Jenis-Jenis Data Beserta Penjelasan dan Contohnya yang Perlu Diketahui

Dalam kehidupan sehari – hari ataupun didalam dunia bisnis sangatlah banyak menggunakan istilah data. Yang mana pengertian data secara ringkas adalah kumpulan informasi atau fakta. Lalu, data juga bisa divisualisasikan menggunakan gambar, ataupun grafik.

Didalam pikiran kita pasti data seperti berupa nilai yang didalamnya mengandung nilai kualitatif ataupun kuantitatif. Data juga bisa dikaitkan dengan kumpulan angka – angka yag cukup rumit, tetapi data bukan hanya sekedar nilai dan angka saja.

Didalam dunia teknologi, pengertian data adalah informasi yang diproses dan disimpan di dalam komputer. Informasi tersebut bisa saja dalam bentuk gambar, dokumen teks, gambar, audio, software atau aplikasi perangkat lunak dan lain sebagainya.

Pengertian Data

Jenis-Jenis Data dan Pengertiannya

Pengertian data secara umum adalah kumpulan fakta atau informasi mentah yang berupa angka, simbol, gambar, atau angka – angka yang diperoleh melalui proses pencarian atau pengamatan dari sumber – sumber tertentu

Adapun pendapat lain yang mengatakan bahwa pengertian data adalah suatu kumpulan dari keterangan – keterangan atau deskripsi dasar dari suatu objek atau kejadian yang didapatkan dari hasil observasi atau pengamatan serta mampu untuk diolah menjadi suatu bentuk yang lebih kompleks, contohnya adalah database, informasi, atau solusi untuk beberapa masalah tertentu.

Pengertian secara etimologis, data berasal dari latin, yaitu “Datum” yang mana artinya adalah sesuatu yang diberikan. Dengan arti lain, data adalah sebuah hasil pengamatan atau pengukuran sebuah variabel yang memiliki bentuk yang berupa warna, simbol, angka, kata – kata , atau citra.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

 

Berdasarkan pengertian diatas, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian data. Berikut ini beberapa pengertian data menurut beberapa para ahli, yaitu :

1. Menurut Nuzulla Agustina

Menurut seorang ahli yang bernama Nuzulla Agustina, mengemukakan bahwa pengertian data adalah suatu hal yang sudah pernah terjadi dan berisi himpunan angka, fakta, gambar, lambang, grafik tabel, huruf, kata, yang menyatakan suatu objek, pemikiran, situasi ataupun kondisi.

2. Menurut Arikunto Suharsimi

Menurut seorang ahli yang bernama Arikunto Suharsimi, mengatakan bahwa pengertian data adalah semua angka – angka dan fakta yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk menyusun sebuah fakta atau informasi.

3. Menurut Slamet Riyadi

Menurut seorang ahli yang bernama Slamet Riyadi, mengatakan bahwa pengertian data adalah suatu kumpulan keterangan yang didapat dari suatu pengamatan dimana data bisa saja berupa lambang – lambang ataupun angka – angka.

4. Menurut Kristanto

Menurut seorang ahli yang bernama Kristanto, mengatakan bahwa data merupakan suatu informasi atau fakta mentah tentang objek yang bisa mengurangi derajat ketidakpastian mengenai suatu kejadian dan keadaan.

5. Menurut Kuswadi dan E. Mutiara

Menurut para ahli yang bernama Kuswadi dan E. Mutiara, mengatakan bahwa pengertian data adalah kumpulan keterangan yang didapatkan dari sebuah pengamatan yang bisa berupa lambang, sifat, ataupun angka.

Jenis-Jenis Data

Jenis-Jenis Data

Data memiliki berbagai macam jenisnya. Jenis – jenis data bisa dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu berdasarkan sifatnya, sumbernya, waktu pengumpulannya, dan cara memperolehnya. Berikut ini penjelasan dari setiap jenis-jenis data, yaitu :

1. Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

  • Data Kuantitatif, adalah sebuah data yang dinyatakan atau ditulis dalam bentuk bilangan atau angka. Contohnya adalah nilai suatu pendapatan, harga saham, dan lain sebagainya.
  • Data Kualitatif, adalah sebuah data yang dinyatakan atau ditulis dalam bentuk simbol, verbal, ataupun gambar. Contohnya adalah kuesioner tentang tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan sebuah minimarket atau supermarket.

2. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

  • Data Eksternal, adalah data yang didapatkan dari luar organisasi atau perusahaan yang menggambarkan berbagai macam faktor yang bisa mempengaruhi kinerja perusahaan atau organisasi tersebut. Contohnya adalah, informasi perubahan kebiasaan masyarakat, informasi tentang penjualan barang, informasi tentang kenaikan pembelian, dan lain sebagainya.
  • Data Internal, adalah data yang diperoleh dari dalam atau internal sebuah organisasi atau perusahaan yang menggambarkan sebuah keadaaan suatu perusahaan atau organisasi tersebut. Contohnya adalah, jumlah produksi, jumlah modal, jumlah pegawai, dan lain sebagainya.

3. Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

  • Data Berkala, adalah data yang dikumpulkan secara terus menerus atau secara berkala dari waku ke waktu agar dapat mengetahui perkembangan dari suatu kejadian pada waktu tertentu. Contohnya adalah, data harga barang, dan lain sebagainya.
  • Data Cross Section, adalah data yang dikumpulkan hanya pada saat waktu – waktu tertentu saja agar dapat mengetahui keadaan yang terjadi pada waktu itu. Contohnya adalah, data penelitian yang menggunakan teknik kuesioner.

4. Jenis Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

  • Data Sekunder, adalah data yang sudah tersedia yang dikumpulkan dari berbagai macam sumber yang sudah tersedia sebelumnya. Contohnya adalah, dokumen tentang penelitian terdahulu, perpustakaan, dan lain sebagainya.
  • Data Primer, adalah data baru atau data asli yang dikumpulkan oleh orang atau organisasi yang melakukan suatu penelitian.

Fungsi Data Secara Umum

fungsi data

Sebenarnya data memiliki hubungan yang sangat erat terhadap berbagai kegiatan didalam kehidupan manusia. Tetapi, penggunaan istilah data lebih sering digunakan didalam bidang teknologi informasi atau ilmu komputer dan juga didalam berbagai kegiatan penelitian.

Berdasarkan definisi diatas, ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh data. Berikut ini beberapa fungsi data, yaitu :

  • Data mampu dijadikan untuk dasar atau pedoman suatu perencanaan atau penelitian.
  • Data memiliki fungsi sebagai acuan ketika mengambil sebuah keputusan didalam pemecahan suatu masalah.
  • Data memiliki fungsi sebagai dasar dalam melakukan sebuah evaluasi terhadapan suatu kegiatan.
  • Data memiliki fungsi sebagai pedoman dalam mengimplementasikan suatu kegiatan.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang jenis- jenis data serta fungsinya secara umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend