2 Cara Agar File PDF Bisa Dicopy Paste dengan Mudah, Yuk Dicoba!

PDF adalah salah satu jenis format dokumen yang hanya bisa dibuka menggunakan sofware Adobe Reader, browser, ataupun sejenis sofware lainnya. Format file PDF pun dimanfaatn oleh banyak instansi perusahaan sebagai format dokumen elektronik, dan juga digunakan untuk mengemas buku menjadi ebook.

File PDF  memiliki kelebihannya sendiri, yaitu dari segi tampilan yang dinamis dan banyak fitur-fitur yang menunjang dan mempermudah pekerjaan penggunannya.

Tapi, pernah nggak sih kamu nemuin file PDF yang isinya nggak bisa di copy?

File PDF terkadang ada yang memang sengaja diproteksi atau dikunci oleh pemiliknya hingga isi teks dari format file PDF tersebut tidak bisa dicopy paste. Cara agar isi file tersebut bisa di copy paste kamu harus membuka proteksi file PDF tersebut dengan cara tertentu.

Cara Agar File PDF Bisa Dicopy Paste

Masalah PDF yang tidak bisa di copy teksnya sering dialami oleh mahasiswa dan memang hal ini sangat menyusahkan. Setiap mencari referensi dengan tujuan ingin mengutip data atau pernyataan PDF tersebut, tetapi file PDF nya tidak bisa di copy paste ke word. Memang bisa ditulis manual, tapi itu membutuhkan banyak waktu.

Penyebab file PDF tidak bisa di copy adalah karena file tersebut di kunci atau diberi pasword oleh si pembuatnya. Hal ini bertujuan karna mungkin saja file tersebut berharga dan sifatnya privasi.

1. Convert File PDF Ke Word

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar file PDF bisa dicopy adalah men-conver file PDF menjadi Word dengen menggunakan situs smallpdf.com.

Situs ini memiliki segudang fitur untuk mengolah file PDF, seperti mengecilkan ukuran file PDF, menggabungkan beberapa file PDF, hingga mengubah file PDF menjadi Word.

1. Buka situs smallpdf di browser kamu. Klik disini.

2. Kemudian pilih PDF to Word. Lihat contoh pada gambar. Cara Agar File PDF Bisa Dicopy Paste

3. Kemudian klik Choose File atau Pilih file untuk memilih file pdf yang tidak bisa di copy. Lihat contoh pada gambar. klik pilih file

4. Kemudian tunggu beberapa saat sampai file PDF selesai ter upload. proses upload file pdf

5. Jika proses upload file PDF sudah selesai, pilih Convert to Word lalu klik Choose Option. Lihat contoh pada gambar. pilih convert to word

6. Kemudian tunggu lagi sampai proses convert PDF ke Word selesai. Lihat contoh pada gambar. Cara Agar File PDF Bisa Dicopy Paste dengan SmallPDF

7. Kemudian download file yang sudah berubah menjadi file word. Lihat contoh pada gambar. download file word

2. Menggunakan Software Sumatra PDF Reader

Salah satu pembaca format file PDF yang paling cepat dan ringan adalah Sumatra PDF. Jika kamu hanya perlu membaca dokumen PDF saja (tidak membutuhkan fitur edit atau menambah anotasi dan sebagainya) dan juga mungkin mencari software alternatif yang lebih ringan dari Adobe Reader atau Foxit Reader, maka Sumatra PDF bisa menjadi solusinya.

Selain bisa membuka file PDF dengan cepat, Sumatra PDF juga bisa digunakan untuk membaca file XPS, CBZ, DjVu, CBR, dan LaTeX.

1. Instal software Sumatra PDF terlebih dulu. Kamu bisa mendownloadnya disini.

2. Kemudian install seperti biasa Sumatra PDF Reader.

3. Jika proses menginstall sudah selesai, klik Open a document untuk membuka file PDF yang sebeumnya tidak bisa dicopy. Lihat contoh pada gambar. Cara Agar File PDF Bisa Dicopy Paste dengan SumatraPDF

4. Kemudain block teks pdf yamg ingin kamu copy, kemudian klik kanan lalu pilih Copy Selection atau bisa juga dengan menekan CTRL+C. Lihat contoh pada gambar. block text kemudian copy

Itulah 2 cara untuk mengatasi masalah file PDF yang tidak bisa di copy paste. Sekarang kamu gak perlu sedih jika kamu dapat file pdf yang tidak bisa di copy paste ataupun terproteksi. Karna sekarang kamu bisa melakukan 2 cara diatas.

Jadi begitulah 2 cara agar file PDF yang tidak bisa di copy paste bisa di copy. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membatu masalah kamu. Selamat Mencoba dan Terima Kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend