Langkah-Langkah Cara Install Netbeans untuk Pemula, Mudah Banget!

Kemampuan dalam menggunakan teknologi saat ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan hingga lingkungan yang professional. Dengan adanya teknologi ini, semua hal akan menjadi lebih mudah.

Akses teknologi juga akan lebih sederhana dan lebih cepat, sehingga tidak mempersulit kehidupan dan aktifitas yang akan dijalani. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi baik itu pada perangkat smartphone maupun komputer atau laptop.

Sehingga apapun perangkatnya, tidak akan ada kendala dalam pengaksesan aplikasi tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya aplikasi harus dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Panduan Cara Install Netbeans untuk Pemula

Untuk mengembangkan program aplikasi tersebut, diperlukan aplikasi pengembangan yaitu dengan menggunakan Netbeans. Jika anda tidak memiliki program aplikasi Netbeans, anda dapat mengikuti beberapa langkah-langkah berikut terkait cara install Netbeans:

1. Pastikan bahwa koneksi internet anda stabil dan lancar agar tidak akan mengganggu proses download installer netbeans

2. Anda harus mengerti jenis windows pada perangkat anda, misalkan menggunakan 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)

3. Anda bisa mendapatkan installer netbeans dengan mencari di google, masukkan keyword download installer netbeans

download netbeans

4. Pilihan lain juga anda dapat mendownload pada situs https://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk-netbeans-jsp-142931.html

cara install Netbeans untuk pemula

4. Kemudian anda akan langsung dihubungkan dengan website apache netbeans, pilih menu download pada bagian pojok kanan atas

apache netbeans

5. Kemudian anda pilih jenis netbeans yang akan anda install. Pilih Apache Netbeans 11 Feature Update 1 (NB 11.1), klik Download

panduan cara install Netbeans

6. Tunggu hingga proses download installer selesai. Lama waktu download akan bergantung pada kecepatan akses internet yang digunakan pada saat itu, sehingga proses download bisa cepat ataupun lambat.

7. Cari file download netbeans tersebut, dan klik 2 kali pada file installer netbeans.

8. Kemudian akan muncul proses penginstallan netbeans yang diconfigurasikan dulu secara otomatis oleh installer netbeans tersebut. Hal ini untuk mendeteksi apakah perangkat anda dapat digunakan untuk menjalankan program netbeans atau tidak. Tunggu proses ini hingga selesai

9. Setelah itu, akan muncul tampilan install Java SE Development Kit, klik Next

wellcome Java SE Development

10. Anda akan diminta untuk menyetujui lisence agreement, pilih pilihan I accept the terms …, Klik Next

agreement

11. Kemudian sesuaikan lokasi penyimpanan dari JDK dan Netbeans IDE pada perangkat anda. Bebas menggunakan direktori yang anda inginkan, setelah sudah ditetapkan direktorinya, klik Next

12. Kemudian akan muncul ringkasan dari apa saja yang akan diinstall, klik Install. Pada tahap ini anda dapat mereview kembali apakah yang akan diinstall sudah termasuk Netbeans, JDK/JRE, ketika semua hal tersebut sudah dapat ditemukan, maka anda dapat mengklik Install.

install package

13. Tunggu hingga proses installasi selesai dan muncul pesan bahwa proses installasi berhasil, kemudian klik finish

lisence agreement

begini cara install Netbeans

Proses installasi netbeans yang dijelaskan pada tutorial ini berfokus pada installasi 1 paket. Sehingga anda tidak perlu bingung dan khawatir akan susah dan rumitnya proses menginstall secara terpisah. Karena dengan satu kali proses installasi, semua package seperti JDK/JRE, Netbeans akan terinstall secara bersamaan dan hanya membutuhkan satu kali proses installasi.

Cara install Netbeans yang dijabarkan dan dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan diikuti setiap langkahnya, akan mempermudah pengguna dalam mengikuti bagaimana saja langkah dalam menginstall Netbeans. Sehingga dengan adanya cara-cara ini, pengguna yang awam sekalipun dapat mengikuti dengan baik dan sesuai dengan tahapan install Netbeans.

Hal ini dilakukan agar proses penginstallan dapat berjalan dengan benar dan aplikasi sukses terisntall. Sehingga program aplikasi Netbeans dapat dijalankan dan digunakan untuk mengembangkan berbagai aplikasi dengan bahasa pemrograman yang dibutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend