitas dan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Dengan adanya data kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah, jelas, dan akurat. Data menjadi sangat penting karena hampir segala hal yang ada didunia ini membutuhkan data agar dapat menjadi informasi yang dapat dikelola dan tersampaikan pada penggunanya.

Data dapat disimpan dalam berbagai macam platfform, seperti: komputer, laptop, tablet, smartphone, dan lainnya. Dengan adanya banyak platform, tentunya kita terkadang membutuhkan penyimpanan baik internal maupun eksternal untuk dapat terus menyimpan data. Sehingga setiap platform harus memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menampung segala data yang kita miliki.

Permasalahan terkadang muncul ketika kita sudah memiliki berbagai macam platform, namun kapasitas penyimpanan tidak mencukupi. Masalah lain adalah ketika kita membutuhkan data dari Platform A, tapi kita sedang menggunakan platform B.

Cara Menggunakan Link2SD untuk Pemula

Permasalahan ini merupakan permasalahan yang sederhana, namun jika kita tidak bisa menemukan solusinya bisa menjadi permasalahan yang kritis. Untuk itu adanya Link2SD sangat membantu pengguna untuk memindah dan menyimpan data. Berikut merupakan beberapa cara menggunakan Link2SD:

1. Digunakan untuk menambah partisi penyimpanan SD Card

Cara Menggunakan Link2SD

Link2SD bisa digunakan untuk menambah partisi penyimpanan SD card anda. Hal ini bisa dimanfaatkan ketika anda ingin menambah kapasitas penyimpanan pada smartphone anda.

Hal ini dikarenakan anda membutuhkan penyimpanan lebih untuk menampung data dan files yang tersimpan pada smartphone. Hal ini menjadi salah satu cara menggunakan Link2SD untuk menambah partisi penyimpanan SD card terdapat beberapa langkah-langkah yang harus diikuti seperti berikut:

A. Membutuhkan aplikasi minitool

Minitool merupakan aplikasi yang akan digunakan untuk membuat partisi SD Card anda. Sehingga jika anda belum memiliki aplikasi ini, anda bisa mendownload terlebih dahulu. Untuk cara mendowload, anda bisa langsung mencari pada google sehingga lebih cepat dalam mencari aplikasi minitool.

B. Masukkan SD CARD ke perangkat

Untuk memasukkan SD Card ke perangkat, anda bisa menggunakan card reader atau sejenisnya agar SD Card dapat dibaca pada perangkat komputer anda. Hal ini akan menjadi lebih mudah jika SD card anda dalam kondisi yang normal atau tidak memiliki kerusakan apapun.

C. Menjalankan aplikasi minitool

Setelah SD card anda berhasil terhubung dengan perangkat komputer anda. Selanjutnya anda dapat menjalankan aplikasi minitool. Hal ini dilakukan agar anda dapat melakukan pembagian partisi SD Card yang telah terhubung dengan perangkat komputer anda.

Setelah aplikasi minitool berhasil dijalankan, anda bisa memilih opsi Minitool Partition Wizard. Kemudian, anda bisa memilih dan mengubah berapa alokasi penyimpanan yang anda butuhkan untuk dilakukan pembagian. Hal ini cukup mudah dilakukan, karena anda dapat mengubah pembagian kapasitas sesuai dengan kebutuhan anda.

Setelah itu, anda dapat mengubah format partisi menjadi FAT32 dan Primary. Kemudian anda bisa mengklik OK untuk memproses partisi tersebut. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses selesai. Perlu diingat bahwa untuk membuat partisi Link2SD, langkah yang dilakukan tetap sama hanya perlu mengubah format dari FAT32 menjadi Ext2,Ext3, dan sebagainya serta opsi lainnya biarkan default.

2. Memindahkan aplikasi

Cara Menggunakan Link2SD

Aplikasi pada smartphone memiliki jenis yang beragam sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Sehingga terkadang ada beberapa pengguna yang menginginkan untuk memindah aplikasi tersebut ke perangkat baru, agar bisa langsung melakukan install aplikasi tersebut tanpa perlu menunggu waktu download aplikasi. Untuk melakukan pemindahan, anda perlu menginstall aplikasi Link2SD yang bisa anda dapatkan secara gratis pada pencarian google.

Pada tahap sebelumnya anda telah berhasil membuat partisi. Selanjutnya anda dapat melakukan pemindahan aplikasi anda. Untuk itu, anda harus mengingat ketika anda akan menggunakan Link2SD ini, smartphone anda harus dalam keadaan sudah di root.

Selanjutnya, anda bisa membuka daftar aplikasi pada smartphone anda, pilih beberapa aplikasi yang akan dipindahkan. Kemudian anda bisa memilih create link dan tekan OK. Anda harus menunggu hingga proses pemindahan selesai.

Link2SD menjadi aplikasi yang serbaguna yang memiliki fungsi yang sangat diperlukan oleh penggunanya. Sama halnya dengan aplikasi pada umumnya, Link2SD juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut merupakan kelebihan dan kelemahan aplikasi Link2SD:

Kelebihan:

  • Mudah digunakan
  • Hemat Baterai
  • User friendly
  • Tidak membutuhkan script

Kekurangan:

  • Tidak semua ROM mendukung aplikasi Link2SD
  • Smartphone harus di root
  • Memori internal lebih cepat habis karena dibuat untuk Link2SD

Link2SD menjadi aplikasi yang bersahabat dengan pengguna smartphone yang memiliki banyak permasalahan pada penyimpanan. Sehingga adanya aplikasi Link2SD ini sangat membantu memudahkan pengguna dalam mengorganisir penyimpanan pada smartphone mereka. Penyimpanan terasa menjadi lebih besar dibandingkan dalam keadaan normal.

Kapasitas penyimpanan menjadi lebih optimal digunakan untuk menyimpan berbagai file dan data penting yang dibutuhkan oleh pengguna. Kemudahan akses data dan files menjadi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena penyimpanan sudah menjadi lebih besar kapasitasnya dengan menggunakan Link2SD.

Nah, kini bertransfer data dengan menggunakan platform apapun menjadi lebih mudah. Kapasitas penyimpanan juga bisa digunakan sementara dengan memanfaatkan Link2SD. Kemudahan menyimpan dan mengelola data menjadi solusi yang tepat dan cepat untuk menunjang kelancaran berbagai aktifitas dan pekerjaan yang membutuhkan data-data yang terdapat pada penyimpanan anda.

Kini anda tidak perlu mengkhawatirkan penyimpanan data dan transfer data anda, karena anda dapat memanfaatkan Link2SD untuk melakukannya. Dengan adanya informasi mengenai cara menggunakan Link2SD ini dapat menjadi referensi tambahan anda dalam mencari pengetahuan baru terkait Link2SD. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend