Tutorial Cara Download File di Dropbox untuk Pemula, Sangat Mudah!

Kebutuhan akan data pada saat ini menjadi hal yang cukup serius. Mengapa? Karena data menjadi salah satu hal penting yang harus dijaga dan dilindungi agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan yang berbahaya.

Selain itu juga, dengan adanya data juga dapat meningkatkan kebutuhan akan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Dengan adanya data yang terus bertambah, maka dibutuhkan penyimpanan yang memadai.

Hal ini agar dapat menampung berbagai jenis data yang dianggap penting. Penyimpanan ini bisa dilakukan dimana saja, mulai dari komputer atau PC, laptop, smartphone, flashdisk, dan harddisk. Selain penyimpanan tersebut, juga bisa dilakukan dengan melalui cloud penyimpanan seperti google drive, dropbox dan lainnya.

Cara Download File di Dropbox

Berikut detail cara download file di dropbox agar dapat mempermudah anda dalam mendapatkan file yang sudah tersimpan dalam dropbox:

1. Pastikan bahwa koneksi internet anda lancar untuk dapat melakukan download file di dropbox dengan lancar

2. Buka dan jalankan program aplikasi search engine anda. Pada tutorial ini, menggunakan search engine google chrome

3. Setelah halaman google chrome terbuka, dan siap digunakan, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya

4. Ketikkan keyword dropbox pada kolom pencarian pada bagian atas, kemudian enter

cari dropbox

5. Akan muncul banyak rekomendasi yang terkait dengan keyword yang dituliskan

6. Pilih situs official dropbox, atau anda dapat mengakses di dropbox.com

Cara Download File di Dropbox

7. Anda dapat memilih pilihan sign-in atau sign-up. Pilihan sign-in digunakan untuk anda yang sudah memiliki akun dropbox, sehingga anda hanya perlu memasukkan username/email dan password saja, kemudian klik login

sign-in dropbox

Sedangkan pilihan sign-up digunakan ketika anda belum memiliki akun dropbox, sehingga anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu agar dapat mengakses penyimpanan dropbox. Klik sign-up, kemudian terdapat beberapa kolom yang harus diisi yaitu nama depan, nama belakang, email dan password, kemudian klik sign-up

Cara Download File di Dropbox untuk Pemula

8. Pada tutorial ini, cara yang digunakan adalah menggunakan langkah sign-in. Hal ini dikarenakan akun dropbox sudah tersedia. Sehingga cukup dimasukkan email dan password akun, klik login

login akun dropbox

9. Kemudian akan muncul tampilan akun dropbox anda, dan dapat digunakan untuk berbagai hal baik download, upload, dan lainnya

10. Pilih bagian File

klik file dropbox

11. Kemudian pilih folder mana yang akan di download. Pada tutorial ini, folder yang akan didownload adalah folder Test Download File. Nama folder sesuaikan dengan file yang akan anda download dalam akun anda. Kemudian klik icon titik tiga (disamping keterangan anggota: Hanya Anda)

unduh folder

12. Kemudian klikĀ Unduh

Begini Cara Download File di Dropbox

13. Selain mendownload folder, anda juga dapat melakukan download per-file. Sehingga hanya file yang dibutuhkan saja yang didownload. Pilih file yang akan didownload, dan klik icon titik tiga (disamping keterangan anggota: Hanya Anda), Kemudian pilih Unduh

unduh file

14. Tunggu hingga file berhasil tersimpan pada perangkat anda. Kecepatan proses download akan bergantung pada ukuran file dan kecepatan internet yang anda gunakan saat itu.

Sehingga jika file yang didownload memiliki ukuran file yang cukup besar, dan koneksi internet yang lambat, maka besar kemungkinan proses download akan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga jika ingin melakukan download, pastikan bahwa kecepatan akses internet anda stabil.

file terdownload

Dengan cara-cara mudah dalam melakukan download data atau file yang tersimpan di dropbox ini akan memudahkan anda dalam mendapatkan kembali file tersebut. Bahkan file yang tidak anda unggah sendiri, juga dapat anda download melalui dropbox.

Dengan ketentuan bahwa file tersebut memiliki hak akses publik dan sudah berhasil terunggah di dropbox. Untuk itu anda tidak perlu repot ketika membutuhkan file yang sudah terupload pada dropbox, karena anda dapat dengan mudah melakukan download file tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend