Contoh Resume Kerja, Buku, Jurnal, Makalah dan Novel + Cara Penulisannya

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah resume. Resume mengacu pada suatu ringkasan yang berasal dari karangan panjang. Walaupun singkat, resume ditulis dengan tidak menghilangkan poin penting dalam karangan tersebut. Atau dengan kata lain, karangan panjang ditulis menjadi lebih ringkas dengan hanya memuat pokok bahasan dari karangan itu saja.

Penggunaan resume sering ditemui dalam dunia pendidikan ataupun pekerjaan. Dalam dunia pendidikan, resume digunakan oleh dosen atau mahasiswa untuk membuat ringkasan dari suatu jurnal dan karya ilmiah.

Sedangkan dalam dunia pekerjaan, resume digunakan dengan fungsi yang hampir sama seperti CV (Curriculum Vitae) yakni dokumen yang menceritakan perjalanan karir dan kualifikasi yang dimiliki oleh pelamar.

Contoh Resume yang Baik dan Benar

Walaupun terkesan ringkas, namun bukan berarti resume boleh dibuat sembarangan. Dalam membuat resume ada beberapa hal penting yang harus dilakukan, seperti membaca dengan saksama sumber yang akan dibuat resume, kemudian pahami dan bila perlu catat poin-poin penting yang ada didalamnya. Setelah itu, barulah Anda mencoba untuk membuat ringkasan berdasarkan poin-poin yang telah dicatat menggunakan kata-kata yang berbeda dari sumber aslinya.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai beberapa contoh resume seperti resume kerja, buku, jurnal, makalah dan juga novel. Untuk Anda yang ingin lebih mengetahui contoh penulisan resume, mari simak uraiannya dibawah ini.

1. Contoh Resume Kerjacontoh resume kerja

Ketika Anda akan terjun ke dunia pekerjaan, resume merupakan salah satu persyaratan penting yang dikeluarkan perusahaan kepada pelamar. Hal itu digunakan agar pihak perusahaan mengetahui kemampuan yang Anda miliki. Berikut merupakan contoh resume yang bisa Anda tulis untuk melamar pekerjaan

Bandung, 12 Mei 2018

Kepada YTH.
HRD Manager
PT. Bandung Abadi Gemilang
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 15, Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi mengenai penawaran lowongan pekerjaan yang terlampir di situs bursakerjadepnaker.com bermaksud untuk melamar sebagai Management Trainee (MT) di PT. Bandung Abadi Gemilang. Adapun data diri saya sebagai berikut.

Nama                          : Muhammad Abidzar Syafri
Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 10 April 1989
Pendidikan Terakhir     : S-1 Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung
Alamat                         : Jalan Paledang No. 116, Bandung, Jawa Barat 40184
Agama                         : Islam
Nomor Handphone     : 085313198134
Email                            : [email protected]
Status                           : Belum Menikah

Saya memiliki latar belakang pendidikan yang memuaskan dengan kemampuan manajemen dan menganalisa data menggunakan aplikasi SPSS serta mampu mengoperasikan beberapa aplikasi komputer, seperti Ms. Office (Word, Excel, PowerPoint). Selain itu, saya mampu bekerja secara disiplin, teliti, jujur dan ulet serta memiliki sertifikat profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi di tahun 2016.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa bahan pendukung :
1. CV (Curriculum Vitae)
2. Scan Ijazah S-1

3. Scan Transkrip Nilai
4. Scan Sertifikat TOEFL
5. Scan KTP
6. Scan Sertifikat Pelatihan
7. Scan Sertifikat Asisten Laboratorium
8. Pas Foto Terbaru

Dengan surat permohonan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila diperlukan dan besar harapan saya untuk mengikut tes seleksi dan wawancara. Terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah Bapak/ Ibu HRD berikan.

Hormat saya,

 

Muhammad Abidzar Syafri

2. Contoh Resume Bukucontoh resume buku

Dalam membuat resume sebuah buku, Anda harus menyajikan informasi detail yang disediakan. Mulai dari nama penerbit, penulis, jumlah halaman hingga ringkasan dari tiap bab yang ada didalamnya. Berikut contoh resume buku.

Identitas Buku

  • Judul Buku          : Pengantar Teori Pembangunan
  • Tahun Terbit        : 2018 (cetakan pertama)
  • Penerbit              : Pustaka Bangsa Press, Medan
  • Penulis                : Dr. Abdul Kadir, MSi
  • Tebal Halaman    : 155, 4 bab
  • Reviewer             : Irmayani Syafitri

Ruang Lingkup Pembahasan

Buku ini telah terbit dengan tebal 155 halaman yang terdiri dari 4 bab. Setiap bab memiliki kaitannya masing-masing antara satu dengan yang lainnya. Adapun isi dari setiap bab antara lain:

BAB I

PENDAHULUAN

Dalam bab pertama membahas tentang sejarah umum berkembangnya ilmu ekonomi pembangunan yang dipelopori oleh Adam Smith, seorang ahli ekonomi pembangunan dengan menerbitkan bukunya “Wealth of Nations” tahun 1776.

1.1 Hakikat Ilmu Ekonomi Pembangunan (Hal. 2-6)

Ilmu ekonomi tradisional (traditional economics) memusatkan perhatiannya pada alokasi paling murah dan efisien atas segenap sumber daya yang Iangka, serta upaya-upaya dalam memanfaatkan pertumbuhan optimal sumber-sumber daya dari waktu ke waktu untuk dapat menghasilkan sebanyak mungkin barang dan jasa.

Adapun ilmu ekonomi pembangunan (development economics) memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Selain memperhatikan masalah efisiensi alokasi sumber daya produktif yang langka (atau yang tidak terpakai) serta kesinambungan pertumbuhan dari waktu ke waktu, ilmu ekonomi pembangunan juga memberi perhatian pada mekanisme-mekanisme ekonomi, sosial, politik, dan kelembagaan, baik yang terkandung dalam sektor swasta maupun yang terdapat di sektor publik.

1.2 Paradigma Pembangunan (Hal. 6-13)

Dalam teori pembangunan konvensional, masalah yang belum mendapat perhatian secara proporsional adalah masalah sumber daya manusia. Pandangan ini menyakini bahwa sumber pertumbuhan ekonomi terletak pada suatu proses produksi. Akan tetapi, pandangan ini sudah mulai bergeser dengan menyebutkan bahwa faktor kualitas sumber daya manusia yang memacu pertumbuhan ekonomi.

Untuk membangun kualitas sumber daya manusia dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi diperlukan peranan pendidikan yang sangat strategis. Hal itu menyadarkan kita akan adanya hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

1.3 Pengertian Pembangunan (Hal. 14-18)

Umumnya, pengertian pembangunan ekonomi didefinisikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita suatu negara meningkat dalam jangka panjang.

BAB II

TEORI-TEORI PEMBANGUNAN

Teori pembangunan dikelompokkan menjadi 3 bagian secara tesis dan antitesis. Dimulai pada tahan pertama muncul teori modernisasi dalam kerangka teori evolusi, teori ketergantungan yang memiliki sisi pandang dari negara-negara Dunia Ketiga yang bergantung pada negara maju dan akhirnya lahir teori sistem dunia yang dipandang dunia sebagai sistem yang kuat dengan cakupan seluruh dunia, yakni sistem kapitalisme.

2.1 Teori Modernisasi (Hal. 21-40)

Teori modernisasi dikembangkan oleh negara Barat dengan memanfaatkan situasi dan kondisi yang dialami oleh Dunia Ketiga waktu itu. Dunia Ketiga pasca Perang Dunia II umumnya berada dalam kondisi miskin, rentan, serta penuh dengan persoalan akibat penjajahan.

Kondisi tersebut lah yang menjadi jalan bagi negara Barat untuk mendekati Dunia Ketiga. Negara Barat pun gencar menciptakan konsep pembangunan bagi Dunia Ketiga dengan harapan ekonomi dan kestabilan politik Dunia Ketiga dapat terkendali. Dengan demikian, Dunia Ketiga menjadi lebih dekat dengan (dalam kekuasaan) negara Barat dan tidak akan mudah jatuh ke tangan Uni Soviet.

2.2 Teori Ketergantungan (Teori Dependensi) (Hal. 41-80)

Teori ketergantungan merupajan analisis tandingan terhadap teori modernisasi, yakni didasari pada fakta lambatnya pembangunan akibat ketergantungan dari Dunia Ketiga, khususnya di Amerika Latin

2.3 Teori Sistem Dunia (Teori Tata Ekonomi Dunia) (Hal. 81-129)

Teori sistem dunia melakukan analisa secara global, dimana memiliki keyakinan bahwa tak ada negara yang dapat melepaskan diri dari ekonomi kapitalis yang mendunia.

BAB III

KRITIKAN-KRITIKAN TERHADAP TEORI-TEORI PEMBANGUNAN

3.1 Kritikan Terhadap Teori Modernisasi (Hal. 130-134)

Secara garis besar, terdapat tiga kubu yang mempertanykan efektivitas konsep pembangunan ala modernisasi dalam memfasilitasi proses transformasi sosial ekonomi dan budaya masyarakat di negara-negara berkembang.

Ketiga kubu tersebut adalah kubu penganut teori ketergantunga, kubu penganut teori sistem dunia dan kubu penganut teori pemberdayaan yang berusaha memandirikan masyarakat tanpa harus bergantung pada sistem eksternal.

3. Contoh Resume Jurnal

Contoh Resume Jurnal

Judul Penelitian :
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Nama Peneliti :
Novita Andyani, Kundharu Saddhono, Yant Mujyanto

Sumber :
BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 2, Oktober 2016, ISSN I2302-6405

Reviewer :
Irmayani Syafitri

Tujuan Penelitian :
Meningkatkan kualitas proses dan kemampuan menulis taks eskplanasi siswa melalui penggunaan media audio
visual

Latar Belakang :
Berdasarkan hasil survei prasiklus yang dilakukan penulis pada tanggal 12 April 20016 menunjukkan bahwa keterampilan dan motivasi menulis siswa masih tergolong sangat rendah. Hal itu dapat dilihat dari hasil angket dari keseluruhan siswa, sebanyak 12 siswa, atau 46,15% mengalami kesulitan paling berat pada aspek menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sisanya memilih berbicara, menyimak, dan membaca sebagai materi yang paling sulit.

Rendahnya keterampilan yang dimiliki siswa disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan guru tidak dapat menarik dan memotivasi siswa saat ketika proses pengajaran berlangsung. Para pengajar masih menggunakan metode berupa ceramah dan penugasan kepada siswa untuk berdiskusi dengan media pembelajaran seadanya. Hal tersebut dapat menimbulkan kejenuhan pada siswa yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik.

Metode Penelitian :
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Al Firdaus Sukoharjo. Kelas yang digunakan untuk penelitian tindakan kelas yakni kelas VII B. Informasi subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ibu Umi Nopiarti, S. Pd, M. Pd selaku guru bahasa Indonesia dengan siswa kelas VII B berjumlah 26 orang.

Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling didasarkan atas keterampilan menulis siswa yang dinilai masih rendah. Prosedur yang digunakan dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas ini mencakup langkah-langkah: (1) persiapan, (2) studi/survei awal, (3) pelaksanaan siklus, dan (4) penyusunan laporan.

Hasil Penelitian dan Pembahasan :
Hasil penilaian dari lembar penilaian menulis teks eksplanasi yang diberikan oleh guru, hasil menulis teks eksplanasi para siswa tidak ada dalam rentang nilai 55-59, yang nilainya masuk pada rentang nilai 60-64 ada 9 orang,. Yang nilainya masuk dalam rentang nilai 65-69 ada 8 orang. Yang nilainya masuk dalam rentang nilai 70-74 ada 4 orang. Yang nilainya masuk dalam rentang nilai 75-79 ada 5 orang.

Sedangkan dari rentang nilai 80 keatas tidak ada satupun siswa yang mendapatkannya. Aspek yang menjadi dasar penilaian guru adalah isi, organisasi isi, originalitas, pemilihan kosakata dan pengembangan bahasa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 80,77% siswa memiliki siswa dibawah KKM, yaitu 70.

Simpulan dan Saran :
Penerapan media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan teks eksplanasi pada siswa kelas VII B SMP Al Fridaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 terbukti mengalami peningkatan. Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan selama dua siklus menghasilkan persentase hasil observasi terhadap guru pada siklus I yaitu 71%%.

Yang pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 2,44% menjadi 73,44%. Selain observer mengamati pembelajaran yang dilaksanakan guru, observer juga mengamati pembelajaran yang dilaksanakan siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama dua siklus menghasilkan observasi rerata siswa siklus I sebesar 67,25%.

4. Contoh Resume Makalah

Contoh Resume Makalah

Judul Makalah :
Dampak Positif dan Negatif dari Internet

Pendahuluan :

Sering dengan berkembangnya zaman, teknologi juga semakin canggih. Teknologi terbesar yang berkembang hingga saat ini adalah internet. Dengan adanya internet, banyak informasi berharga yang dapat kita peroleh dengan mudah dan cepat. Selain itu, internet merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat cepat dan murah tanpa terhalang jarak dan waktu.

Isi :

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan mendunia, yakni menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Internet memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif yang diperoleh dengan adanya internet adalah mudahnya memperoleh informasi, internet sebagai media komunikasi, internet sebagai media pertukaran data,internet sebagai ladang bisnis dan internet memberikan kemudahan dalam bidang pendidikan. kebudayaan dan lainnya.

Sedangkan dampak negatif dari internet adalah kemudahan informasi yang diberikan tidak tersaring dengan baik sehingga segala konten yang buruk juga dapat diakses melalui internet dan banyaknya tindak kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet.
Penutup

Internet merupakan suatu perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan bahkan miliaran informasi yang berupa teks, audio, video, gambar dalam bentuk media elektronik selain itu internet dikenal sebagai dunia maya, karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti olahraga, politik, hiburan dan lain sebagainya. Selain itu juga internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena dengan adanya internet bisa menambahilmu pengetahuan kita dan dapat menambah motivasi belajar siswa

5. Contoh Resume Novel

Contoh Resume Novel

I. Identitas Novel

Judul Novel : Sang Pemimpi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang (PT. Bentang Pustaka) Yogyakarta
Tahun Terbit : Juli 2006 (cetakan pertama)

II. Kepengarangan

Novel “Sang Pemimpi” merupakan novel kedua karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada Juli 2006. Andrea mencoba mengeksplorasi hubungan persahabatannya dengan dua orang anak yatim piatu, Arai Ichsanul Mahidin dan Jimbron, serta keajaiban mimpi yang membawa Andrea dan Arai melanjutkan studi ke Sorbonne, Paris dan Prancis.

III. Isi Novel

Novel ini mengisahkan tentang tiga orang pemuda, yakni Ikal, Arai dan Jimbron yang melanjutkan pendidikannya ketingkat SMA. Ikal yang merupakan anggota laskar pelangi sedangkan Arai merupakan sepupu dari Ikal. Petualangan mereka pun dimulai.

Saat itu, Arai sudah menjadi anak yatim piatu sejak kelas 3 SD dan Ia sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh orangtua Ikal. Serta, Jimbron yang merupakan anak yatima piatu yang kemudian diangkat oleh seorang pendeta yang baik hati dan tidak mengantarkan Jimbron menjadi seorang muslim yang bertakwa.

Ikal dan Arai merupakan murid yang berprestasi di sekolah, sedangkan Jimbron murid yang memiliki kegemaran dalam berkuda, namun memiliki kepandaian yang biasa saja disekolahnya. Ketiga anak tersebut tumbuh menjadi anak yang tangguh dengan banyak mimpi yang ingin diraih.

Dalam novel ini, penulis membawa pembacanya untuk berimajinasi menggunakan pikiran. Salah satunya adalah perjuangan yang dilakukan ketiga tokoh dalam mewujudkan apa yang mereka impikan. Mimpi tersebut membuat segala hal yang mustahil menjadi kenyataan. Sudut pandang yang disajikan penulis berupa kebahagiaan, cara hidup, dan nasib.

Kata-kata dalam novel ini tersusun dengan rapi yang membuat kita terbawa emosi, sangat menyentuh jiwa hingga membuat pikiran dan nafas terhenti sejenak dikarenakan tidak mampu mengucapkan apapun atas proses kehidupan didalamnya. Novel Sang Pemimpi membawa kita percaya akan cinta, kekuatan mimpi serta memperkuat keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Demikianlah artikel mengenai beberapa contoh penulisan resume dengan baik dan benar. Semoga artikel diatas bermanfaat dan menjadi referensi Anda dalam membuat suatu resume. Selamat mencoba.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend