Begini Cara Menulis Arab di Word dengan Mudah, Sudah Tahu?

Aplikasi dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaanya sesuai dengan fungsi dan tujuan dari aplikasi tersebut. Aplikasi atau software dapat diakses melalui berbagai perangkat, mulai dari komputer, laptop, dan mobile atau smartphone.

Salah satu contohnya adalah aplikasi word yang dapat diakses menggunakan komputer atau laptop. Aplikasi word ini dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang terkait dengan dokumen.

Tidak semua dokumen ditulis dengan menggunakan bahasa indonesia, melainkan dengan bahasa-bahasa negara lainnya. Penulisan yang beragam ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan word.

Cara Menulis Arab di Word (Untuk Pemula)

Bahasa arab biasanya banyak digunakan untuk dokumen-dokumen tertentu yang memiliki kriteria untuk ditulis dalam bahasa arab. Berikut merupakan cara menulis Arab di word agar anda lebih mudah mengerjakannya:

1. Masukkan keyword Control Panel untuk dapat masuk ke bagian pengaturan

control panel app

2. Pilih bagian Clock, Language, and Region > Change input method untuk dapat menambahkan bahasa lainnya

Cara Menulis Arab di Word

3. Pada bagian Change your language preferences, tambahkan bahasa lainnya dengan cara mengklik Add Language

add language

4. Kemudian cara bahasa yang diinginkan yaitu Bahasa Arab. klik Arabic > Open

add arabic

5. Kemudian, pilihan bahasa arab akan terdaftar pada komputer anda dengan cara memilih jenis bahasa arabnya, Klik Arabic (Saudi Arabia) > Add

Cara Menulis Arab di Word Lewat Laptop / PC

6. Untuk mengganti pilihan bahasa yang akan digunakan pada keyboard, pilih IDN pada bagian pojok kanan bawah (sebelah kalender)

IDN keyboard

7. Kemudian pilih bahasa arab yang sebelumnya sudah dimasukkan ke komputer

arabic keyboard

8. Untuk melakukan pengetikan, anda dapat menggunakan keyboard on screen yang bisa ditampilkan setiap anda membutuhkan

9. Untuk menampilkan hal tersebut, Klik pencarian > masukkan keyword On Screen-Keyboard, tekan enter

keyboard on screen

10. Kemudian akan muncul keyboard dengan bahasa arab pada layar komputer anda. Dengan menggunakan tampilan keyboard on screen ini juga dapat membuat anda menulis dengan mudah. Bahkan ketika keyboard anda mengalami kerusakan, anda juga dapat memanfaatkan fitur keyboard on screen ini. Dalam hal ini, penulisan bahasa arab akan lebih mudah dilakukan karena keyboard on screen bisa diganti-ganti dan disesuaikan dengan bahasa yang ingin anda gunakan untuk menulis.

Cara Menulis Arab di Word dengan On-Screen Keyboard

11. Untuk melanjutkan penulisan dengan menggunakan bahasa arab di microsoft word, anda perlu membuka dan menjalankan aplikasi word tersebut

12. Ketika aplikasi word sudah berjalan, dan siap digunakan untuk melakukan penulisan, Pilih Menu Tab Home > Paragraph > atur menjadi Right to Left text direction

Pengaturan ini diperlukan agar ketika anda melakukan penulisan dengan menggunakan bahasa arab, maka teks kalimatnya sesuai dengan kaidah penulisan bahasa arab yaitu dimulai dari kanan ke kiri. Adanya pengaturan ini juga dapat membuat dokumen yang anda tulis menjadi dokumen yang rapi dan mudah dibaca.

13. Kemudian anda dapat menulis arab pada aplikasi word

Penulisan dengan menggunakan aplikasi word ini dapat juga mendukung bahasa lainnya, tidak terbatas pada bahasa indonesia, english, arab saja. Penulisan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam melakukan proses penulisan.

menulis arab

Dengan adanya penjelasan mengenai langkah-langkah dan cara menulis arab di word menjadi lebih mudah untuk anda ketika mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan dengan ketentuan untuk menulis arab. Penulisan dokumen menggunakan aksen arab tergolong cukup sulit, namun jika sudah mengetahui cara-caranya dengan detil, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Informasi ini dituliskan untuk membantu anda dalam menulis arab dengan menggunakan word sebagai media aplikasi penulisan dokumen. Penulisan dokumen dengan arab dapat menambah informasi dan wawasan anda dalam menggunakan aplikasi word. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend